Sunday, August 14, 2011

Random Marvel Action Figure

Sasquatch (Toy Biz) dan Wendigo (Hasbro) keduanya makhluk berbulu...
Tapi lihat perbandingan versi figurenya...Sculpt Sasquatch oke banget tapi 
kurang otentik komik, sebaliknya wujud Wendigo lebih otentik komik, 
sculptnya kurang detail...
Wendigo Hasbro vs Saquatch Toy Biz

Satu waktu ada yang nawarin figure Sasquatch loose murah...Hoream ambil sih tapi sayang untuk dilewatkan saking murahnya...

Lumayan batur gelut figure Hulk...Meskipun gak tahu dalam komiknya Hulk pernah ketemu dengan Sasquatch apa enggak. tapi cepat ato lambat mereka pasti ketemu.

Lihat penampakan di internet sih figure Sasquatch gak terlalu berkesan...

Sampai kurang lebih tiga bulan saya gak ngambil ntuh figure...Malas...Dan emang karena kesibukan masing2 juga sih. Tp ketika saya dah terima barangnya...Anjrot keren!

Sasquatch terdapat pada seri Marvel Legends (ML) 12: BAF Apocalypse disertai part tangan kanan Apocalypse, satu tentakel, dan komik. Variant Sasquatch warna putih, Super Poseable dengan 42 titik artikulasi! Tiap jari bisa digerakan! 

Sculpt

Jika dibandingkan dengan ML: Wendigo seri Fin Fang Foom yang sama-sama makhluk berbulu dalam wujud figure...Wendigo lebih tergarap dengan baik. Efek bulu berupa sculpt/pahatan ada hampir di sekujur tubuhnya, sedangkan Wendigo efek bulu hanya ada pada spot2 tertentu, selebihnya dikejar melalui teknik paint job.

Tinggi Sasquatch 10 kaki atau sekitar 3,05 meter, tinggi Hulk 7 kaki atau sekitar 2,13 meter...
Figure Sasquatch 8" cocok disandingkan dengan figure Hulk movie 5"...Cocok juga jika 
disandingkan dengan figure Wendigo dari Hasbro dan 1st Appearance 
Wolverine 3.75"

 Perbandingan Sasquatch, Wendigo, dan Hulk menurut komik.

Perbandingan Wendigo (Hasbro), Sasquatch (Toy Biz), dan Hulk (Hasbro) versi 
action figure.

Artikulasi

Sasquatch bukan tandingan Wendigo dari segi artikulasi...Terdapat sendi di setiap jari Sasquatch! Cukup sudah! Wendigo kalah telak!

Otentik Komik

Sayang proporsi Sasquatch kurang lebar padahal perbandingannya sudah pas.
Wendigo bisa diunggulkan dalam hal ini, namun tetap saja ukurannya masih relatif, tergantung kepada siapa ilustrator yg kita rujuk.

Penggambaran Wendigo oleh Trimpe, Sal, dan Adams masing2 berbeda.

Akan tetapi Wendigo buatan Hasbro mempunyai wujud modern yang sesuai dg  penggambaran oleh Arthur Adams...Ya...Gak terlalu persis sih...Tapi jika dibandingkan dengan wujud Sasquatch versi figure dan komik jauh euy bedanya...

Buscema menggambarkan Sasquatch besar dan lebar, begitu juga dengan Byrne...Sedangkan pada versi figurenya Sasquatch tampak terlalu kurus...anatomi kepalanya juga kurang sesuai, agak tertolong proporsinya jika teknik penggambaran anatomi antara kepala dan badan/pundak digambarkan sama dengan Wendigo versi Hasbro....

Keduanya cocok disandingkan dengan figure film Incredible Hulk 2008 (Edward Norton) ukuran 5", Marvel Universe: 1st Appearance  Wolverine 3.75" keempatnya kelihatan mantab! Tampak serasi sesuai dengan penggambaran versi komiknya!

Sekilas Wendigo

Wendigo adalah seorang manusia biasa yang dengan ajaib bisa berubah menjadi makhluk buas dipenuhi bulu yang diakibatkan oleh kutukan kuno.

Asal kutukan ini belum diketahui sampai saat ini. Orang yang memakan daging manusia (kanibal) dengan berbagai alasan akan terkena kutukan ini. Setelah orang tersebut telah melakukan perbuatan kanibalisme maka selera dan perilaku orang tersebut menjadi seperti Wendigo.

Wendigo biasanya berupa makhluk dengan tinggi sepuluh kaki, berbulu putih, mempunyai ekor yang panjang, dan bertaring. Tidak masalah bentuk badan orang yang dikutuk menjadi Wendigo, ketika berubah orang tersebut akan mempunyai penampilan seperti Wendigo. Hal ini dikarenakan kutukan tersebut dilakukan di hutan kayu Kanada bagian utara. Kekuatan Wendigo hampir bisa disamakan dengan Hulk dan Sasquatch, bahkan sebanding dari segi daya tahan pada rasa sakit dan luka. Bisa dikatakan hampir mustahil untuk dibunuh.

Orang yang dirasuki Wendigo akan turut merasakan efek yang dilakukan terhadap orang lain kepada Wendigo. Daya magis alami Wendigo bisa membuat orang tersebut kekal dan kebal terhadap penuaan serta penyakit. Sekali orang itu menjadi Wendigo maka dia akan tetap menjadi Wendigo seumur hidupnya, kecuali dengan sihir tertentu kutukan tersebut bisa dihilangkan.

Sekilas Sasquatch

Dr. Langkowski seorang ilmuwan yang meneliti tentang radiasi gamma, dia mengikuti karier Bruce Banner selama beberapa tahun dengan antusias. Bertahun-tahun Langkowski membangun dan mendesain mesin yang mampu memancarkan radiasi gamma persis seperti mesin yang mampu menciptkan Hulk. Dia bereksperimen terhadap diri sendiri, hasilnya dia mampu berubah menjadi sesosok makhluk setinggi 10 kaki, berkekuatan super, dan mampu mempertahankan kepribadian dan kecerdasannya dalam sosok itu. Dikarenakan ada campur tangan titik matahari (Cahaya Aurora) dalam proses eksperimennya Langkowski tidak berubah menjadi hijau seperti orang-orang lain yang terpapar sinar gamma. Langkowski menyebutnya sebagai Sasquatch bahasa Kanada untuk makhluk legendaris semacam "Bigfoot" karena kemiripannya dg makhluk tersebut. Berdasarkan aturan hukum penggunaan sinar gamma di Kanada Langkowski melaporkan hasil penemuannya ke pemerintah setempat. Hal ini menarik perhatian James McDonald Hudson seorang yang mempunyai organisasi Tim Manusia Super Kanada yang kuat, dan merupakan juara atau jago dalam bidangnya yng bernama Alpha Flight. Sasquatch masuk ke dalam tim ketiga.

Tinggi: 10'
Mata: Merah
Bobot: 2.000 lbs
Rambut: Oranye
Kekuatan: Sebagai Sasquatch Langkowski mempunyai kekuatan manusia super. Mutasi dalam tubuhnya disebabkan oleh frekuensi tertentu dari sinar gamma yang membuatnya hampir serupa dengan Hulk, tubuhnya menjadi membesar dengan ukuran luar biasa berbobot 1.750 pounds yang terdiri dari susunan tulang dan jaringan tubuh. Sasquatch bisa kembali ke bentuk manusia menurut keinginannya, bobot dan ukurannya kembali ke asal tanpa diketahui sumber yang bisa mengontrol perubahan tersebut.

Awalnya untuk berubah dari manusia ke bentuk makhluk buas/Sasquatch Langkowski membutuhkan meditasi untuk memusatkan pikirannya biasanya melalui mantra atau hipnotis diri yang berirama. Selama meditasi dia bisa terus menerus meningkatkan produksi thyroid gland/kelenjar tiroid dari triiodothyronine (T3) hormon yang menjadi katalis perubahaannya. Peningkatan hormon ini memicu reaksi kimia yang rumit dan menambah perubahan fisik menjadi Sasquatch. Pemusatan pikiran ini susah untuk dicapai, namun setelah berbulan-bulan latihan akhirnya Langkowski sekarang mampu berubah dengan mudah. Perubahannya membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Untuk berubah ke bentuk manusia dia membiarkan kelenjar piluitary bereaksi untuk menekan kelenjar tiroid yang berlebihan.

Perbandingan ukuran DC-10 dengan orang.  Bayangkan Sasquatch mampu 
mengangkat dan melemparkkannya sejauh 1.000 kaki!www.boeing.com

Sasquatch mampu mengangkat/menekan sekitar 70 ton. Sasquatch pernah mengangkat satu DC-10 (25 ton), dan melemparkannya sejauh 1.000 kaki.

Sasquatch mempunyai tingkat kekebalan yang tinggi terhadap luka. batasnya belum diketahui. Sasquatch bisa bertahan terhadap tembakan dari senapan mesin.

Random Figure

Hulk salah satu karakter yg paling banyak melakukan crossover selain Wolverine...Bisa jadi jika kamu pilih salah satu figure Marvel manapun secara acak...Pasti ada sangkut pautnya dengan Hulk...Jadi jangan khawatir jika punya satu figure Marvel (atau DC, bahkan penerbit lainnya misalnya Image) tapi bingung mo disandingkan dengan apa asal ada figure Hulk semua teratasi :D, Hulk banyak teman banyak juga musuhnya....

Gladiator

Contohnya di Marvel Universe seri 15 ada karakter yang gak kenal...Namanya Gladiator, jika saking gak terkenalnya karakter ini sehingga sampai didiskon gila-gilaan...Saya sarankan sih ambil ajah...Asal kamu punya figure Hulk, figure Gladiator bisa kamu sandingkan...

Salut dengan lini Marvel Universe, mereka memproduksi 
karakter-karakter seperti Gladiator...

Ternyata di komik Hulk Annual 1997 Gladiator dan Hulk pernah bertemu dan bertarung...Waw...Punya BAF Sentinel tapi malas koleksi figure X-Men? Pingin irit ambil figure Hulk ajah mereka pernah ketemu di Hulk Annual 1978...Yah kurang lebih begitu....Hulk hampir bisa disandingkan dengan figure komik apapun...:P

2 comments:

  1. musuhny hulk yg sepadan ialah juggernaut, rhino, the thing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, terutama The Thing, action figure buatan Marvel Slecet dari tiga tokoh tsb mantap! Trims infonya ya gan :)

      Delete