Sunday, May 10, 2020

Walmart Exclusive: Grey Costume Black Widow

Good News

Benar-benar gembira ketika mengetahui kabar dari newsfeed FB bahwa Hasbro bakal merilis Black Widow (BW) versi gray suit dan white suit!

Pertama kali melihat BW pakai kostum abu di Marvel Graphic Novel (MGN) cukup berkesan karena penampilan barunya sungguh ekstrim, model rambutnya yang tadinya panjang jadi pendek, walau pun aksesorinya masih tetap sama, namun jarang utility belt-nya yang khas jarang digunakan, warna belt dan gelangnya pun tidak konsisten, kadang berwarna abu tapi sering digambarkan berwarna kuning.

Begitu pun dengan logonya, logo merah khas Black Widow sering tampil di kepala sabuknya saat memakai kostum hitam, namun pada kostum abu ini logonya berubah, tampilannya mirip logo laba-laba Spider-Man, posisinya ada di dada bagian kiri, ukurannya kecil. Logo tersebut bahkan tertera di punggungnya dengan ukuran yang cukup besar di beberapa episode.

First Appeareance

Black Widow, Jim Lee.
Entah di komik mana Black Widow grey ini muncul pertama kali, satu artikel menyebutkan bahwa kemunculan Black Widow abu pertama dimulai di komik Daredevil Volume 1 no. 187 pada tahun 1982 dan di komik Avengers Volume 1 No. 329 Black Widow bergabung sebagai tim utama di Avengers.

Akan tetapi kalau dicari di internet, penampilan pertamanya dalam seragam abu selalu merujuk pada komik The Uncanny X-Men #263, 1981.

Ilustratornya Jim Lee, Black Widow di komik ini digambarkan dalam kostum standar, seragam abu berkerah tinggi tanpa sabuk, logo di dada dan punggung, disertai gelang khas kuning Black Widow dengan rambut pendek warna oranye tentunya.

BW di komik Daredevil.
Namun di beberapa judul komik, Black Widow abu kadang dilengkapi dengan jaket warna cokelat, menggunakan jetpack, dan memakai sabuk (utility belt). Di komik "MGN: Daredevil Black Widow-Abattoir", Black Widow bahkan tidak memakai gelang khasnya karena dilucuti oleh musuh.

Penampilan Black Widow di komik Daredevil No. 187 juga tanpa gelang dan sabuk, kostumnya benar-benar basic hanya pakaian belogo laba-laba hitam di dada dan di punggung. Bahkan dalam model sheet official-nya Black Widow grey suit memang digambarkan tanpa gelang dan sabuk.

Punisher-Black Widow, logo dibalik.
Tanpa logo belakang, The Coldest War.
Dalam komik "Fury Death Duty Black Widow", penampilannya cukup lengkap, kostumnya disertai sabuk khas Black Widow ketika masih menggunakan pakaian hitam, namun model rambut pendeknya kelimis tanpa juntaian poni samping ke depan.

Selain itu di bagian belakang kostumnya polos tanpa logo laba-laba. Kadang-kadang dia memakai jaket.

Di komik MGN: "The Black Widow-The Coldest War", dia digambarkan tanpa mengenakan logo di belakangnya juga, bahkan logo laba-laba di bagian dada berwarna merah bukan hitam seperti biasanya. Rambutnya agak kelimis dengan sedikit poni. Tidak dilengkapi sabuk. Gelang di tangannya berwarna abu.

Punisher-Black Widow, add-on.
Gelang abu juga digambarkan dalam komik MGN: "Punisher & Black Widow-Spinning Doomsday's Web", tampil tanpa sabuk, terdapat logo di punggungnya dan yang unik logo laba-laba hitam di dadanya dibalik. Model rambutnya hampir sama dengan yang digambarkan oleh Jim Lee, namun dengan gaya gambar berbeda. Di adegan awal dia sempat memakai jaket dan tas parasut.

Logo laba-laba hitam di dada yang dibalik (mengarah ke bawah) juga digambarkan di komik The Avengers pada beberapa episode. Di komik The Avengers No. 355 “Come The Gatherers” Black Widow mulai sering menggunakan jaket berlogo tim Avengers bersama anggota lainnya, bahkan ketika dia berpakaian kasual pun jaket itu tetap dipakainya.

Di komik Avengers pula Black Widow tampak memakai sepatu boots dan semacam pelindung kepala (semi helmet) dalam melaksanakan misinya bersama anggota tim Avengers.

Overall

Menjadi anggota Avengers.
Tampil kasual berjaket.
Penampilan Black Widow abu standar adalah yang digambar oleh Jim Lee di komik The Uncanny X-Men No. 263, dengan rambut pendek, kerah tinggi dada terbuka, logo laba-laba hitam di dada dan di punggung, tanpa sabuk, dan memakai gelang berwarna kuning.

BW cukup lama memakai seragam abu ini dari awal 80-an sampai 90-an dengan berbagai interpretasi dan persepsi dari artis-artis yang gaya visualnya beragam, kalau ada perbedaan seperti model rambut, penggunaan warna pada beberapa bagian part, tambahan aksesori, dan wajah adalah hal yang lumrah terjadi di industri komik saat itu, terutama komik AS. Untuk tambahan jaket referensinya bisa dirujuk dari komik The Avengers dan komik Marvel Graphic Novel (MGN) di beberapa edisi.

Untuk jetpack belum diketahui referensi komiknya, namun selain tampil di komik X-Men, The Avengers, Daredevil, dan MGN bersama The Punisher, Black Widow abu juga tampil di komik lainnya seperti Hawkeye, Captain America, The Punisher dll, jadi bisa saja dia tampil dilengkapi jetpack di komik-komik tersebut.

Action Figure Black Widow Walmart

Logo terbalik. The Avengers.
Saya menganggap perbedaan penggambaran BW abu oleh para ilustrator komik suatu keuntungan, jadi ketika desainer mainan mendesain BW abu seperti terlihat sekarang tidak terlalu mengecewakan.

Misal, jika tidak berkenan dengan sabuk model pouch di pinggang bisa dilepas saja, tapi kalau tetap mau dipakai referensinya bisa dilihat pada komik The Avengers.

Kerena tidak disertai tangan cadangan pose trigger finger sementara kita ingin memposekannya menggunakan senjata, tangan bawaannya bisa diganti dari tangan figur agen perempuan S.H.I.E.L.D. (tanpa gloves) seperti Maria Hill atau Sharon Carter, referensi Black Widow tanpa menggunakan sarung tangan abu juga ada di komik The Avengers berjudul "The Gatherers Strike!".

Tanpa gloves, The Gatherers Strikes!
Jika mau repot figur ini bisa tampil tanpa jaket, tangan atasnya bisa di-swap dengan versi tak berjaket dari figur female lain, namun harus mengecatnya dengan warna abu terlebih dahulu, atau kalau mau ekstrim bagian torsonya di-swap dengan versi figur BW abu versi two pack.

Sebenarnya kalau mau desain BW abu standar tanpa sabuk dan jaket Hasbro telah merilisnya dalam versi two pack di seri Toys R Us exclusive two-pack with Winter Soldier, dilengkapi dengan aksesori 2 machine gun, 2 pistol, dan alternatif kepala pada tahun 2010 sebagai variant dari black suit. Namun bila dibandingkan dengan figur yang sekarang proporsinya kurang ideal karena sistem sendi yang digunakan berbeda.

Makanya kali ini Hasbro merilis BW abu lagi dalam versi pakaian lengkap berjaket disertai pouch pinggang dan jetpack, jadi wajar sajalah ya....

Black Widow bersama Tim Avengers.
Figur ini dilengkapi dengan aksesori gelang dengan efek tembakan 2 buah, gelang dengan efek asap 2 buah, tangan cadangan pose terbuka 2 buah, dan satu unit jetpack yang disertai efek blast 2 buah. Aksesori tersebut tidak bisa di-swap dengan BW versi Retro karena warna kuningnya tidak sama, begitu juga dengan BW versi white suit warna kuningnya keemasan jadi kurang matching dengan warna sabuknya.

Dengan diproduksinya BW abu berjaket The Avengers curiga ke depannya Hasbro bakal merilis anggota The Avengers 90-an dengan menggunakan jaket tim berlogo Avengers lainnya seperti Black Knight (rilis ulang versi jaket), Crystal, Sersi, Vision, Hercules, dll.

Bagi penggemar The Avengers apabila benar patut ditunggu, bagi saya berkaca pada tim X-Men malas mengumpulkan action figure berdasarkan tim, banyak "dipermainkan" pasar dengan memanfaatkan efek teori Gestalt hahaha....

Action Figure Black Widow Grey Suit, Walmart.

Jatuh-jatuhnya jadi monkey business, jika semua seller sepakat menjual satu item figur tertentu dengan harga tinggi, maka saya termasuk buyer yang sepakat untuk tidak membelinya dengan harga "gorengan" (over price), walaupun duit ada tapi dengan nilai segitu uangnya lebih berguna dan bermanfaat untuk hal-hal lain, kalau sudah begini 'gak ikutan ah, bisa bikin bokek juga 'kan? Tunggu reissue saja hahaha....

Formasi X-Men #263. Jim Lee.

Contoh yang bikin malas, dulu beli Wolverine brown untuk kedua kalinya setelah versi Toy Biz tadinya ada niat untuk membentuk tim X-Men Blue dan Gold versi komik, tapi ada dua item figur yang kini harganya di luar jangkauan, jadinya terjebak dalam tim X-Men versi animasi, pun Wolvie-nya harus beli baru yang versi tiger stripe, jadi untuk sementara Wolverine brown ini dimasukan ke dalam formasi The Uncanny X-Men #263 bersama Black Widow abu dan Captain America, itu pun versi cover, kalau baca isi komiknya formasi ini memerlukan figur Psylocke dan Jubilee versi celana hijau, doooh! Well, enough is eneg hahaha, enjoy yang ada sajalah ya....Happy hunting dan terus berjuang gaes!

No comments:

Post a Comment