Sunday, July 21, 2013

Bye Bye Marvel Legends...

Akan ada akhir dari suatu lini mainan entah itu diecast atau action figure. Kali ini lini dari action figure "Marvel Legends" (ML) yang telah ditangani oleh dua perusahaan podusen mainan besar Toy Biz dan Hasbro yang akan segera berakhir.

Marvel Legends

Logotype Marvel Legends Toy Biz.
Marvel Legends (ML) adalah lini action figure ukuran 6 inchi (15 cm) berdasarkan karakter komik dari Marvel Comics, awalnya diproduksi oleh Toy Biz lalu diambil alih Hasbro.

Ukuran action figure di lini ini diikuti juga dengan variasi ukuran lainnya yaitu ML Showdown 4 inchi (10 cm), ML Unleashed 8 inchi (20 cm), dan ML Icons 12 inchi (30 cm).


Sekilas ML

Logotype Marvel Legends Hasbro.
Awalnya lini Marvel Legends adalah bagian dari lini Spider-Man Classics yang diproduksi Toy Biz. Pada 2002 lini ML ini ditarik untuk menjadi lini tersendiri dengan menyertakan komik pada kemasannya dan diedarkan bersamaan dengan lini Spider-Man Classic. Lini seri ML pertama yaitu Hulk, Captain America, Iron Man, dan Toad.

Pada 1 Januari 2007 Hasbro memegang hak lisensi atas produk mainan dan game berdasarkan Marvel Universe. Sementara itu Toy Biz berganti nama jadi Marvel Toys.

Seri ML keluaran Hasbro ini tidak disertai komik dalam kemasannya, saat itu produksi ML semakin lambat dan menurun sampai ada rumor bahwa lini ini akan ditutup, namun para pegawai Hasbro berhasil membuktikan di acara San Diego Comic-Con pada 2010 bahwa para fans masih menginginkan action figure berdasarkan film Marvel yang akan ditayangkan, maka lini ML pun kembali dibuka pada 2012.

Sebenarnya sejak action figure berdasarkan film diluncurkan berbarengan dengan action figure versi komik ke pasar, kemelut ini dimulai terutama pada masa Hasbro, fans mulai bingung dengan bercampurnya action figure berdasarkan komik dan film dalam satu lini. 

Figure "Chase"

Hulk ML 9, kiri: versi reguler, kanan:
versi chase variant.
Jika pada Hot Wheels ada item Treasure Hunt (T-Hunt) sebagai barang incaran kolektor, maka dalam lini action figure terdapat istilah "chase" yang ditujukan untuk figure yang kurang populer atau tokoh yang bisa dikenal dengan cara tertentu saja.

Istilah "chase" disebabkan oleh produksi figure yang sedikit dibandingkan dengan figure lainnya, hal itu yang membuat para kolektor harus berburu figure jenis ini.

Figure jenis ini biasanya sebagai variant dari figure utama (mainline) dari suatu seri yang bisa dikenali dari alternatif kepala atau perbedaan warna misalnya figure Captain America bertopeng dan tanpa topeng sebagai variantnya atau Hulk abu dan Hulk hijau sebagai alternatifnya.

Build A Figure (BAF)
ML 9 BAF Galactus, dibangun dari 7 figure yang masing-masing berisi
bagian tubuh Galactus yang harus dirangkai menjadi figure yang utuh.

Pada 2005 Toy Biz mengenalkan konsep "Build A Figure" (BAF), pada lini ML dimulai pada seri ML 9. Setiap figure pada seri tersebut disertai bagian tubuh dari figure yang lebih besar yang berukuran kurang lebih 16 inchi (41 cm).

Konsumen harus membeli seluruh figure dalam seri tersebut, biasanya dalam satu seri ML terdapat 7 figure yang berbeda, setiap figure disertai part bodi dari figure BAF, part itu harus disusun untuk membentuk satu figure besar yang utuh yang gak dijual dalam kemasan tersendiri seperti figure-figure lainnya.

Contohnya lini ML 9 BAF Galactus yang terdiri dari figure Bulleye (reguler dan Variant) disertai bagian BAF kaki kiri, Deathlok disertai bagian BAF torso atas, Doctor Strange disertai bagian BAF tangan kanan, Hulk (reguler dan variant) disertai bagian BAF tangan kiri, Nightcrawler disertai bagian BAF torso bawah, Professor X disertai bagian BAF kepala, dan War Machine disertai bagian BAF kaki kanan, jika semua bagian tersebut disusun maka akan terbentuk figure Galactus setinggi 41 cm!

Punah

Pada 2014 lini ML ini akan digantikan oleh seri mainan yang berhubungan dengan suatu event seperti film. Hal tersebut berdasarkan keputusan Hasbro sebagai produsen yang menangani lini ML saat ini dan permintaan para pengecer mainan.

Lini ML akan berakhir setelah wave Build A Figure (BAF) Jubilee dirilis, dengan ditutupnya lini ML ini bukan berarti mereka akan berhenti memproduksi action figure, mereka tetap akan merilis figure 6 inchi berdasarkan tayangan film layar lebar (movies wave).

Misalnya film Iron Man dan Wolverine pada 2013 yang diikuti oleh versi action figurenya. Begitu juga dengan film Marvel yang akan datang misalnya "Amazing Spider-Man 2", dan "Captain America: Winter Soldier" akan diikuti oleh wave action figure dari masing-masing film, hal ini akan memberikan tokoh action figure yang variatif.

Untuk ke depannya mereka berencana merilis wave action figure berdasarkan film Marvel dari "Guardians of the Galaxy", X-Men: Days of the Future Past", dan "Ant Man".

Marvel Legends: Hulk. Binasa!
Sedangkan tokoh action figure dari lini ML yang terlanjur dibuat prototypenya tapi gak masuk ke dalam lini ML BAF Jubilee seperti Blade, Sentry, Iron Fist, dan Lyra akan dimasukan ke dalam lini movies wave yang cocok dengan tokoh film Marvel yang akan tayang.

Sementara prototype action figure lini ML lainnya seperti Rogue dan Phoenix Force Cyclops yang masuk ke dalam lini Wolverine dengan BAF Puck akan ditarik dari peredaran, Rogue rencananya akan dimasukan ke dalam lini X-Men sedangkan Phoenix Force Cyclops gak akan bisa dilihat lagi karena ceritanya telah berlalu selain itu kini Cyclops mempunyai kostum baru.

Nasib Action Figure Hulk

Pada lini ML action figure Hulk lumayan sering tampil pada setiap serinya. Seri ML yang pernah menampilkan Hulk adalah:

Toy Biz 
  • ML seri: Hulk hijau 1 (2002)
  • ML seri 2: Hulk hijau Wal-Mart exclusive, aksesori baju (2002) 
  • ML seri 9: Hulk abu dan hijau/variant (2005)
  • ML seri 12: Hulk "Maestro" (2006)
  • ML Face Off Two Pack seri 1: Hulk hijau mulut tertutup dan menganga/variant (2006)
  • ML Gift Pack: Hulking/Young Avengers (2006)
  • ML Gift Pack House of M: Hulk hijau botak dan bertato (2006)
  • ML Icons seri 2: Hulk hijau dan abu (2006)
  • ML Showdown Starter Wave 1 Hulk vs Wolverine
Hasbro
  • ML seri 1: Planet Hulk - Annihilus (2007)
  • ML seri 2: She-Hulk - Blob (2007)
  • San Diego Comic Con: She-Hulk (2007)
  • ML - Fin Fang Foom Series: Hulk End, King Hulk, Savage Grey Hulk, She-Hulk, Skaar (Son of Hulk) (2008)
  • BAF Red Hulk (2008)
  • Target Limited Edition Hulk: "The Incredible Hulk" movie version (2008)
  • Wal-Mart Exclusives seri 3: Hulk dan Valkyrie  (2010)
  • Hit Monkey Series: Red She-Hulk (2013)
Jika lini ML ini diganti dengan movie line maka fans Hulk mesti bersabar sampai film Hulk berikutnya muncul untuk mendapatkan wave action figure Hulk tersendiri, setidaknya sampai 2015 ketika film The Avengers 2 dirilis, action figure Hulk pasti disertakan dalam seri movie line 6 inchi tersebut. Lamaaaa….

Contoh action figure dari movie line, tetap
menggiurkan slruuuup!
Non ML

Untung saja action figure Hulk muncul juga di lini selain ML, misalnya pada 2003 Toy Biz mengeluarkan seri "Incredible Hulk Clasic" yang terdiri dari 2 seri, pada lini Marvel Universe 3,75 inchi keluaran Hasbro figure Hulk sering muncul, begitu juga dengan seri-seri lainnya.

Itu baru dari 2 produsen mainan Toy Biz dan Hasbro, produsen lainnya seperti Marvel Select, Lego, Hot Toys, Monogram, NECA, dan lain-lain setidaknya pernah minimal sekali mengeluarkan figure Hulk.

Jadi gak usah khawatir, justru yang mesti dikhawatirkan adalah….Dompet kita ahahahaha…

Makanya selektiflah dalam mengumpulkan suatu figure! Pilih figure yang menurut teman-teman OK dan suka, masalah bernilai atau enggak itu relatif heuheu…Happy hunting!

No comments:

Post a Comment