Saturday, September 28, 2013

Hot Wheels Fast & Furious Set di Indomaret

Jumat (27/9) pas ke Indomaret Kopo ketemu seri Hot Wheels (HW) Fast & Furious (F&F) set, bukan dari seri mainline tapi kemasan edisi khusus dari film Fast & Furious (official movie marchandise). Tampilan desainnya beda dengan desain kemasan F&F dalam seri mainline (biasa).

Item HW F&F Edisi Khusus dan Biasa

'70 Dodge Charger R/T, '67 Mustang, & Supra.
Seri HW Fast and Furious set yang dijual di Indomaret jarang ada yang lengkap, masing-masing harus didapatkan di Indomaret yang berbeda.

Kadang-kadang di satu Indomaret terdapat 3 item yang sama. Pada umumnya Indomaret hanya menyediakan minimal 3 unit di gantungan display mereka.

Jarang ada yang menyediakan 8 set sekaligus dengan item yang berbeda-beda.

Selain seri set Fast & Furious edisi khusus, Indomaret juga menjual seri Fast & Furious biasa (mainline). Pada 2013 ini item Fast & Furious biasa hanya dikeluarkan 3 unit saja yaitu:
Sementara item Fast & furious edisi khusus (official movie marchandise) Mattel mengeluarkan 8 unit yaitu:
Jadi item yang bisa dibandingkan antara HW F&F edisi khusus dan biasa adalah Toyota Supra dan '70 Dodge Charger R/T saja. Sementara sisa item F&F edisi khusus hanya bisa dibandingkan dengan item mainline lainnya misal "HW F&F edisi khusus: Nissan GT-R" bisa dibandingkan dengan "HW 2009 New Models #1: Nissan GT-R".

Kiri: mainline, kanan: edisi khusus film.
Kabar tentang seri HW Fast & Furious (F&F) ini sebenarnya dah dari pertengahan 2013 namun baru beredar di toko retail Indomaret secara resmi akhir September 2013. Sebelumnya Indomaret telah menjual seri "Hot Wheels: Speed Machines" dengan harga lebih mahal daripada seri mainline.

Begitu juga dengan harga "Hot Wheels: Fast & Furious" ini lebih mahal dibandingkan dengan seri mainline yang dibandrol Rp 22.900. Sedangkan edisi khusus dibandrol dengan harga lumayan kencang yaitu Rp 49.900.

Ada Harga Ada Barang

Sepadankah? Selain dibedakan oleh tampilan desain kemasan, perbedaan item HW F&F edisi khusus dengan F&F versi mainline (biasa) adalah di bagian pelek dan decal saja, mold-nya sama saja.

Agak mengecewakan dengan harga Rp 49.000 untuk F&F edisi khusus idealnya sudah dapat pelek keren dengan ban karet. Tapi lumayan Mattel mau repot dengan mengganti pelek ban dan menambahkan decal dan cat untuk edisi khusus ini.

Sebenarnya harga antara HW F&F edisi khusus dengan versi biasa di pasar Amerika Serikat sama saja yaitu 0,97 dolar AS (sekitar Rp 11.200). Mungkin karena itulah Mattel hanya mengganti dan menambahkan bagian tertentu pada item HW F&F edisi khusus ini sekadarnya.

Untuk pasar Brasil dan Asia harga antara HW F&F edisi khusus dan versi biasa berbeda, di Bandung harga HW F&F versi biasa dibandrol Rp 22.900 sedangkan untuk versi edisi khusus Rp 49.900, selisihnya lumayan jauh namun sayang kualitasnya gak jauh beda.

Berarti secara hitung-hitungan untuk item HW F&F edisi khusus ini pasar Amerika disubsidi oleh pasar Asia dan Brasil...Yah, apa boleh buat?

Item Fast & Furious Favorit

Toyota Supra! Jelas, mulai dari mold-nya yang benar-benar baru, decal, cat, dan pelek bintang limanya mantap!

Perbedaan HW F&F edisi khusus dan versi biasa lumayan kentara sementara '70 Dodge Charger R/T perbedaannya cuma sedikit sebatas ganti pelek dan cat gril depan saja.

Perbedaan Toyota Supra HW F&F edisi khusus dengan yang biasa meliputi:
  • Decal. Decal pada versi edisi khusus lengkap terdiri dari: Lampu depan, kap mesin depan, lampu belakang, logogram dan logotype Toyota terlihat jelas serta rapih.
  • Cat. Sayap belakang (spoiler) pada edisi khusus dicat perak yang tentunya jadi lebih otentik film sedangkan versi biasa spoilernya dibiarkan polos mengikuti warna bodi.
  • Pelek. Walaupun versi biasa mempunyai pelek bintang lima tapi tampilannya kalah dengan versi khusus, detailnya mirip dengan versi film namun dalam hal skala rekahan pada tiap bidang terlalu lebar.
Lumayan puas dengan tampilan Supra edisi khusus ini, sementara yang lain seperti '67 Ford Mustang keren tapi tampak biasa...Apalagi Nissan GT-R hanya unggul di bagian lampu depannya saja yg menggunakan bahan resin, '70 Dodge Charger kelihatannya biasa banget!

Toyota Supra, kiri edisi khusus, kanan: versi biasa. Foto: the Lamley Group.
'70 Chevelle SS parah, catnya mirip hasil pilok amatiran...Lewat! '08 Dodge Challenger SRT8 dan '11 Dodge Charger R/T patut diapresiasi, penampilan mereka sangar dan hampir mirip dengan skala sebenarnya!

Terutama '11 Dodge Charger R/T '....All black sampai ke pelek-peleknya! Mantap! Kalau masalah selera sih terserah saja, tapi jangan sampai salah karena buat mengeluarkan uang untuk satu item ini lumayan mahal...Happy hunting!

2 comments:

  1. Indomaret kopo mana?? lokasinya

    ReplyDelete
  2. Seri HW F&F seri khusus msh bnyk di Indomaret Limus Cileungsi di bandrol 49.900

    ReplyDelete