Friday, September 6, 2013

Pryde Of The X-Men



Dulu TVRI pernah menayangkan film kartun Pryde of the X-Men sekali, beruntung bisa menyaksikannya saat itu. Setelah ditunggu-tunggu setiap Minggu film kartun itu gak muncul lagi, padahal filmnya keren banget!

Sampai 2004 pun gak pernah lagi dengar tentang kelanjutan film tersebut. Yang muncul malah film kartun X-Men versi formasi Jim Lee yang tayang di RCTI.

Kesan

Film tersebut begitu berkesan karena formasi tim saat itu sesuai dengan komik terjemahan X-Men terbitan Misurind. Yah, setidaknya mendekatilah.

Dulu setiap kali bapak pergi ke Bandung beliau sering membawakan oleh-oleh buku bacaan termasuk komik, temanya beragam mulai dari cerita Donald Bebek, Mickey Mouse, komik Eropa, cerita nabi, komik tentang neraka, dan X-Men!

Ya, kenal X-Men dari komik terjemahan terbitan Misurind 1991 dengan ilustrator Dave Cockrum. Edun, komik tersebut benar-benar mengubah paradigma tentang superhero.

Waktu itu superhero yang paling terkenal sekampung siapa lagi kalau bukan Batman dan Superman? X-Men benar-benar memukau karena kita bisa melihat beragam superhero dengan berbagai macam kekuatan dan kostum dalam satu komik!

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Komik X-Men terjemahan terbitan Misurind.
Sekagum-kagumnya dengan X-Men namun apa daya gak bisa mengikuti ceritanya, cerita X-Men yang diketahui saat itu hanya berdasarkan komik terbitan Misurind saja.

Lewat komik itu sedikit banyak bisa kenal dengan tokoh-tokoh X-Men seperti Prof. X, Cyclops, Strom, Colossus, Nightcrawler, Banshee, Jean Grey, Havox, dan tentu saja Wolverine!

Dengan modal pengetahuan yang minim Alhamdulillah ketika ada film kartunnya di TVRI gak terlalu kesulitan mengenal tokoh-tokoh X-Men di film kartun tersebut.

Termasuk Juggernaut salah satu musuh X-Men. Kenal Juggernaut hanya melalui promo art hitam putih untuk cerita selanjutnya di halaman terakhir! Baru "ngeuh" Juggernaut juga tampil pada bagian kaver belakang komik X-Men terbitan Misurind dalam bentuk slide kecil.

Pryde of the X-Men

Jadi ketika Juggernaut muncul dalam kartun X-Men di TVRI melawan Colossus keren banget! Sayang cuma sekali tayang padahal ingin nonton lagi.

Ternyata film kartun itu memang untuk sekali tayang atau lebih dikenal dengan "one shot animated television".

Kata "Pryde" dalam judul film tersebut dimaksudkan kepada salah satu tokoh X-Men termuda yaitu Kitty Pryde. Tayang di Amerika Serikat pada tahun 1988.

Sebenarnya dana untuk pembuatan animasi keren ini harusnya dipakai untuk membuat film animasi "Robocop" sebanyak 13 episode. Marvel malah menyewa studio "Toei Animation" dan menggunakan dana tersebut untuk membuat "Pryde of the X-Men".

Cerita "Pryde of the X-Men" dimulai dari Magneto yang tidak bisa menggunakan kekuatannya karena dikurung dalam medan energi ketika diangkut menuju penjara dengan iring-iringan militer.

Dibantu oleh White Queen salah satu anggota "Brotherhood of Evil Mutans" pimpinan Mageneto, Magneto berhasil kabur.

Sementara itu Kitty Pryde datang ke tempat Professor Xavier dan bertemu dengan anggota X-Men lainnya yaitu Cyclops, Colossus, Dazzler, Nightcrawler, Storm, dan Wolverine.

Magneto menjalankan rencana jahatnya menggunakan komet Scorpio yang bisa menghasilkan debu dan partikel lainnya sehingga menghalangi sinar matahari yang menyebabkan bumi menjadi dingin dan kembali memasuki jaman es.

Manusia akan lemah dan kaum mutant akan mengambil alih Bumi. X-Men segera menghentikan rencana jahat Magneto dengan menyerang ke markas Magneto Asteroid M di luar angkasa.

Di sini pertempuran seru terjadi kekuatan Storm melindungi anggota tim X-Men untuk sampai ke Asteroid M, Cyclops menghadapi White Queen, Colossus lawan Juggernaut, Dazzler melawan Pyro, dan Wolverine menangani Toad.

Sedangkan Nightcrawler dibantu Kitty Pryde berhasil mencegah Magneto dengan mengorbankan dirinya untuk menghancurkan mesin yang mengendalikan meteor Scorpio.

Setelah berhasil menggagalkan rencana Magneto dengan mengubah arah meteor Scorpio, X-Men berhasil kembali ke Bumi dengan menggunakan pesawat Blackbird. Namun Kitty Pryde merasa sedih karena Nightcrawler tidak selamat tapi tiba-tiba terdengar suara batuk dari ruang loker, ternyata Nightcrawler selamat dari ledakan dengan memakai kekuatan teleport-nya.

Bersyukur ada Youtube, jadi bisa nonton kartun itu lagi saat ini. Banyak hal sentimentil yang berhubungan dengan X-Men dalam kehidupan sehari-hari. Anehnya waktu malah menuntun untuk menjadi penggemar Hulk daripada X-Men.

2 comments: