Monday, July 22, 2013

Film Superman/Batman 2015

Besar di Komik

World's Best Comics no. 1, 1941.
Secara fisik dan karakter dua tokoh komik ini berbeda, pada 1940-an masing-masing tokoh sukses dalam membintangi komiknya.

Mereka gak perlu bertemu dalam satu judul komik yang sama untuk bisa meraih sukses.

Pada masa itu sangat jarang terjadi crossover antara tokoh komik bahkan untuk tokoh dengan penerbit yang sama. Setiap tokoh tetap pada dunianya masing-masing.

Sampai suatu waktu National Comics (DC Comics) mengeluarkan seri "Justice Society of America" (JLA) yang terdiri dari kumpulan tokoh-tokoh superhero keluaran DC.

Disusul Marvel dengan menerbitkan komik yang dibintangi oleh dua jagoan super Human Torch dan Namor yang saat itu merupakan tokoh komik terkenal.

Lalu penerbit lain merilis para jagoan dalam satu kesatuan namun semua itu bukan terbitan rutin, judul-judul tersebut hanya terbit sekali-kali.

Beda Dunia

Komik Superman dan Batman waktu itu sukses besar walaupun tema masing-masing tokoh berbeda.

Cerita Superman makin sini semakin mengawang-awang dengan nuansa science fiction dan kekuatannya yang luar biasa. Sementara cerita Batman lebih membumi dengan fokus kepada cerita kriminal.

Kedua tokoh tersebut secara "alami" memang terpisah, akan tetapi hal itu tidak membuat penerbit DC urung mengeluarkan judul komik "World's Best Comics" pada 1941 yang memuat Superman, Batman, dan Robin tampil dalam satu kaver komik untuk pertama kalinya.

Walaupun mereka tampil bersama dalam satu kaver namun ceritanya tetap masing-masing (solo affairs), penampilan mereka saat itu sangat menarik perhatian dan menjadi sesuatu yang baru namun sayang ternyata hal tersebut gak lebih dari strategi dagang saja.

Meskipun demikian "World's Best Comics" lumayan laris, terbit tiga bulan sekali, akan tapi lama-lama penjualan komik tersebut mulai menurun. Pada seri kedua judul komik itu diubah menjadi "World's Finest Comics". Superman, Batman, dan Robin tetap tampil dalam satu kaver dengan cerita solo tersendiri.

Bertemu di "Udara"

Ternyata pertemuan pertama antara Superman dan Batman tidak terjadi dalam media komik tapi dalam program acara radio yang bertajuk "The Adventures of Superman" pada 1945. Dalam acara tersebut Superman dan Batman terpaksa berinteraksi karena sesuatu hal.

Acara radio, 1945.
Lambat laun acara itu menghilang, lalu dihentikan pada 1950, otomatis kolaborasi antara Superman dan Batman pun berakhir.

Sekamar Berdua

Pada 1952 mereka bertemu lagi dalam cerita komik Superman Vol. 1 No. 76, saat itu diceritakan mereka terpaksa berada dalam satu ruangan dalam kapal pesiar yang penuh sesak.

Ketika kapal pesiar tersebut terbakar, Bruce Wayne mematikan lampu ruangan dg alasan ingin tidur, namun alasan sebenarnya agar ketika dia berubah jadi Batman tidak diketahui oleh teman sekamarnya yaitu Clark Kent.

Superman Vol. 1 No. 76, 1952. Pertemuan
pertama.
Clark Kent pun memanfaatkan momen tersebut dengan berubah menjadi Superman tujuan mereka sama menyelamatkan penumpang kapal.

Tiba-tiba saja cahaya masuk lewat jendela kabin sehingga mereka bisa melihat satu sama lain berubah, sejak saat itu mereka tahu identitas rahasia masing-masing.

Di akhir cerita mereka menjadi sahabat, namun tampaknya tidak berlanjut pada cerita komik mereka selanjutnya, sejak saat itu baik Batman atau Superman gak pernah menyinggung tentang kejadian di kapal pesiar dalam cerita komik petualangan mereka masing-masing.

World's Finest
World's Finest no. 71, 1954.

Pada 1954 komik "World's Finest Comics" berubah dari terbit 3 bulan sekali menjadi 2 bulan sekali dengan tebal 68 halaman.

Keputusan itu diambil oleh penerbit DC untuk meringkas halaman dalam satu judul yang membuat harga komik menjadi turun dari 15 ¢ menjadi 10 ¢ dengan demikian diharapkan penjualan komik "World's Finest" akan membaik.

Akan tetapi jatah halaman yang dikurangi membuat satu atau dua judul dalam komik "World's Finest" terpaksa dihilangkan, entah judul cerita Batman atau Superman yang harus dihilangkan.

Mengingat dalam cerita komik Superman kedua tokoh itu pernah bertemu 2 tahun lalu maka DC mengambil resiko dengan menyertakan mereka berdua dalam satu judul cerita komik "World's Finest Comics" selanjutnya.

Ide tersebut sukses! Komik "World's Finest Comics" menjadi bacaan wajib bagi para fans Superman dan Batman.

Seketika itu juga penulis cerita DC harus mencari cara agar kedua tokoh terkenal tersebut tetap bisa bekerjasama.

Menurut Mark Waid hubungan kerjasama mereka bisa digambarkan sebagai "otak dan otot".

Batman yang secara fisik manusia biasa tapi pintar sering menjadi "otak" sedangkan Superman sebagai makhluk asing yang tinggal di Bumi dengan "kekuatannya" sering menjadi "otot". 

JLA

Formula hubungan tersebut berhasil selama beberapa dekade. Sementara Superman dan Batman telah menjadi tim pada awal 1960-an, DC ingin sesuatu yang lebih besar lagi, terinspirasi dari cerita jaman Golden Age dengan judul " Justice Society yang telah diterbitkan sebelumnya, DC meluncurkan komik dengan judul "Justice Society of America (JLA)" pada halaman komik berjudul "The Brave and the Bold" yang merupakan judul komik percobaan saat itu.

Untuk pertama kalinya tokoh-tokoh populer dari DC bertemu satu sama lain guna menangani masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu superhero saja.

Superman dan Batman masuk dalam tim tersebut tapi penampilannya dikurangi untuk memberikan porsi yang lebih besar pada tokoh-tokoh superhero lain seperti Green Lantern dan Flash agar menjadi "bintang" dalam tim JLA.

Seiring waktu keanggotaan Superman dan Batman dalam Tim JLA semakin surut. Keberadaan mereka tergantung pada cerita dari penulis saat itu yang memutuskan mereka bisa disertakan atau tidak. Keduanya hanya muncul pada saat Tim JLA membutuhkannya.

Jenuh

The Dark Knight Returs, merubah paradigma
hubungan Superman dan Batman.
Hubungan kedua superhero tersebut relatif gak berubah selama 25 tahun terakhir, akan tetapi DC mengambil sikap dengan mengubah cara keduanya dalam berinteraksi.

Pertama pada 1986 ketika komik "Crisis on Infinite Earth" terbit, komik "World's Finest Comics" dihentikan pada episode ke 323.

Setelah itu Frank Miller menulis ulang latar belakang Batman dalam mini seri berjudul " Batman: The Dark Knight Returns" pada 1986.

" Batman: The Dark Knight Returns" bercerita tentang kepulangan Batman tua yang telah pensiun ke Kota Gotham untuk berperang melawan Pemerintah Amerika Serikat.

Superman disewa oleh pemerintah untuk mengejar Batman dan puncaknya mereka berduel di jalanan.

Cerita tersebut begitu revolusioner karena kedua tokohnya memandang dunia baru dengan sudut pandang yang berbeda.

Hal itu membuat pembaca ragu bagaimana mungkin mereka bisa bekerjasama selama ini padahal kepribadian mereka berbeda dan berseberangan?

Kurang Akur

Sejak mereka berdua tampil dalam " Batman: The Dark Knight Returns" hubungan mereka digambarkan kurang harmonis dan penuh konflik, bahkan untuk cerita dengan setting sebelum masa " Batman: The Dark Knight Returns" yang ditulis setelah Frank Miller oleh penulis generasi berikutnya pada akhir 80-an dan awal 90-an hubungan antara kedua tokoh komik ini sering digambarkan gak akur. (berdasarkan timeline komik yang memakai alur maju mundur).

Sekomik Berdua

Superman/Batman, 2003.
Sejak komik "World's Finest Comics" dihentikan pada 1986, mereka kembali muncul dalam satu komik secara berkala dengan judul "Superman/Batman" pada 2003.

Ceritanya sangat bombastis, berkisar pada kasus tertentu, cerita yang hilang, dan kisah sampingan.

Para penulis komik ini masih berpegang pada konsep hubungan Batman dan Superman yang berseberangan dalam segala hal kecuali keinginan mereka untuk membuat dunia ini jadi tempat yang lebih baik, mereka berdua diibaratkan sebagai dua sisi dalam satu koin.

Akur Lagi

Lalu pada 2009 ketika cerita "Final Crisis" berlangsung Batman ditemukan "mati". Mayatnya bukan ditemukan oleh Robin, Nightwing, atau Batgirl tapi oleh Superman!

Setelah eksploitasi latar belakang mereka berdua pada masa Golden Age dihapus, mereka kembali "berteman", jadi betapa terpukulnya Superman ketika mendapatkan sahabatnya telah meninggal. Superman pun balas dendam atas kematiannya, setelah Batman hidup lagi Superman menjadi lega.

Berantem Lagi

Pada saat cerita "New 52" diluncurkan, tiba-tiba semuanya direset kembali, mereka berdua harus memulai hubungan dari awal lagi untuk ketiga kalinya!

Pertemuan pertama antara Superman dengan Batman pada cerita ini gak berlangsung mulus, mereka berkelahi satu sama lain dan tampak tidak saling kenal.

Komik "New 52" ini memang ditujukan untuk pembaca baru, termasuk cerita tentang latar belakang hubungan antara Superman dan Batman.

Berlanjut Ke Layar Lebar

Siapa yang akan memerankan
Batman selanjutnya?
Pada acara SDCC 2013 Zack Snyder mengumumkan pada 2015 akan dibuat film live action Superman/Batman sebagai bagian cerita dari Man of Steel.

Superman akan diperankan oleh Henry Cavill sedangkan Batman kemungkinan besar tidak lagi diperankan oleh Christian Bale. Kandidat sementara jatuh kepada Joseph Gordon-Levitt yang sebelumnya berperan dalam film "The Dark Knight Rises" sebagai "Robin".

Hubungan Superman dan Batman pada film ini tidak diadaptasi dari cerita Frank Miller berjudul "The Dark Knight Return" yang berseberangan dan penuh konflik, mereka cenderung untuk menjadikan hubungan mereka seperti teman yang sedang bersaing.

Okey, bagaimana pun bentuk hubungan mereka yang penting sehat dan bisa memberikan teladan bagi generasi mendatang untuk bekerjasama dalam satu tim dengan baik!

Kita tunggu kabar selanjutnya tentang film Superman/Batman ini yang berpotensi besar untuk menyingkirkan film jebolan dari Marvel Studio…The Avengers: Age of Ultron pada 2015 nanti!

Merchandise…Merchandise di mana-mana…..:D

No comments:

Post a Comment