Tuesday, June 7, 2011

Hulk 1978, 2003, dan 2008

Warna

1978-Hijau muda
2003-Hijau muda terang
2008-Hijau tua gelap

Kiri: Incredible Hulk 1978 diperankan oleh Lou Ferrigno, tengah: Hulk 2003, sutradara Ang Lee, 
kanan: Hulk 2008.

Cocok-cocokan sih, nuansa warna masing2 Hulk sesuai. Warna kulit Hulk 2003 cenderung ngeblok, seperti Hulk 1978, gak ada tingkatan saturasi warna pada badannya. Corak warna hijau yang beragam pada Hulk 2008 bisa menggambarkan hasil reaksi kimia antara jaringan tubuh Bruce Banner dengan radiasi Sinar Gamma yang gak stabil, ada unsur hitam dalam warna Hulk 2008 yang membuat warnanya menjadi lebih matang dan realistis. Dalam film The Incredible Hulk (TIH) 2008 perubahan Bruce Banner ke Hulk sangat drastis, begitu terpapar Sinar Gamma langsung berubah, warna hijau gelap cocok untuk menggambarkan jaringan tubuh yang terkontaminansi Sinar Gamma yang belum stabil. Tidak dijelaskan secara visual dan runtun bagaimana asal mula proses transformasi Banner ke Hulk di film Hulk 2008 tsb.

Sedangkan di film 2003 proses transformasinya dijelaskan secara detail dari awal film (opening title sequence) sampai pada menit-menit di mana Banner menyelamatkan Harper (rekan kerjanya) dari pancaran Sinar Gamma mematikan yang nantinya menjadi faktor pemicu perubahan Banner menjadi The Hulk pada menit ke 40 dari total durasi film tsb! Ditambah faktor psikologis yang dialami oleh Banner semasa kecil menambah cita rasa emosi yang ingin ditampilkan Ang Lee pada film Hulk 2003. Gila tiap sequence benar-benar disajikan dengan matang! Sampai saat ini masih gak ngerti kenapa film Hulk ini dibilang jelek, gustiiii!!!

Proses perubahan yang lama itu yg membuat warna Hulk di film 2003 terlihat ngeblok (stabil). Tidak memuat berbagai macam corak warna hijau seperti warna Hulk di film TIH yang kesannya masih dalam proses.

Kiri: Figure Hulk 2003 (13" Poseable Raging Hulk 2003), kanan: Figure Hulk 2008 (Smashin 
Stomphin Hulk Electronic Figures) . Sudah nonton film Hulk 2003 dan 2008? Kedua Hulk itu 
salah satunya dibedakan oleh intensitas warna hijau. Hulk 2003 intensitashijaunya lebih 
muda dan terang, pokoknya ngejreng deh...Nah yang Hulk 2008 hijaunya lebih gelap...
Tapi dalam versi mainan 12" nya warna hijau keduanya terbalik...Mainan Hulk 12" 2008 
warnanya lebih muda dan terang dibandingkan dg Hulk 12" 2003...:D

Hulk 2008 dan Hulk 1978 masih satu konsep yang sedikit banyak telah diadaptasi untuk seri TV dari versi komiknya. Bahkan tadinya warna kulit Hulk yang akan dipakai di serial TV ini adalah merah, karena merah merupakan simbol dari kemarahan, dan yang paling masuk akal. Rona merah akan terlihat pada wajah orang ketika sedang marah, tetapi setelah dikonfirmasi kepada Stan Lee hal tersebut tidak bisa dirubah, karena hijau telah menjadi warna ikonik Hulk.

Tinggi

1978-6,5 feet (1,9m)
2003-15 feet (4,5m)
2008- 9 feet (2,7m)

Perhitungan berdasarkan converter ukuran berikut ini.

Di serial TV dan film 2008 tinggi dan kekuatan Hulk terlihat stabil, sedangkan di film 2003, semakin Hulk marah, kekuatan, dan ukurannya semakin bertambah, begitu juga pada versi komiknya. Film TIH 2008 merupakan hasil adaptasi dari serial TV The Incredible Hulk 1978 dan komik. IMHO tinggi Hulk di film 2008 sangat ideal karena bisa menjembatani antara ukuran realistis yang bisa dicapai oleh aktor (manusia) di serial TV dengan ukuran komik yang diwakili oleh film Hulk 2003.

Atas: Arnold, tengah: Kiel, bawah: Ferrigno
Source: Kiel Ferrigno Arnold

Sebenarnya sebelum Lou Ferrigno, Richard Dawson Kiel (Jaws, musuh James Bond di Moonraker) pernah dicasting untuk memerankan Hulk serial TV, Kiel mempunyai tinggi 7,2 feet (2,1 meter)! Cuma beda 50 cm dengan Hulk versi CGI di film Hulk 2008! Mantab gak? Sebelum Keil pilihan jatuh kepada Arnold Schwarzenegger (anjrooot! Pake gugling dulu buat ngetik kepanjangannya, sial kau Arnooooold!) tetapi Arnold gak lulus dalam hal tinggi badan, do'i mempunyai tinggi 6,2 feet (1,8 m). Padahal beda dikit dengan Lou Ferrigno!

Dialog dan Tingkat Intelegensia

1978-Meraung
2003-Meraung, bicara (Puny human)
2008-Meraung, bicara (Hulk smash, Betty)

Komik seperti bible bagi para fans Hulk, namun apabila berganti media tentunya ada penyesuaian di sana-sini. Di komik tingkat intelegensia Hulk bervariasi dari barbar dan brutal, sampai cerdas dan berakal yang diceritakan selama kurang lebih 49 tahun! Bagaimana mungkin menceritakan hal tersebut dalam durasi 120 menit kurang?

Film menjangkau bermacam-macam generasi, tiap generasi mengenal Hulk berbeda-beda, umumnya creator me-reboot asal-usul Hulk secara bertahap disesuaikan dengan tiap generasi melalui berbagai media seperti film, komik, dan aksesori.

Hulk dikenal oleh tiap generasi sebagai makhluk hijau besar pemarah dan mempunyai tingkat intelegansia rendah yang ditandai dengan ketidakmampuannya dalam berbicara. Hulk hanya bisa meraung untuk mengekspresikan kemarahannya.

Dalam komik Hulk berevolusi, mulai dari sekadar meraung sampai bisa berbicara fasih. Film TIH sekali lagi bisa menjadi benang merah antara Hulk versi komik dan serial TV, di film tsb Hulk bisa berbicara dalam mengekspresikan kemarahannya melalui kalimat "Hulk Smash!" atau "Betty" dalam mengungkapkan rasa sayangnya terhadap kekasihnya, Hulk bisa merobek besi menara sebagai tameng atau menggunakan mobil sebagai alat bertarung dengan Abomination itu bisa jadi indikator tingkat intelegensianya bertambah kaaaaan?

Helikopter RAH-66 Comanches termasuk jenis heli yang cukup canggih, 
Hulk yang mempunyai tingkat intelegensia rendah mampu menjatuhkan heli ini dengan 
kekuatannya, Ang Lee kau benar-benar jeroooo pisan memaknai setiap sequence 
dari film yang dikau buat...

Di film 2003 juga ada sih, ingat adegan Hulk dikejar US army di gurun memakai Helikopter RAH-66 Comanches? Setelah misil dari heli tersebut diluncurkan Hulk menangkap dan mencabut hulu ledaknya memakai gigi dan memuntahkannya dengan tepat ke arah helikopter tsb sehingga meledak! Yaaah itu juga bisa jadi indikator tingkat intelegensia Hulk atau sekadar naluri dan insting bertarung saja? 

Kekuatan

1978- Tidak terlalu kuat
2003- Semakin marah semakin kuat
2008- Kuat sekali

Di serial TV Hulk tidak terlalu kuat, dia hanya bisa mengangkat satu buldoser, sedangkan di kedua filmnya...Sok ajah lihat rea pisan yang menunjukan betapaaaaaaa kuatnya Hulk! Bahkan di film TIH 2008 Emil Blonsky curhat pada Jenderal Ross betapa kuatnya Hulk sampai bisa melemparkan Forklift ke arahnya dengan enteng. 

Alterego 

1978-David Banner
2003-Bruce Banner
2008-Bruce Banner

Nama David Banner pada serial Incredible Hulk 1978 merupakan bagian dari adaptasi dari versi komik, dalam komiknya Banner sering mengganti namanya sebagai bentuk penyamaran dari orang2 yang memburunya. Sedangkan di film 2003 David Banner adalah ayah dari Bruce Banner yang secara mengejutkan menjadi musuhnya dengan berubah menjadi Absorbing Man! Lagi-lagi bentuk adaptasi yang TOWEEEEW! Out of the box! Yang bisa merubah alur dunia Marvel secara radikal! Seperti halnya nama Abomination yang terdengar konyol dalam bahasa Inggris, Absorbing Man pun dalam film Hulk 2003 tidak secara langsung disebutkan namanya sebagai Absorbing Man, namun kita bisa melihat melalui kemampuannya yang sama persis dengan Absorbing Man versi komik. :P

Kiri: Absorbing Man versi film Hulk 2003, kanan: Absorbing Man versi komik.  
Dalam versi komiknya Absorbing Man adalah petinju sekaligus penjahat bernama 
Carl "Crusher" Creel yang meminum cairan langka dari salah satu dewa Asgard 
yaitu Loki, sehingga dia bisa memperoleh kekuatan menyerap (absorb) benda 
di sekitarnya. Awalnya Absorbing Man adalah musuh Thor, tetapi pada tahun-
tahun berikutnya do'i sering muncul di komik Incredible Hulk sebagai lawan 
Hulk yang cukup tangguh, isterinya Titania adalah musuh She-Hulk, benar2 
kompak nih suami isteri! Sedangkan di film Hulk 2003 Absorbing Man muncul 
sebagai ayah Hulk.

Aksi Heroik

1978-Banyak, mungkin tiap episode :D, umumnya menyelamatkan orang dari kesulitan dg memakai alteregonya sebagai Hulk.
2003-Menyelamatkan Betty dari anjing yang telah terkontaminasi radiasi Gamma, menyelamatkan Harper rekan kerjanya, dan pengguna jalan di jembatan dari pesawat jet, dll.
2008-Menyelamatkan cewek di pabrik dari gangguan gerombolan cowok dan menyelamatkan orang-orang dari amukan Abomination.

Kemampuan

1978: Kuat
2003: Self healing, bertambah besar dan kuat, sonic stomp mampu melompat sejauh 10 mil
2008: Kuat, mampu menggunakan alat, thundreclap, berbicara.

Bwueeeehhh....Segitu dulu ya...Sebenarnya masih ada lagi point-point yang menarik untuk dibahas, misalnya jenis dan warna celana yang dipakai Hulk *Halaaaah*, trims ya dah baca, klo punya hal yg menarik ttg film Hulk, yuuuks bagi-bagi hyuuuuuks...:)

 Quotes favoritku di film Hulk 2003. Gue bangeeeet! :D. Klo Basa Sunda na mah 
"Pek tah lebok ku maneh mun bisa mah, taaaaaaaah!"

No comments:

Post a Comment