Friday, October 4, 2013

Serupa Tapi Tak Sama

Atas: Nissan Skyline di film 2 Fast 2 Furious,
bawah: Honda Civic di film Crank.
Semalam lihat film Jason Statham berjudul "Crank: High Voltage", pas adegan kejar-kejaran di tempat parkir ada penampakan mirip mobil Nissan Skyline GT-R (GT-BNR34) 1999 yang tampil di film "2 Fast 2 Furious".

Warna abu perak pada mobil di film "Crank" tersebut sama dengan mobil yang tampil di film "2 Fast 2 Furious" begitu juga dengan posisi desain stiker decal biru pd posisi bodinya. Karena adegannya cepat dan singkat gak sempat memperhatikan apakah jenis kedua mobil tersebut juga sama?

Ternyata cuma mirip desainnya saja jenis mobilnya beda, di film "2 Fast 2 Furious" mobil yang dipakai jelas Nissan Skyline GT-R sedangkan di film "Crank" mobil yang dipakai adalah Honda Civic 1996. Kalau lihat foto d internet perbedaannya terdapat pada desain jendela dan bentuk lampu belakang.

Walaupun Honda Civic lebih dulu diproduksi namun yang pertama kali muncul dalam desain decal biru tersebut adalah Nissan Skyline GT-R, Skyline muncul dalam "2 Fast 2 Furious" pada 2003 sedangkan Civic baru muncul pada film "Crank" pada 2009.

1999 Nissan Skyline GT-R (GT-BNR34)

HW Official Movie Marchandise Set: Nissan
 Skyline. Foto: the Lamley Group.
Sebenarnya jenis mobil ini tidak dijual bebas di AS tapi dengan "prosedur hukum" tertentu mobil ini bisa dimiliki oleh pengusaha & dipakai di jalan dengan bebas.

Skyline generasi ke-5 gak asing di kalangan non-Afirika, diirilis pd Januari 1999, Oktober 2000, & 2002 di Jepang dg spesifikasi 276 hp padahal mobil ini punya tenaga 330 hp, hal tsb untuk menghindari hukum batas kecepatan maksimal di Jepang.

Hot Wheels (HW) Fast & Furious Set 

Item mainline, HW Showroom: '69 Dodge Charger Daytona. Foto: the Lamley
Group.
Nissan dalam seri ini kurang otentik dengan versi filmnya!

Yup, mereka hanya melakukan cat ulang dari item 2013 "HW Showroom: Nissan Skyline GT-R (R34)".

Paling jelas terlhat di bagian kap yang mempunyai rongga mirip insang, harusnya mulus.

Pelek pada versi HW menggunakan pelek bintang sepuluh sedangkan di filmnya pelek bintang enam. Warna spoiler versi HW hitam seharusnya biru. Gril depan juga beda, intinya item HW Fast & Furious: Nissan Skyline ini cuma repaint.

HW Showroom: '69 Dodge Charger Daytona

Kiri: Edisi movie, kanan: mainline, atas:
Toyota Supra, tengah: Dodge Charger R/T,
bawah: Daytona.
Kejutan datang dari item mainline "HW Showroom: '69 Dodge Charger Daytona", item ini gak masuk ke dalam edisi khusus "Hot Wheels Fast & Furious 8 Set Official Movie Marchandise", namun penampilannya cukup otentik terutama di bagian pelek ban yang beda dengan item mainline "HW City: Toyota Supra dan '70 Dodge Charger R/T" yang hanya menggunakan pelek ban standar.

Harusnya Daytona ini dimasukan ke dalam edisi khusus seri official marchandise karena kualitasnya lebih baik drpd edisi mainline mulai dari pelek ban, cetakan baru yang lebih otentik, dan tampo/decal pada lampu. Benar-benar bisa disandingkan dengan item edisi khusus!

Ya, semoga masih bisa dapat Daytona ini dalam versi biasa…Karena terakhir dapat item ini dalam versi katalog, versi katalog adalah item mainline yang dibungkus beserta katalog Hot Wheels berisi item HW 2013 dan bagian poster yang bisa disatukan menjadi satu poster utuh. 

No comments:

Post a Comment