Friday, June 10, 2011

Praproduksi Film Hulk 2003

www.robotliving.com
Hulk 2003. Karakter Hulk ini dibuat 
dengan teknik CGI.
Holikreeep!!! Baru tahu kalau film Hulk 2003 tadinya akan memakai efek animatronik bukan versi CGI* (Computer Generarted Imagery) yang telah kita lihat!

Jika jadi memakai teknik animatronik tsb, mungkin gak sih adegan pertempuran di gurun, aksi kejar2an, dan adegan melompat bisa dilakukan dengan teknik animatronik?

Yang paling mendasar adalah efek transformasi dari Bruce Banner ke bentuk Hulk! Bisakah dilakukan dg teknik animatronik?

Teknik CGI lebih murah dibandingkan dengan teknik animatronik, selain itu gerakan ekspresi Hulk lebih terlihat realistik ceunah! 

Tadinya teknik animatronik akan dipakai untuk special effect dalam film Hulk 
2003 yang akan ditangani oleh master special effect animatronic Steve
Johnson, persiapan ini telah dilakukannya dari tahun 1998.
MO justru dengan memakai teknik animatronik ekspresinya jadi lebih realistik karena memakai properti sungguhan, bukan hasil perhitungan komputer. 

Selain itu dengan teknik animatronik pengambilan gambar bisa dilakukan secara real time di depan kamera langsung dengan perbandingan 1:1.

Aktor bisa berinteraksi langsung dengan karakter animatronik tsb di lokasi syuting.

Hulk versi animatronik. Gambar
lainnya bisa dilihat sini
Teknik CGI mampu memberikan Ang Lee kebebasan untuk terlibat langsung dalam mengontrol film yang dia garap, termasuk karakter Hulk. Bahkan Hulk diperankan oleh Ang Lee sendiri, dengan memakai setelan motion capture untuk merekam gerakannya, dia memerankan Hulk dari adegan perkelahian sampai adegan romantis antara Hulk dan Betty Ross.

Sedangkan dengan teknik animatronik Ang Lee hanya bisa mengarahkan (direct) untuk mengontrol karakter Hulk, kendali kontrol sepenuhnya ada pada puppeteer.

Gak tahu mana yang lebih baik, kita dah mengetahui hasil yang telah dicapai dg teknik CGI dalam film Hulk 2003. IMHO sih cukup memuaskan, dan terlihat realistis, Hulk dalam film ini benar2 bisa berakting, ini semua berkat Ang Lee. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Jadi penasaran klo film Hulk 2003 dibikin dengan teknik animatronik jadi seperti apa ya? Kini para fans berharap teknik animatronik ini bisa dipakai pada rencana pembuatan serial TV Hulk di saluran ABC mendatang.

Alert 23/06/12

Ini gambar terbaru yang bisa didapatkan dari internet mungkin sudah lama tapi setidaknya bisa menggambarkan proporsi Hulk versi animatronik.

Animatronik dan Prosthetics Dalam Kedokteran

Prosthetics/prostetik dan animatronik merupakan disiplin ilmu yang berbeda sejak lama. Dalam pencapaiannya protestik lebih mengutamakan segi estetika untuk orang yang kehilangan anggota tubuh agar terlihat seperti normal, sementara animatronik lebih banyak dipakai untuk keperluan industri hiburan. Akan tetapi kelebihan dari masing-masing bidang menghasilkan perkawinan yang gak pernah dilihat sebelumnya pada beberapa dekade lalu.

Di latar belakangi oleh kemajuan militer AS, para veteran perang yang pulang dari Irak dan Afganistan dalam jumlah yang besar. Para veteran yang diamputasi juga banyak, Para veteran muda yang masih mempunyai masa depan panjang pada umumnya ingin mendapatkan kembali kemiripan untuk terlihat normal dan kegunaan dari anggota tubuhnya yang hilang akibat perang.

Awalnya, para veteran yang pulang dari Perang Dunia II, Korea, dan Vietnam hanya disediakan prostetik sebagai sekadar kosmetik saja. Contohnya kaki palsu, cukup untuk menyembunyikan kaki yang diamputasi selama dia masih memakai celana panjang. Akan tetapi prostetik model lama jarang ada yang bisa mengembalikan fungsi anggota tubuh sebelumnya.

Prosthetic silikon. Sumber: fpcfoot.en.alibaba.com
Seiring dengan perkembangan teknologi,  para desainer dan seniman animatronik semakin dimudahkan dalam hal membuat simulasi anggota tubuh yang hilang dalam bentuk robot. Teknologi yang sama juga dikenalkan dalam bidang Prostetik dan hasilnya memuaskan.

Gak diperlukan waktu yang lama untuk mengenalkan tangan buatan/artifisial yang jarinya bisa bergerak. Walaupun pergerakannya gak mulus, tapi angota tubuh teramputasi yang telah diganti oleh prostetik animatronik mampu menggenggam dan mengangkat gelas.

Saat ini, fungsi tubuh bisa dikembalikan melalui prostetik bisa menjadi kenyataan. Di mana para insinyur mesin telah menemukan cara untuk mengendalikan melalui komputer, para desiner prostetik mempunyai pikiran yang sama terhadap produknya. Mereka kini mempunyai   anggota tubuh yang mempunyai perangkat elektronik dan mikropresesor yang dapat menggerakan jari, otot, sendi, dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh seorang Veteran Irak kehilangan tangannya dan digantikan dengan tangan prostetik. Sensor yang ada dilengannya dapat mendeteksi gerakan elektrik/listrik dari ototnya dan mengirim signal itu ke prostetik. Setelah melalui latihan, dan terapi fisik, orang itu bisa menggunakan komputer, mengancingkan baju dan mengambil gelas kopi. Bahkan sensor di tangannya dapat mengukur berat suatu benda yang diangkat dan menyesuaikan genggaman berdasarkan ukuran tsb.

Lengan Prosthetics. Sumber: www.robotliving.com
Perangkat prostetik animatronik yang baru sangat mahal, khususnya untuk pasien yang menginginkan penampilan semiripmungkin dengan aslinya. Penggunaan silikon hampir bisa mengantikan anggota tubuh yang hilang hampir sempurna. Akan tetapi sejak pihak asuransi menolak untuk melakukan penggantian penggunaan silikon (kosmetik) yang mahal, maka sisi fungsi lebih diutamakan.

Langkah berikutnya bagi para ilmuwan adalah penggunaan berdasarkan neurotechnology. Mereka ingin mengembangkan kendali prostetik tersambung dengan sistem saraf pusat atau otak, dalam rangka mengontrol anggota tubuh buatan hanya dengan menggunakan pikiran, sama dengan cara kerja alami. Teknologi tersebut mungkin bisa dicapai dalam waktu yang sama,akan tetapi masih ada keraguan apakah kita bisa mencapai hal tersebut?  Disarikan dari http://www.articleslash.com

*Menciptakan Hulk dalam CGI adalah salah satu tugas yang paling rumit di Industrial Light & Magic yang pernah dilakukan pada waktu itu.

Model komputer yang digunakan harus bisa memuat 12.996 peta tekstur, 1165 gerakan otot, dan 100 lapisan kulit.

Butuh pekerjaan dan usaha gabungan dari sekitar 180 teknisi ILM (69 seniman teknis, 41 animator, 35 compositors, animator otot, 10 tindakan, 9 CG modellers, 8 supervisor, 6 teknisi bagian kulit dan 5 orang teknisi untuk menangani gerakan-capture), lebih dari 2,5 juta jam dan satu setengah tahun baginya untuk secara efektif dibuat dan digambarkan dalam film.

Dengan semua pekerjaan itu, beberapa masyarakat mengeluh bahwa Hulk tampak terlalu palsu, membandingkan dia dengan Shrek (2001)-Sumber: IMDb.com

No comments:

Post a Comment