Sunday, October 6, 2013

Harga Hot Wheels Naik!

The Price Is Right

Kenaikan harga Hot Wheels kemasan blister di Bandung benar-benar ambigu, di sisi lain "konsumen" pasti "bleeeh" tentang kenaikan ini, mereka 'kan ingin segala sesuatunya murah dan berkualitas.

Sementara para kolektor senang karena nilai jual Hot Wheels (HW) nya dari tahun ke tahun meningkat.

Sekitar awal 2000 harga HW gak lebih dari Rp 20.000, seiring dengan melemahnya rupiah terhadap dolar AS lambat laun harga HW mulai merangkak naik sampai pada 2013 mencapai Rp 22.900/unit.

Rp 22.900 adalah harga HW di gantungan standar retail gede dan kecil mulai dari Indomaret, Griya, Hypermart, dan Carrefour. Sebenarnya dari Agustus 2013 kabar ini dah beredar.

Lepas dari polemik di bea cukai pajak, agak lega bahwa barang import ini memang resmi memakai jalur distribusi resmi, bagaimana pun mekanismenya yang penting konsumen bisa mendapatkan harga yang "pantas".

Up Up Away

Namanya juga barang import tetap saja terhitung mahal, di AS sana harga retail 1 unit HW kurang lebih 0,97 dolar AS (sekitar Rp 11.200), di Bandung, Jawa Barat dijual dengan harga Rp 22.900, jadi nilai "aman" dari 1 unit HW di Bandung gopek saja tapi dikali ribuan HW yang beredar di Indonesia ya lumayanlah yaaa...Edun 'kan?

Bahkan setelah didiskon 30% pun dari Rp 22.900 manjadi Rp 13.740 masih ada diambang aman 'kan? Bagaimana dengan harga promosi beli 2 gratis 1 yang sedang ditawarkan Griya saat ini?

Harga HW di Griya saat ini naik dari 22.900 jadi Rp 24.900 namun Griya menawarkan promosi beli 2 gratis 1, mari kita hitung 2 x Rp 24.900/3= Rp 16.600, yup, dengan kata lain mereka menjual setiap unitnya Rp 16.600, dengan cara promosi tersebut mereka lebih untung daripada melakukan potongan harga 30% untuk setiap unitnya.

Masalahnya gak setiap konsumen mau beli HW sekali 2 dengan berbagai alasan bayangkan jika ada 3 item yang tersisa dan hanya 1 yang diinginkan maka sisanya bisa jadi "sampah". Kurang suka dengan program "sistem dikte" ini.

Sebagai konsumen lebih pilih fasilitas diskon 30%, murah dan dapat barang yang diinginkan dengan jumlah berapa pun sesuai keinginan konsumen. Entah sampai kapan promosi ini berlangsung yang jelas buruan borong mumpung terhitung murah, jika ingin mendapatkan HW dengan harga standar Rp 23.000 coba tengok gantungan Indomaret kalau gak salah harga HW di Indomaret sampai saat ini belum naik. Happy hunting!

Sudut atas kiri: HW City: Rodzilla, sudut bawah kanan: HW Off-Road: Datsun 620.


Alert 08/10/13!

Kabar baik! Ternyata Indomaret memberikan promosi beli 2 dapat 1 juga dengan harga 1 item Rp 22.900 lebih murah daripada harga HW di Griya yang mencapai Rp 24.900!

Entah dari kapan promosi beli 2 dapat 1 di Indomaret ini berlangsung yang jelas menurut penjaganya promosi ini berakhir sampai 15 Oktober 2013, beruntung tadi dapat HW Off-Road: Datsun 2 item, bingung pilih 1 item sebagai bonus antara HW City: Delorean DMC-12 atau item HW gokil, aneh, dan nyentrik….RODZILLA!!!

Akhirnya yang diambil sebagai bonus HW City: Rodzilla. Lumayan unik, Rodzilla pertama kali dirilis pada 1988 dalam seri "1988 Hot Wheels" warna ungu! Dalam penampilannya dari tahun ke tahun Rodzilla gak mengalami begitu banyak perubahan paling cuma warnanya saja yang ganti antara hijau, chrome, ungu, dan merah…No tampo atau decal…*sigh*

Betewew, agak jarang bahkan baru sekarang lihat Rodzilla di gantungan pada 2013 ini, ya mungkin ke depannya bisa tampil lebih sering, semoga saja. Happy hunting!

Alert 12/10/13!
Hari gini masih dapat Flinstones?

Di Superindo juga ada promosi beli 2 gratis 1, namun harga 1 itemnya sejauh ini paling tinggi yaitu Rp 25.890! Ckckck...Entahlah sejak dan akan berakhir kapan.

Tapi barang yang didapat lumayan oke yaitu HW Imagination: The Flintstones Flintmobile dan U.S.S. Enterprise NCC-1701 bonusnya HW Stunt: Cool-One. Kondisi blisternya kurang baik ada tekukan di sana-sini, bahkan blister Flintmobile dah terbuka sedikit. 

6 comments:

  1. mau tanya gan. . .itu gambar kaya power ranger tu maksudnya apa yak. . .maklum baru mau main HW. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung, semoga penjelasan berikut ini bisa membantu.

      ke-4 orang yang memakai helm di atas logotype Hot Wheels disebut "Team Hot Wheels".

      "Team Hot Wheels" adalah julukan untuk 4 stunt driver yang melakukan aksi balapan di arena sesungguhnya dalam acara "Hot Wheels For Real".

      Nama mereka berdasarkan warna ada Red Driver, Green Driver, Yellow Driver, dan Blue Driver.

      Pada 2013 logogram "Team Hot Wheels" dipakai untuk membedakan desain kemasan Hot Wheels Asia dan Amerika.

      Pada desain kemasan Hot Wheels Asia hanya terdapat logotype Hot Wheels saja, sedangkan desain kemasan Hot Wheels Amerika di atas logotype Hot Wheels disertai logogram Team Hot Wheels.

      Pada 2014 desain kemasan Hotwheels untuk Asia dan Amerika sejauh ini sama keduanya menyertakan logotype Hot Wheels dan logogram Team Hot Wheels.

      Delete
  2. di domar daerah ponorogo naik om

    jadi 24.900 :(

    udah naikkah didaerah rumah panjenengan om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga Hotwheels di Indomaret Bandung masih Rp 22.900, sedangkan di toko lain seperti Griya dah naik menjadi 24.900, di Superindo Rp 25.890, sementara di Borma masih ada yg jual HW Rp 22.500, pokoknya setiap tempat harganya beda-beda. Tapi yg jelas harga HW di beberapa toko sudah naik :(

      Delete
  3. Replies
    1. HW itu singkatan dari Hot Wheels, salah satu merek mainan mobil-mobilan dari logam dan plastik dengan aneka macam ukuran. Merek lainnya ada Matchbox biasa disingkat MBX, Majorette, Maisto, dan lain-lain.

      Delete