Friday, July 15, 2011

Tutut

Seingat saya sejak 1999 sampai beberapa bulan lalu belom pernah merasakan tutut! Saking lamanya dah hampir lupa! Beberapa bulan yang lalu teman saya bawa tutut ke tempat kerja, dan setelah dicoba rasanya tetap enak! Walaupun tututnya diolah dengan cara yang berbeda, namun rasa tutut yang aku ingat dulu masih sama dengan yang saya makan akhir-akhir ini.

Tutut yg dibawa temanku, Tutut Sabana. Kuahnya pakai kuah gulai, nyam...nyam...nyam...

Sebelum tahun 1999 pun saya jarang makan tutut, dulu ketika saya masih SD ibu pernah bikin, pertama kali coba langsung suka, saya diajari bagaimana cara makannya, apa yang boleh dimakan, dan cara untuk mengambil daging yang terjebak dalam cangkangnya.

Waktu itu saya pernah tanya "Tutut ti mana ieu teh mak?" Dia jawab "Candak Bi Aban" setalah sekian lama saya baru mengerti kenapa dia gak langsung jawab bahwa tutut tersebut diambil dari habitat asalnya yaitu sawah, sepertinya ibu cuma ingin saya menikmati tutut buatannya yang lezat dan penuh gizi, tanpa harus mengingat tutut itu berasal.

Menikmati tutut yang dibawa temanku itu seperti bernostalgia ke jaman baheula basa urang keur di lembur keneh, gak nyangka akan menemukan olahan tutut di kota! Cukup dengan Rp 5000 saja saya bisa menikmati kembali makanan khas daerah saya, bukan sekadar makanan, bisa jadi obat rindu juga lho sama kampung halaman...:)

 
Segera kontak no. telp nya!

Teman-teman klo mo coba bisa hubungi ke sini nih--->Tutut Sabana 085624050XXX hanya Rp 5000 saja ;)

Beda Harga Beda Rasa

Sekadar cerita bukan maksud untuk menjelekan pedagang tutut keliling....Ceritanya begini, suatu saat saya berniat cari makan keluar...Di jalan berpapasan dengan penjual tutut keliling....Karena tertarik saya pun mulai menawar, dia bilang satu plastik (gula) harganya Rp 2.500 saja....Wah! Saya pikir lebih murah 50% dari harga Tutut Sabana! Lalu saya coba tututnya satu...Lumayan enak, walaupun pengolahan bumbu dan kuahnya beda dengan Tutut Sabana, saya bersedia memberikan kesempatan cita rasa baru ini hehehe...

Saya pun beli dua kantong, masih hangat! Setelah dimakan ternyata bumbunya agak pahit, karena ukuran tututnya agak besar jadi sulit untuk diambil dagingnya dengan cara disedot, selain itu terdapat banyak telur yang mengganggu saat dikunyah. Daging tututnya agak keras, bisa jadi kurang lama masaknya.

Padahal saya sempat ngobrol dengan penjualnya, dia dah lama jualan tutut, sudah bertahun-tahun....Mungkin saat itu saya sedang sial saja....Belum ketemu lagi dg penjual tsb, niat mau beli lagi....Mudah-mudahan saat itu cuma kecelakaan saja.

Produk Sabana

Selain Tutut Sabana, mereka memproduksi keripik Pikles dan Cireng Sabana. Keripik Pikles dibuat dari talas, enak, renyah, dan sedikit pedas. Cirengnya dijual mentah dalam kemasan. Bumbunya enak tapi gak tahan lama, bisa dimasukan ke freezer supaya lebih awet.

4 comments:

  1. Maaf tututnya jualan disekitar tangerang gaa??? saya pengen banget..

    ReplyDelete
  2. Belom buka di daerah Tangerang baru di sekitar Antapani, Bandung.

    ReplyDelete
  3. Kami produsen tutut sedot di Jakarta, siap melayani delivery order ke jabodetabek. Silahkan Hub: 081219992532

    ReplyDelete
  4. Antapaninya sebelah mana? Cp nya ada?

    ReplyDelete