Tuesday, October 1, 2013

Transformers 4 GoBots 0

Siapa yang gak kenal Transformers? Robot yang menyamar sebagai kendaraan? Dari yang punya umur sampai anak-anak pasti kenal! Beken banget, Transformers telah tampil di berbagai media mulai dari mainan, game, film kartun animasi, aksesori, dan film layar lebar dg sukses.

Pernah dengar Go Bots? Pasti sebagian besar geleng kepala! Apa tuh? Produk gurem buatan Cina? Padahal Gobot merupakan "first-mover/pioneer" dalam konsep robot berubah jadi kendaraan.

Umumnya segala hal yang dilakukan pertama kali pasti lebih diingat, contoh orang lebih ingat Niel Armstrong sebagai orang yang pertama mendarat di bulan, terus yang kedua siapa? Ada yang ingat Buzz Aldrin? Ada yang "ngeuh" Harisson Schmitt orang yang terakhir mendarat di Bulan?

Anehnya hal tersebut tidak terjadi pada Gobot, orang malah lebih mengenal Transformers yang merupakan generasi kedua setelah Gobot sementara nama Gobot sendiri tenggelam ditelan jaman. 

Asal-usul Gobots

Gobot diciptakan pertama kali di Jepang oleh Popy (Bandai) pada 1983 dengan nama "Machine Robo". Tonka menyadari bahwa saingannya yaitu Takara/Hasbro akan memasarkan seri "Diaclone" dan "Microman" di Amerika.

Untuk itu Tonka melakukan import "Machine Robo" dari Jepang ke Amerika pada 1984 dengan nama Go-Bots! Go-Bots adalah Action figure berupa robot yang bisa diubah menjadi kendaraan dengan mudah, hanya memerlukan dua atau tiga langkah saja. Beda dengan seri Transformers yang dirilis beberapa saat kemudian dengan perubahan yang lebih rumit.

Mainan GoBots.
Lini Gobot saat itu tergolong unik, karena setiap tokoh diberi nama dan dibagi dua golongan yang terdiri dari golongan baik (Guardians) dan golongan jahat (Renegades), semacam AutoBots dan Decepticons-nya Transformers gitu.

Guardians dipimpin oleh Leader 1 (pesawat jet), lalu ada Turbo (mobil sport merah), Scooter (skuter), dan banyak lagi.

Sedangkan Renegades dipimpin oleh Cy-Kill (motor), Cop-Tur (helikopter), dan Crasher (mobil sport hitam), dsb.

Film Kartun Gobots

Sementara berbagai versi mainannya beredar, pada 1984 ASN (Atlantic Satellite Network) menyiarkan animasi Gobot pertama berjudul "The Challenge Of The Go-Bots" produksi Hanna-Barbera.

Pada saat itu film kartunnya bisa dibilang keren banget, sampai melahirkan kartun jenis serupa misalnya "Robotech", "Transformers", "Turbo Teen", dan lain sebagainya.

Dalam cerita versi kartun Gobots menjalin hubungan dengan manusia, hubungan manusia dengan Guardians diwakili oleh Nick, AJ, dan Matt, sementara Renegades dengan Dr. Braxis yang jahat dan gak bisa dipercaya.

Kartun Gobots meraih sukses, terutama pada 5 episode berjudul "The Gobotron Saga". Dengan begitu Tonka berhasil menguasai pasar mainan Amerika Serikat saat itu, khususnya di Kanada dengan serial televisi sebagai ujung tombaknya.

Tonka berniat mengembangkan pasarnya dengan membuat film kartun versi layar lebar dengan judul "GoBots: Battle Of The Rock Lords" yang ditayangkan sebelum film "Transformers The Movies" dirilis.

Serial kartun GoBots!
Namun sayang gak seperti "Transformers The Movies" film "GoBots: Battle Of The Rock Lords" gagal total dengan hanya meraup 1,5 juta dollar AS saja. Rock Lord tokoh baru Gobots yang diperkenalkan dalam film tersebut kurang kena dan tampak konyol.

Bahkan versi mainan Rock Lord pun pupus bersama versi filmnya. Sementara itu film layar lebar Transformers meraih sukses, begitu juga dengan versi film kartun televisi dan lini mainannya.

Melalui film layar lebarnya, Transformers mampu menjangkau penonton sekaligus konsumen baru, hal ini disebabkan oleh cerita kontroversial yang membuat penonton tertarik dengan tokoh utama Optimus Prime yang terbunuh dalam cerita tersebut.

Selain itu kualitas film layar lebar "Transformers The Movies" memang jauh lebih baik daripada film "GoBots: Battle Of The Rock Lords" walaupun sama-sama dibuat "low budget".

One Shall Stand, One Shall Fall

Seiring waktu "Transformers The Movie" telah menjadi semacam film cult di antara para penggemarnya sementara film "GoBots: Battle Of The Rock Lords" benar-benar lenyap begitu saja.

Renegades/Cy-Kill.
Sementara film dan mainan Transformers semakin populer GoBots mulai terpuruk, kini semakin jelas dominasi pasar industri mainan dikuasai oleh Transformers beserta pernak-perniknya.

Setelah tidak lagi mampu bersaing dengan membatalkan produksi mainannya, pada 1987 Tonka beserta lini GoBots-nya dijual pada Hasbro yang saat itu sebagai pemegang lisensi dari Transformers pada 1991.

Sedihnya Hasbro gak menggunakan GoBots dalam penjualannya, dengan kata lain GoBots dibiarkan mati secara perlahan. Kini GoBots hanya hidup dalam kenangan para fans setianya sebagai "The original robot in disguise".

Mungkin para penggemar robot sekarang memandang GoBots sebagai "aib" dari masa lalu mengingat bentuk desainnya yang "kuno" dan konyol. Jujur, waktu kecil "robot transformers" yang diingat pertama kali adalah Gobot bukan Transformers…Gak bermaksud anti mainstream, cuma ingin bernostalgia saja sedikit....TF4? Kenapa tidak? :D

Sumber: charltonhero.wordpress.com dan wikipedia.

No comments:

Post a Comment