Tuesday, August 30, 2011

Serial Televisi Hulk Terbaru!

Untuk dikenang satu karakter perlu tampil berulang-ulang secara teratur dalam jangka waktu yang relatif konstan dan berdekatan.

Sulit dicapai dalam media film kecuali film tersebut benar-benar epik dan bombastis, dan bisa jadi hal ini bersifat personal, tapi kalau melibatkan kumpulan memori banyak orang yaaa...faktor di atas sedikit banyak harus disertakan.

Hulk telah tampil dalam media film dua kali pada 2003 dan 2008, berapa lama lagi ikon ini akan bertahan? Apakah berkesan? Sebelum kesan itu memudar Hulk akan tampil lagi di The Avengers 2012 nanti! Edun dihitung dari 2003 sampai 2012 nanti berarti telah sembilan tahun mereka mempertahankan karakter tokoh ini melalui film!

Tidak sedikit dana yang dikeluarkan oleh Marvel dalam mempertahankan tokoh Hulk untuk tetap eksis...Segala upaya terus diusahakan mulai dari memorabilia berdasarkan komik, film kartun, serial televisi versi live action, sampai wahana bermain.

Komik telah menunaikan tugasnya dengan baik dalam mengenalkan Hulk pada berbagai generasi karena mampu tampil secara teratur dan berkala dalam jangka waktu puluhan tahun. Serupa dengan komik, serial TV bisa melakukan hal tersebut dengan lebih menarik melalui kombinasi audio dan visual.

Sekilas Incredible Hulk 1977-1982

 Lou Ferrigno/Hulk, Bil Bixby/David Banner.
"Don't make me angry. You wouldn't like me when I'm angry" heuheu kata-kata itu masih terngiang padahal nonton serial tv itu baru sekali, di rumah teman, tahun 90-an ketika saluran RCTI hanya bisa ditangkap oleh segelintir rumah orang berada :D...

Serial Hulk tahun 1977-82 yang dilakoni Bill Bixby/Bruce Banner dan Lou Ferrigno/Hulk telah sukses membawa Hulk ke hati para penggemarnya. Generasi 90-an pasti sedikit banyak mengenang serial ini dengan baik. Sosok Hulk yang gak terlalu gede memakai rambut dan tata rias yang aneh, robekan kain, perubahan mata pada Bruce ketika berubah...Mr. McGee...:D dan hal-hal sentimentil lainnya...

Perubahan dilakukan untuk serial TV ini agar terlihat realistik. Adalah Kenneth Johnson yang melakukan perubahan itu, dia merubah nama Bruce Banner menjadi David Banner supaya gak terlalu persis dengan versi komiknya, lagi pula dalam komiknya Bruce dalam pengembaraannya sering gonta-ganti nama, jadi hal tersebut gak terlalu masalah.

Tadinya warna kulit Hulk akan diganti merah untuk serial ini, mengingat warna merah adalah warna yang paling manusawi dibandingkan hijau. Stan Lee kreator Hulk menolak perubahan ini dengan alasan warna hijau pada Hulk telah menjadi ikon.

Karakter pendukung Bruce Banner di komik diganti, dan akan berubah di tiap episodenya. Johnson juga merubah asal-usul Hulk, dari terkena radiasi bom gamma di lapangan terbuka ke radiasi sinar gamma di lab dengan dosis rendah. Profesi Bruce Banner dari ilmuwan nuklir diganti menjadi ilmuwan peneliti di bidang kedokteran. Dalam komiknya Hulk bisa berbicara di serial ini Hulk hanya meraung enggak ngomong sama sekali.

Kekuatan Hulk di serial ini juga dibatasi, di komik Hulk bisa meruntuhkan bangunan dan mengangkat gunung! Di serial ini Hulk hanya bisa mengangkat buldozer dan menjebol tembok saja, bisa terluka, dan terbunuh, namun masih punya healling factor.

Kalau ingat serial ini pasti ingat musiknya yang khas 'kan? Itu lho pas akhir cerita, ketika Banner jadi penumpang jalanan (Hitchiker). Judulnya "The Lonely Man" karya Joe Harnell, lagu ini bisa didengar pula di versi film Incredible Hulk 2008 yang dibintangi oleh Edward Norton.

Perkembangan Serial Terbaru Incredible Hulk ABC

Setelah Disney Mengakuisisi Marvel pada Oktober 2010, terdengar kabar bahwa serial televisi Hulk akan dibuat lagi, setelah mereka merasa kecewa dengan versi layar lebarnya. Masih belum jelas cerita seperti apa, banyak spekulasi yang muncul, apakah mengikuti versi film Incredible Hulk 2008? Atau reboot dari serial televisi klasik yang dibintangi Bixby?

Yang jelas penulis dan sutradara Guillermo del Toro akan menangani serial ini seperti yang dia utarakan ke MTV "We've gone through a lot of iterations with the ABC project and we're very happy where we are right now. We are just waiting for the green light to go to pages." yang artinya..."Kami sudah melalui banyak iterasi/pengulangan dengan proyek ABC dan kami sangat senang dimana kita berada sekarang. Kami hanya menunggu lampu hijau untuk pergi ke halaman/proyek." menurut google terjemahan lho :D

Lalu penampilan Hulk dalam serial ini seperti apa? Apakah sama dengan penampilan Hulk di serial klasiknya yang diperankan oleh binaragawan yang dicat hijau? Tidak seperti dalam dua film Hulk sebelumnya yang memakai teknik CGI secara penuh, kabarnya wujud Hulk dalam serial televisi terbaru ini akan dibuat memakai kombinasi antara prosthetics, puppet, dan CGI...Jadi ingat Wink monster yang dihadapi oleh Hell Boy II: The Golden Army bisa jd penampilan Hulk seperti itu atau pengembangan teknik animatronik yang enggak jadi dipakai di film Hulk 2003 yang disutradai Ang Lee, kini akan dipakai di serial terbaru Hulk ABC.

Wink dalam film Hell Boy II: The Golden Army menggunakan teknik kombinasi 
prosthetics, puppet, dan CGI, akankah penampilan Hulk dalam serial terbarunya 
seperti ini? Keren dan terlihat lebih realistik!
Rumor terbaru mengatakan bahwa Red Hulk akan tampil sebagai musuh besar Hulk di serial ini...Ahaaaay...Hal ini berdasarkan pada kerjasama antara del Toro dengan penulis Jeph Loeb (co-creator Red Hulk/Rulk) lebih dari satu kesempatan.

Lalu pada penjualan komik Red Hulk yang laris selama beberapa tahun terakhir dan para eksekutif selalu melihat pada tingkat penjualan! Tapi apakah pihak saluran ABC mau menyetujui storyline ini?

Rencananya serial ini akan di rilis setelah film Avengers 2012 yang menampilkan Hulk yang diperankan oleh Mark Ruffalo. Dikabarkan serial ini akan mengambil storyline berdasarkan komik dan tidak terhubung langsung dengan film-film Hulk yang telah dibuat. Edun! Mepet banget waktunya, cast-nya ajah masih belum jelas!

Betty Ross akan mendapatkan porsi peran yang sama besar dengan Banner di seri ini, akan ada drama percintaan di antara mereka. Walaupun penayangannya setelah film The Avengers 2012, setting ceritanya jauh sebelum The Avengers 2012.

Untuk sementara selain untuk film Avengers Mark Ruffalo dikabarkan akan memerankan Bruce Banner untuk serial televisi ini...Karena do'i lebih banyak main di televisi dibandingkan main di film layar lebar. Itu pula yg menjadikan alasan kenapa Edward Norton diganti oleh Mark Ruffalo...

Yah sementara begitu deh kabar tentang serial hulk terbaru yang akan ditayangkan oleh saluran ABC...Mudah2an stasiun TV kita bisa melihat peluang ini, gak perlu khawatir....Karena Hulk sama ikoniknya dengan Superman! Tiap generasi pasti ada yang kenal Hulk, baik anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua...

Seperti kata Stan Lee kreator Hulk: "I Think the potential for a succesful Hulk TV show is greater now than ever, for one thing, think of the sensational special effect available to us now, plus the fact that ol' green skin is known and loved world-wide. Factor in a cameo by me how can it miss?". Wow Abah Lee...Komentarmu merangkum apa yang telah ditulis di blog ini kereeeeen, excelsior!

Hulk selalu dipelihara dengan dengan baik sebagai investasi terbesar! Apalagi sekarang Hulk punya Disney dan Marvel sebagai "orang tuanya" pasti ditangani dengan super!

Action Figure Hulk Berdasarkan Serial TV tahun 70-an

The Incredible Hulk: Classic Hulk 2008 by Hasbro, jika kalian membeli 
figure Hulk hanya sebagai pelengkap, klo bisa jangan pilih Hulk ini! 

Masih banyak figure Hulk yang baik wujudnya, modern, dan 
berartikulasi lebih oke dari figure ini...

Kecuali kepepet :P 
Memang jauh wujudnya dengan versi serial TV 70-an, tapi nuansa 
dan cita rasanya masih terasa melalui potongan rambutnya *halah*

Kalau dilihat dari tahun "lahirnya" action figure dan serial TV Incredible Hulk tahun 70-an maka kemungkinannya action figure yang dapat mewakili era serial TV tersebut adalah Stretch Incredible Hulk keluaran Mego 1979...Dikeluarkan oleh produsennya terpisah dari karakter-karakter lain, hal ini disebabkan oleh popularitas serial Incredible Hulk yang dibintangi oleh Bixby dan Ferrigno, bahkan warna kemasannya pun dibuat berbeda dari yang lain. Sementara warna kemasan Elastic Super Hero lainnya putih, kemasan Hulk berwarna merah.

Akan tetapi bisakah figure elastis tersebut masuk ke dalam katagori action figure? Jika artikulasi sebagai salah satu syaratnya maka kita beralih ke figure Hulk dari seri Pocket Super Heroes produksi Mego 1979...Kalau lihat tampilan figure tersebut jauh sekali perbedaannya dengan sosok Hulk yg diperankan oleh Ferrigno. Akan tetapi kita bisa memakluminya bukan?

Pada 80-an masih saru dan baur apakah action figure itu berdasarkan komik, serial live action di televisi, atau kartun? Desainnya seperti mengambil wujud tersendiri, Hulk sebagai mainan ya seperti begitu.

Maju lagi ke tahun 1990 Toy Biz mengeluarkan Incredible Hulk Crushing Arm Action...Kalau dilihat dari potongan rambutnya mirip potongan rambut pada seri TV nya :D lumayanlah agak mendekati heuheu...

Maju lagi ke tahun 2008 Hasbro mengeluarkan seri Flinging Boulder "Smashes" two pieces! The Incredible Hulk: Classic Hulk...Reinkarnasi dari mainan sebelumnya Incredible Hulk Crusing Arm Action dengan potongan rambut yang hampir sama :D

Dalam komiknya Hulk berkomentar tentang action figurenya yang 
dibuat oleh produsen mainan. 

Dan memang Toy Biz dan Hasbro memproduksi action figure Hulk 
dengan aksesori batu, sementara karakter Marvel lainnya mempunyai 
aksesori yang keren misalnya tameng, senjata, dan rocket launcher. 

Bahkan Marvel Select pun menyertakan aksesori Hulk berupa card 
board saja! Bandingkan Iron Man, Phoenix, Punisher, dan Emma Frost...
Diorama coy! Hulk? 

Card Board sebagai latar belakang gak penting gitu deh...Tp mmg 
menang di ukurannya sih...

Hulk dibikin lebih gede dari pada karakter Marvel lainnya, tapi tetap 
ajah kopong dengan sendi terbatas huh!
Entahlah mungkin secara tidak langsung figure-figure tersebut merupakan perwakilan dari serial TV di tahun 70-an, walaupun pada seri yang disebutkan terakhir memakai label "As Seen In The Video Game!" namun bagi sedikit orang kalau lihat figure tersebut bisa mengingatkan pada sosok Hulk di serial TV yang dibintangi oleh Bill Bixby.

Apakah untuk serial TV Incredible Hulk terbaru nanti akan ada versi action figure-nya?

Semoga saja ada, dan jika jadi diperankan oleh Mark Ruffalo...Pasti enggak jauh dikeluarkannya pada lini Marvel Universe 3,75" dan semogaaaa wujudnya beda dengan versi Hulk di film Avengers 2012 nanti, karena konsep desain Hulk di film tersebut dan serial TV beda jadi pliiiisss...

Versi mainannya juga dibedakan dong Bro! Dan yg paling penting serialnya masuk stasiun TV Indonesia dan mainannya kalau ada masuk retail di sini juga...:D

Alert 310112!

Pemeran Bruce Banner di Serial TV

Seperti yang kita tahu Marvel sedang bekerjasama dengan Guillermo del Toro dan ABC untuk menyajikan kepada pemirsa serial televisi baru berdasarkan tokoh The Incredible Hulk. Akhir-akhir ini Kepala Marvel TV Jeph Loeb tampil di acara Comic Con di New York membicarakan tentang acara televisi Hulk dan gambaran bagaimana kita akan melihat serial tersebut. Tampaknya seperti film-film bioskop Dunia Marvel yang telah dibuat akan terhubung dengan Dunia Marvel di televisi yang saat ini sedang dikembangkan.

Ketika Loeb berbicara tentang Hulk dia mengatakan bahwa Hulk yang kita lihat di trailer film Avengers akhir-akhir (25/1) ini merupakan tampilan awal Hulk untuk serial televisi. Marvel pada dasarnya memotong dana sebisanya dan masih bisa memberikan penggemar kualitas pertunjukan yang bagus. Hal ini memang sering Marvel lakukan. Kata Loeb "Marvel akan terus mendorong teknologi sampai batas akhir".

Sayangnya hal itu berarti segala macam teknologi CGI dan desain karakter Hulk yang telah dipakai dalam film bioskop akan dipakai lagi untuk versi serial televisinya. Jadi pada dasarnya Marvel hanya mendaur ulang desain Hulk, masih tetap bagus, setidaknya dari segi produksi pasti akan mengagumkan.

Dengan menggunakan kembali desain Hulk sebelumnya bukan berarti aktor Mark Ruffalo akan berperan di serial televisi Hulk, dia tidak akan berperan pada serial tersebut. Loeb membeberkan fakta bahwa serial televisi Hulk memang berbeda. Serial ini akan lebih fokus kepada hubungan antara Betty Ross dengan Bruce Banner pada saat awal-awal kemunculan Hulk, sebelum Hulk menjadi yang dikenal oleh dunia. Jadi dengan demikian pada dasarnya Marvel mencari aktor yang lebih muda untuk memerankan Bruce Banner.

Menurut Kevin Fiege serial televisi Hulk kemungkinan bisa saja berkaitan antara dunia Marvel versi bioskop dengan serial televisinya.

Film-film Marvel yang saat ini sedang dikembangkan adalah A.K.A Jessica Jones (yang melibatkan Jones, Carol Danvers, dan Luke Cage) dan Cloak and Dagger.

 Alert 250620! 

Sementara serial Jessica Jones, Luke Cage, dan Cloak and Dagger telah tayang secara streaming di Netflix, ternyata setelah dinanti-nanti serial Hulk versi televisi di saluran ABC enggak jadi.

Dan yang akan muncul serialnya malah She-Hulk di Disney+. Rencana ini telah diumumkan Disney pada Agustus 2019 lalu oleh Marvel.

Dana Schwartz.
Tapi Hulk akan tetap tampil entah sebagai cameo atau bintang tamu di serial tersebut, itu harus dan menjadi keniscayaan karena She-Hulk tak akan ada tanpa keberadaan sepupunya yaitu Bruce Banner (The Incredible Hulk).

Seri tersebut akan ditayangkan secara streaming di saluran Disney+ bersama seri-seri Marvel lainnya seperti WandaVision, Loki, The Falcon and the Winter Soldier, Agent Carter, dan lain-lain.

Secara resmi Kevin Feige mengumumkan bahwa She-Hulk akan masuk ke MCU (Marvel Cinematic Universe) bersama Hulk yang diperankan oleh Mark Ruffalo.

Alison Brie.
Saat ini serial She-Hulk baru di tahap produksi, mulai syuting di Atlanta pada Agustus 2020, skenario oleh Dana Schwartz, sementara pemeran Jennifer Walters alias She-Hulk kemungkinan besar akan diperankan oleh Alison Brie. Jika sesuai rencana She-Hulk akan mulai tayang pada tahun 2022.

Belum jelas serial ini berdasarkan komik yang mana apakah diambil dari komik The Savage She Hulk atau The Sensational She Hulk, atau kombinasi dari keduanya. She-Hulk merupakan tokoh komik kreasi dari Stan Lee dan John Buscema pada 1980.

Dalam kurun waktu tersebut She-Hulk telah mengalami berbagai perubahan dalam hal karakter atau pun dari segi fisiknya, baik sebagai Jennifer Walter atau sebagai She-Hulk, dia pernah beringas dan tempramen, tapi di lain waktu dia berubah menjadi tokoh yang menyenangkan, pemberani, dan humoris. Kita tunggu saja!

No comments:

Post a Comment