Wednesday, July 3, 2013

Seri Hot Wheels Traesure Hunt 2013

T-Hunt Reguler, HW City: Fire-Eater, 2013.
Sekilas Tentang T-Hunt

Lini Treasure Hunt (TH) ini diperkenalkan oleh Mattel pada 1995, terdiri dari 12 unit mobil dikeluarkan setiap tahunnya (pada 2011 keluar 15 unit) setiap bulan hanya keluar satu atau dua unit saja.

Mobil TH sering ditandai dengan label pada kemasannya. Pada blisternya tertera "Treasure Hunt" atau "T-Hunt" dengan strip hijau berlogo peti harta karun.

Pada 2007 Mattel memperkenalkan sistem Treasure Hunt yang berbeda. Sistem pertama yaitu Treasure Hunt Regular yang dirilis dengan lapisan cat dan ban biasa seperti seri Hot Wheels reguler lainnya. Jenis ini kabarnya diproduksi lebih banyak dari Treasure Hunt sebelumnya.

Kedua, Super Treasure Hunt yang sulit untuk didapatkan. Seperti halnya seri Treasure Hunt di masa lalu, Super T-Hunt ini disertai dengan ban karet dan cat yang menarik. Seri Treasure Hunt reguler dan Super ini dikeluarkan hanya 12 unit.

T-Hunt 2013 

Logo T-Hunt Reguler 2013.
Pada 2013 Hot Wheels mengeluarkan seri Treasure Hunt (TH) dengan desain yang berbeda, kini TH tidak ditandai dengan strip hijau berlogo peti harta karun pada blisternya namun seri ini bisa dikenali lewat logo "flame api dalam lingkaran" untuk versi reguler yang didesain dengan tampo/decal yang menarik pada bodi mobilnya.

Sedangkan untuk versi Super Treasure Hunt ditandai dengan logotype "TH" dengan tampilan desain tampo yg lebih oke daripada versi reguler pada bodi mobilnya, warna catnya biasanya lebih tua (matang) dari versi reguler disertai ban karet.

Logo Super T-Hunt 2013.
Tresure Hunt reguler masih bisa ditemui di gantungan toko retail lokal dengan kemasan yang sama dengan versi biasa (mainline), sedangkan versi Super Tresure Hunt dari Februari 2013 sampai saat ini penulis gak pernah lihat penampakannya ahahahaha…Lagi pula gak terlalu berharap kok.

T-Hunt Pada Setiap Lini

Pada 1995 terdapat perubahan besar pada lini Hot Wheels mereka membaginya dalam beberapa seri, termasuk diperkenalkannya seri T-Hunt. 

Sejak 2000 sampai 2010 Mattel konsisten mengeluarkan seri T-Hunt 12 unit setiap tahunnya beserta seri-seri lainnya misalnya seri "Faster Than Ever" pada 2005. Pada 2007 Mattel mengeluarkan lebih dari lima seri yaitu:
  • 36 unit seri New Models (First Edition)
  • 12 unit seri Treasure Hunt 
  • 12 unit seri Teams (setiap tim terdiri dari 4 unit)
  • 24 unit seri Code Cars (setiap kode bisa membuka isi web)
  • 12 unit seri Track Stars (sebelumnya dinamai Track Aces)
  • 24 unit Mystery Cars (kemasan plastik di blisternya hitam, pembeli gak tahu mobil di dalamnya apa sampai mereka membukanya)
  • 24 unit seri All Stars (sebelumnya dinamai Open Stock)
Nah, pada 2013 mereka mengeluarkan 250 mobil yang terbagi dalam 5 seri yaitu Stunt, Racing, Imagination, City, dan Showroom, setiap seri terdiri dari beberapa sub-seri.

Super Treasure Hunt, HW Showroom: Toyota GT2000, 2013.
Seperti yang dah dijelaskan di atas desain blister tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kemasan T-Hunt atau biasa (mainline) gak ada bedanya, T-Hunt hanya bisa dikenali lewat logo pada bodi mobilnya. T-Hunt ini tersebar dalam kelima seri tersebut.

T-Hunt Reguler dan Super T-Hunt 2013

T-Hunt Reguler, mobil T-Hunt reguler biasanya ada di setiap seri dengan jenis mobil tersendiri yang merupakan bagian dari seri biasa (mainline), dalam setiap seri bisa terdapat lebih dari satu jenis mobil T-Hunt reguler. Misalnya pada seri HW City terdapat 7 jenis mobil T-Hunt yaitu: Ford Mustang GT Concept, '10 SS Camaro, Fire Eater, Dodge Challenger Drift Car, Custom '77 Dodge Van, '65 Lincoln Continental, dan Bread Box. 

Contoh T-Hunt reguler ditandai
oleh logo pada bodi mobilnya,
desain kemasannya sama dg
versi biasa,
T-Hunt reguler dari seri HW Imagination hanya 1 yaitu Sting Rod II, lalu pada seri HW Racing terdapat 3 T-Hunt reguler yaitu Prototype H-24, Circle Trucker, dan Carbonator dst.

T-Hunt reguler ini bercampur dengan mobil biasa lainnya dengan kemasan dan blister yang sama, T-Hunt reguler hanya bisa diketahui dari simbol lingkaran api yang terdapat pada bodi mobilnya.

Super T-Hunt, sejauh ini Super T-Hunt selalu mengambil dari jenis mobil yang sudah ada dalam versi biasa (mainline).

Atas kiri: '64 Buick Riviera versi biasa,
atas kanan: versi Super T-Hunt, bawah:
perbedaan antara '64 Buick Riviera
biasa dan T-Hunt adalah pada tampo
di bagian atas kap mobil, desain
kemasan sama!
Contohnya pada seri HW Showroom terdapat '64 Buick Riviera sebagai jenis mobil biasa (mainline) akan tetapi jenis mobil ini dijadikan versi Super T-Hunt dengan tampilan tampo, cat, ban, dan logo yg lebih baik sebagai pembeda dengan '64 Buick Riviera versi biasa.

Kemasan dan blisternya pun sama dengan versi mobil biasa (mainline), jadi butuh kejelian untuk mendapatkan mobil Super T-Hunt ini karena sekilas akan terlihat saru dengan mobil biasa lainnya.

Oke, mulai sekarang bagi yang niat ngumpulin seri T-Hunt awas ya hati-hati "terkecoh" dengan blister dari seri HW Imagination, karena desain blister HW Imagination hampir sama dengan blister T-Hunt tahun lalu, sama-sama memakai strip hijau pada kemasannya :D. Happy hunting!

10 comments:

  1. kang bade tumaros, kalo harga normal super T-hunt itu berapa ya?soalnya sy lihat di internet harganya di atas 200k, maklum seumur2 blum pernah dapet T-hunt maupun S T-hunt di gantungan hehehe hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe sama, di sini juga belum dapat bro Joe…:P

      Sebenarnya Harga Super Treasure Hunt atau Treasure Hunt reguler sama saja dengan harga HW mainline. Harga HW mainline di setiap retail beda-beda. HW T-Hunt reguler paling sering ditemui di gantungan retail sedangkan super T-Hunt sangat jarang karena dalam satu paket dus HW belum tentu ada.

      Jadi harga Super T-Hunt bisa jadi mahal karena untuk mendapatkannya susah. Tergantung pemilik mau jual berapa.

      Kalau dilihat dari kualitas idealnya "harga standar" item ini sama dengan HW dari seri Boulevard sekitar Rp 49.900 (Rp 50.000) karena kualitasnya sama mulai dari detail pelek, ban karet, dan catnya sama-sama oke.

      Jadi "harga standar" untuk super T-Hunt dari tangan kolektor idealnya minimal Rp 49.000 namun karena di sini ada faktor "keberuntungan" harga tersebut bisa berlipat-lipat tergantung seller. Sebaliknya jika bisa mendapatkan item Super T-Hunt ini di gantungan bisa jadi murah banget (seharga mainline). Ada kok yg pernah dapat Super T-Hunt ini di gantungan.

      Sementara untuk HW T-Hunt reguler relatif mudah ditemui di gantungan, karena perbandingan antara HW T-Hunt reguler dan mainline lebih banyak dibandingkan dengan perbandingan HW Super T-Hunt dan mainline dalam satu dus.

      Karena kualitas HW T-Hunt reguler sama dengan HW mainline jadi harganya gak begitu beda jauh dangan HW mainline favorit.

      Semoga bisa membantu, tetap semangat!

      Delete
  2. baru ngumpulin beberapa biji HW edisi pick up nih.
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, pick up Hot Wheels keren, misal Datsun 620, beberapa truk dari Toyota seperti 1986 Toyota pickup truck dan Tundra, lalu ada Chevy, Ford, dll. Cocok untuk dikoleksi karena banyak sekali macamnya. Happy hunting :D

      Delete
  3. saya jg sdh dapet th reg 3 pcs dr gantungan di supermarket biasa ..... heeehhh
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaaap! Semoga dapat Super TH juga ya, happy hunting! ;)

      Delete
  4. Gan ane dapet super thunt 2 tapi nggak ngerti ngejualnya gimana tolong kasih saran dong gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jual di toko online saja seperti OLX, Bukalapak, Tokopedia, dll. Jangan lupa selamatan :D

      Delete
  5. @naufal dpt super thunt janis apa klo blh tau? Kebetulan saya baru koleksi..

    ReplyDelete
  6. Baru aja dapat reguler T Hunt HW Rocketfire dan Fast Felion.

    ReplyDelete