Sunday, May 3, 2020

Champions of Los Angeles

The Champions Classic

Memang tak sepopuler tim The Avengers atau X-Men, The Champions cuma bertahan sampai 17 edisi dan sempat menjadi bintang tamu di beberapa judul komik Marvel lainnya seperti Iron Man dan Spider-Man.

Asal-usul

The Champions of Los Angeles adalah tim superhero yang dibiayai oleh warga biasa bernama Warren Worthington III seorang mutan mantan anggota X-Men yang disalurkan melalui Yayasan Worthington, bermarkas di gedung 30 lantai, Los Angeles, California.

Awalnya tim ini terbentuk karena ada serangan dari negeri Olympus ke Bumi yang dipimpin oleh Pluto, Ares, dan Hyppolyta.

Kebetulan di sekitar wilayah itu ada lima orang superhero sedang melakukan aktivitas sehari-hari yaitu Angel (Warren Worthington III) dan Iceman (Robert "Bobby" Drake) yang sedang berkunjung ke kampus U.C.L.A. untuk mengurus beasiswa, Black Widow (Natasha Romanova) yang sedang melakukan wawancara kerja di kampus tersebut, Ghost Rider (Johnny Blaze) kebetulan lewat saja, dan Hercules yang saat itu menjadi tamu undangan sebagai pembicara tentang mitologi di kampus yang sama.

Kostum pertama Angel.
Kostum kedua Angel.
Mereka bertarung bersama secara spontan melawan Pluto dan pasukannya yang bertujuan menculik Venus Dewi Perdamaian yang menyamar sebagai salah satu karyawan di kampus tersebut.

Setelah semua kejadian dilalui, kelima superhero itu merasakan ada persamaan di antara mereka dan berinisiatif membentuk grup superhero baru bernama The Champions.

Hercules.
Mereka sama-sama penyendiri (loners), Angel dan Iceman adalah mutant mantan anggota X-Men yang keluar karena kepribadian mereka tidak cocok dalam tim, Ghost Rider seorang pengelana yang tak punya tempat tujuan lagi, Hercules manusia setengah dewa yang tak jelas status keberadaannya antara Bumi dan Olympus, dan Black Widow agen rahasia yang lari dari duet dengan Daredevil karena alasan pribadi.

Atas inisiatif Angel, kelima individu ini membentuk grup superhero bernama The Champions. Ironisnya karena alasan pribadi pula grup ini bubar. Grup ini dibiayai oleh Angel yang meliputi keperluan operasional The Champions termasuk gedung dengan berbagai fasilitas keamanan dan transportasi, Black Widow menjadi pemimpin tim ini berdasarkan pengalamannya sebagai agen rahasia.

Iceman.
Black Widow.
Selama sepak terjangnya The Champions menerima anggota baru, Darkstar (Laynia Petrovina) dan Black Goliath (Bill Foster).

Awalnya Darkstar adalah salah seorang anggota komplotan penjahat Rusia bersama Crimson Dynamo, Titanium Man dan The Griffin yang berubah pikiran dan berpihak kepada The Champions.

Bill Foster menjadi anggota tak tetap setelah direkrut menjadi ilmuwan yang bertanggung jawab terhadap fasilitas keamanan dan teknologi yang digunakan di markas The Champions, dengan kemampuannya sebagai Black Goliath, dia membantu The Champions melawan musuh bernama The Stranger.

Ghost Rider with Flame Cycle.
Musuh

Selain melawan makhluk asal Olympus, The Champions berurusan dengan penjahat-penjahat seperti:
  • Dr Edward Lansing Ilmuwan gila yang ingin menciptakan serum Supersoldier.
  • Rampage pengusaha bangkrut pencipta exo-skeleton yang mirip dengan teknologi Iron Man. 
  • The Griffin, Titanium Man, The New Crimson Dynamo komplotan penjahat asal Rusia yang ingin membawa kembali Black Widow dan temannya bernama Ivan ke Rusia. 
  • Warlord Kaa Makhluk berbentuk bayangan yang mampu merasuki manusia.
  • The Stranger Makhluk luar angkasa yang berusaha menjinakan bom yang akan menghancurkan alam semesta.
  • Stilt-Man Penjahat berarmor berkaki panjang.
  • Kamo Tharn Penguasa kota alam gaib yang buta dan mempunyai pasukan makhluk berbulu, gargoyle terbang, dan makhluk raksasa berupa lava. 
  • Swarm Si Manusia Lebah.
Ghost Rider with Skull Cycle.
Darkstar.
Di luar musuh The Champions sendiri ada juga M.O.D.O.K. musuh Iron Man yang melibatkan The Champions untuk mengalahkannya. Beserta The Avengers, The Champions membantu mengalahkan raksasa Typhon asal Negeri Olympus, Doctor Doom dan Magneto. Dalam pertarungannya dengan Doctor Doom dan Magneto, The Champions juga sempat berselisih paham dengan Hulk sehingga harus bertarung dengannya.

Bubar

The Champions juga pernah melawan pasukan Sentinel yang dikendalikan oleh The Vanisher. Setelah berhasil menang melawan Sentinel perpecahan mulai terjadi, Ghost Rider keluar karena merasa tidak diinginkan oleh sebagian anggota The Champions, Darkstar ingin kembali ke Rusia, Iceman yang sejak dulu memang ingin keluar akhirnya melakukannya, Hercules dan Black Widow ingin menjadi orang bebas lagi dan pergi ke New York, Sementara Angel selaku pendiri The Champions merasa marah dan kecewa.
Black Goliath.

Tersisa Angel, bersama Spider-Man mereka berusaha membebaskan Iceman yang dijebak dan diperbudak dalam kostum Rampage. Setelah itu Iceman dan Angel diculik pimpinan Sentinel bernama Master Mold untuk disingkirkan ke luar angkasa karena mereka berdua adalah mutant, tidak hanya mereka berdua, rupanya Hulk yang dikira Blob seorang mutant gemuk dan besar mirip Hulk ikut terculik, mereka bertiga berusaha melawan Master Mold dan berhasil kembali ke Bumi.

Action Figure

Black Widow, Toy Biz 2005.
Bingung dengan figur-figur solo di rumah, seperti Black Widow dan Ghost Rider, mulanya dikategorikan sebagai figur Marvel Knight bersama The Punisher, Daredevil, Elektra, Blade, dan lain-lain, tapi sejak figur Black Widow dimasukan ke dalam formasi The Avengers versi movie pertama semuanya jadi kacau, lagi pula untuk mengumpulkan versi Marvel Knight ada beberapa figur yang kurang seperti Moonknight.

Ada pula figur seperti Iceman yang tak bisa dimasukan ke dalam Tim Blue dan Gold X-Men versi komik karena tak punya figur Bishop dan Psylocke yang harganya selangit, jadi terpaksa bertahan di tim X-Men formasi animasi yang tidak melibatkan Iceman sebagai anggotanya, jadinya figur Iceman terbengkalai.

Iceman, Hasbro 2019.
Lalu ada figur yang dulu diidam-idamkan, Hercules versi klasik dari Hasbro, baru dapat akhir-akhir ini dengan harga terjangkau karena termasuk figur underrated, jadi harganya dari dulu segitu-gitu saja tak melambung tinggi. Tadinya figur Hercules ini mau disandingkan dengan Hulk sebagai lawan, tapi ekspresi mukanya nyengir jadinya urung.

Tinggal Angel, ada tapi versi outfit Four Horsemen Apocalypse jadi tak cocok. Seragam pertama Angel di komik The Champions berupa kombinasi merah kuning model baju tanpa kerah dengan dada terbuka dilengkapi ikat kepala, seiring dengan berjalannya cerita seragam itu rusak dan diganti dengan seragam versi merah putih ketika dia masih menjadi anggota X-Men dan seragam itu dipakainya sampai grup The Champions bubar.
Angel, Toy Biz 2005.

Nah, pas ada yang jual figur Angel merah putih X-Men produksi Toy Biz dengan harga murah saya masih baca komik The Champions edisi awal, saat itu Angel masih menggunakan seragam awal merah kuning, jadi tak ada niat untuk beli, paling custom atau kitbash saja, kalau mau bersabar tunggu Hasbro merilis Angel seragam merah kuning versi The Champions.

Lalu ketika baca The Champions edisi 8 ada adegan Angel mengganti seragamnya yang rusak akibat serangan dari Rampage dengan kostum lamanya ketika dia masih bergabung dengan X-Men dan seragam itu bertahan sampai komik The Champions berakhir.

Telat! Ketika memutuskan untuk membeli figur Angel versi X-Men itu sudah sold! Padahal sempat tak dilirik selama berhari-hari oleh anggota grup yang lainnya karena figur itu bukan merek Hasbro dan underrated, kecuali jika mengincar sayapnya untuk bahan custom.

Hercules, Hasbro 2007.
Ghost Rider, Toy Biz 2004.
Drama berakhir begitu ada seller lain menjual figur Angel X-Men merah putih, akan tetapi harganya lebih mahal dari pada sebelumnya.

Mau tak mau beli biar anggota The Champions lengkap. Sebenarnya masih ada yang jual figur ini jauh lebih murah, namun kebanyakan tanpa sayap atau versi variant biru putih.

Otentik

Ada semacam dilema pada action figure The Champions ini.

Pertama dalam hal merek, untuk sementara Hasbro belum mengeluarkan figur Angel versi X-Men klasik merah putih, jadi terpaksa menggunakan figur merek Toy Biz, terkadang ukuran skala figur Hasbro dan Toy Biz sering out of scale, padahal sama-sama figur 6".

Sebenarnya phasing Ghost Rider sering ditampilkan dalam komik The Champions ketika Johnny Blaze sedang menghadapi bahaya, namun versi action figure produksi Toy Biz memasangkan figur versi phasing ini dengan Flame Cycle, jadinya rancu, karena dalam fase ini Ghost Rider tidak bisa menciptakan Flame Cycle.

Selain itu terdapat masalah pada figur Ghost Rider, motor yang digunakan dalam komik The Champions adalah Skull Cycle dan Flame Cycle, keduanya diproduksi oleh Toy Biz, sayangnya figur Ghost Rider dari Toy Biz seragamnya berwarna hitam, sementara warna seragam Ghost Rider dalam komiknya berwarna biru strip putih kebiru-biruan.

Memang Toy Biz merilis Ghost Rider versi seragam biru sebagai variant, namun kepalanya tidak berupa tengkorak utuh, tapi berupa wajah Johnny Blaze yang sedang bertransformasi menjadi Ghost Rider.

Ghost Rider versi Hasbro sudah sesuai dengan versi komik The Champions, seragam biru dangan kepala berupa tengkorak utuh, namun sayang motornya tidak sesuai komik, alih-alih model Choper modelnya malah dibikin seperti Harley Davidson dengan efek kobaran api di beberapa bagian.

Jadi untuk mengejar sosok Ghost Rider versi Johnny Blaze klasik yang ideal harus menggabungkan dua elemen yaitu figur Ghost Rider berseragam biru dengan kepala tengkorak utuh dari Hasbro dan motor Skull Cycle atau Flame Cycle dari Toy Biz. Itu pun kalau dilihat dari skala motor dan figur kayaknya kurang proporsional, figur Hasbro agak terlihat besar ketika mengendarai motor dari Toy Biz.

Paling ideal figur versi phasing ini dipasangkan dengan Skull Cycle (versi reguler produksi Toy Biz) atau diganti dengan figur Ghost Rider seri Rider dari Hasbro.

Kedua, faktor kemiripan antara versi action figure dan versi komik. Angel, dalam komik The Champions seragam kedua Angel versi X-Men berwarna putih merah dengan sarung tangan dan sepatu warna kuning, sedangkan versi action figure-nya sarung tangan dan sepatunya berwarna putih jadi kurang otentik.

Hercules, dalam komik Hercules memakai kostum orange bernuansa hijau, memakai ikat kepala, dan memakai sabuk dengan kepala singa, sedangkan versi figurnya warna seragamnya terbalik warna hijau lebih dominan dari pada orange, ikat kepala diganti menjadi semacam pelindung telinga, sabuk berkepala singa diganti menjadi semacam logo inisial letter "H", selebihnya hampir sama.

Iceman, Iceman versi vintage/retro dari Hasbro lumayan mirip dengan versi komiknya, jadi tidak terlalu masalah tinggal melepas sabuk berlogo X pada figure-nya jadi lumayan otentik, walau pun dalam komiknya Iceman sempat mengubah penampilannya dengan seragam baru yang bisa dilihat pada bagian sabuk dengan inisial "C" untuk Champions.

Black Widow, dalam komik The Champions Black Widow tak pernah membuka seragamnya sampai dada bahkan sampai leher pun jarang, jadi walaupun action figure versi Toy Biz model rambutnya cukup otentik, namun action figure dari Hasbro seri vintage/Retro lebih mendekati versi komiknya, terlebih bila kepalanya diganti dengan versi Black Widow seri Rider produksi Hasbro.

Black Widow, Toy Biz.
Paling suka penampilan Black Widow di komik ini ketika dia memakai trench coat, dan Black Widow Toy Biz lebih pantas memakainya dibandingkan dengan Hasbro, Black Widow hasbro agak pendek bila disandingkan dengan versi Toy Biz sehingga trench coat-nya tampak kebesaran.

Ghost Rider, seperti yang telah dijelaskan di atas untuk mengejar kemiripan action figure Ghost Rider dengan versi komik The Champions harus melibatkan dua produk yang berbeda agar mendapatkan wujud Ghost Rider klasik yang ideal. Ghost Rider memang paling sulit.

Black Goliath, figur (Black) Goliath telah diproduksi Hasbro pada 2010 dengan ukuran 12” dalam seri Marvel universe-Fury Files Only at Walmart dan dipasangkan dengan Thor setinggi 3,75”, akan tetapi kostumnya tidak sama dengan versi komik The Champions. Jadi easy pass, lagi pula bukan anggota tetap The Champions.

Ketiga, tentu saja belum diproduksinya salah satu anggota baru The Champions Darkstar baik oleh Toy Biz atau Hasbro, bahkan setahu saya belum ada produsen mainan yang telah memproduksi figur Darkstar, jadi butuh penantian panjang. Sebenarnya sudah ada yang custom dari figur lain dan hasilnya cukup memuaskan. Bahkan kalau Hasbro niat membuat figur Darkstar bahan-bahannya sudah ada model baju bisa diambil dari figur Storm, head sclupt bisa diambil dari Polaris, model rambutnya bisa diambil dari Scarlet Witch, dsb.

MU Black Goliath, Hasbro 2010. Tak akurat komik The Champions.
Pun bila dibikin, Hasbro pasti pilih kostum yang lebih baru bukan versi awal kemunculannya di komik The Champions karena secara teknis lebih susah, sementara kostum baru tinggal dicat dan ditempeli decal.

Overall, kalau termasuk yang nitpicky semua figur yang telah dirilis tak akan ada yang ideal dengan versi komiknya, tapi kalau digeneralisir semuanya hampir mirip, jadi have fun dengan yang ada saja lah ya....

Bagi fans The Champions menunggu versi filmnya mungkin "jauh panggang dari api", hampir mustahil terjadi, tapi kalau mengingat film Guardian of the Galaxy harapan itu ada, setidaknya serial TV ya. Ghost Rider, Black Widow, Iceman, Angel pernah tampil di layar lebar, tinggal Hercules saja yang belum nih hehehe....

Jadi untuk sementara puas-puasin dulu action figure-nya karena selain itu nyaris tak ada lagi memorabilianya seperti games, film, dll. seakan-akan Marvel ingin melupakan grup ini pernah ada.



Update 16 Juli 2020!

Gambit dan the Champions.
Pantas saja bingung pas lihat Gambit bersama anggota grup Champions of Los Angeles dalam satu frame. Kirain Gambit jadi salah satu anggota grup tersebut, ternyata bukan, cuma sebagai mutant yang ikut membantu dalam peristiwa yang tidak terduga saja.

Cerita tersebut tidak ada dalam kumpulan komik TPB The Champions atau komik solo Gambit, tapi memang legit official keluaran Marvel. Yang membuat bingung adalah kostum Gambit dan kostum grup The Champions dalam ilustrasi itu, keduanya tampak janggal menurut kronologi timeline Marvel.

Model kostum Gambit itu dipakai pada tahun 90-an, sedangkan kostum The Champions yang dikenakan model tahun 1975, jadi jelas rancu dan ‘gak nyambung.

TALES FROM THE MARVEL VAULT

Tidak mudah mencari tahu tentang cerita ini karena selain tak ada di komik The Champions atau Gambit, cerita ini juga bagian dari komik lini Marvel Vault (2011), lini ini memuat kisah tokoh-tokoh Marvel yang belum pernah diungkap pada versi seri komik-komik reguler selama ini.

Marvel Vault tidak berlanjut dan hanya memuat kisah beberapa tokoh dan tim Marvel antara lain: Doctor Strange, Thunderbolts, Incredible Hulk & Human Torch, Defenders, dan Gambit. Judul-judul tersebut terbit dari Januari 2011 sampai September 2011.

Remy sebelum menjadi Gambit.
Marvel Vault Gambit

Walaupun terbit di tahun 2011, namun setting ceritanya diambil pada tahun 80-an dan 90-an, Gambit pertama kali diciptakan oleh Jim Lee pada Juli 1990, tampilannya sudah khas seperti yang kita kenal sekarang, mata hitam merah, pakai trench coat cokelat, dan lain-lain.

Di cerita the Vault Gambit belum berpenampilan seperti itu, dia tampak seperti orang kebanyakan di era 80-an dan belum menyebut dirinya sebagai “Gambit”, dia cuma seorang mutant bernama Remy Etienne LeBeau dengan kaos, potongan rambut, dan celana panjang kasual, bahkan matanya pun tampak normal seperti manusia biasa.

Di awal cerita Remy sedang mengamati sekelompok superhero yang dikenal dengan grup The Champions sedang mengeroyok penjahat bernama Rampage. Remy saat itu sedang janjian dengan seorang wanita yang menyewanya untuk melakukan pencurian di acara amal yang diselenggarakan oleh Warren Warthington. Warren adalah seorang anggota The Champions yang dikenal dengan nama Angel.

Di pesta amal tersebut hadir pula anggota Champions lainnya kecuali Iceman, yaitu Black Widow, Hercules, dan Ghost Rider, semuanya memakai kostum resmi jas dan gaun. Rencana Remy dan wanita misterius awalnya mulus, Warren berhasil dilumpuhkan, namun tiba-tiba datang penjahat bernama M.O.D.O.K. dengan niat dan tujuan yang sama untuk merampok orang-orang kaya yang hadir dalam acara tersebut.

Hercules berhasil dikendalikan M.O.D.O.K. suasana menjadi kacau, situasi itu dimanfaatkan Remy untuk mengambil gulungan naskah kuno incarannya lalu kabur, namun Remy berubah pikiran, dia memutuskus untuk membantu Black Widow dan Ghost Rider yang kewalahan menghadapi Hercules, dengan kekuatannya scroll itu diisi energi lalu dilemparkan ke arah M.O.D.O.K. sampai tak berdaya, Hercules pun lepas dari pengaruh M.O.D.O.K. situasi menjadi aman dan terkendali.

The Champions, komik Marvel Vault: Gambit.

Kesan

Ya, ceritanya begitu saja, Gambit sedikit menggunakan kekuatannya dalam cerita ini, cuma melakukan dua kali tembakan, skill akrobatiknya kurang diekspos, apalagi kemampuan menggunakan tongkatnya tak diceritakan sama sekali. Asal-usul matanya dari normal menjadi hitam merah pun tak ada.

Selain itu dalam komik Marvel Vault ini Ghost Rider membuat Flame Cycle tapi warnanya seperti Hell Cycle biasa, warna kostum Ghost Ridernya pun hitam abu, semantara di komik reguler The Champions warna kostum Ghost Rider perpaduan antara biru putih dan kuning. Begitu juga dengan kombinasi warna orange dan hijau Hercules antara versi komik Vault dan reguler berbeda.

Overall bacanya enjoy saja, apalagi artwork-nya dikerjakan oleh illustrator senior Marvel George Tuska. Cerita ini bisa dilewat sih, karena tidak terlalu signifikan terhadap latar belakang tokoh-tokohnya, kita bisa tahu asal-usul The Champions lebih jelas melalui komik regulernya bukan dalam komik versi Vault ini.

Asal-usul Gambit mungkin bisa lebih dinikmati melalui film Animasi X-Men versi 90-an, karena dalam komik ini latar belakangnya tak jelas, terlebih grup The Champions sudah bubar dan Gambit bergabung ke tim X-Men, jadi kesannya cerita ini sedikit pointless…..Jika ingin menunjukkan motivasi dan inspirasi Gambit dalam aksi heroismenya lebih baik dikisahkan di komik regulernya saja, bisa lebih detail dan terperinci.

Bagi yang ingin menikmati kisah Gambit dan The Champions ini ‘gak ada salahnya, cukup menghibur, bacanya juga enteng, dan bisa menambah wawasan serta khazanah tentang dunia Marvel Universe yang tak pernah diulas sebelumnya dalam versi komik biasa. Enjoooy!

No comments:

Post a Comment