Saturday, September 21, 2013

Diecast Jeep Murah



Jeep produksi HT.
Setelah menemukan diecast Jeep gurem 1:64 buatan Feisu Cina jadi penasaran bongkar-bongkar kumpulan diecast gurem di kamar, kira-kira masih ada 'gak ya diecast Jeep gurem lainnya?

Ternyata ketemu 2 unit Jeep lagi. Keduanya produksi Cina, satu "Jeep" jenis off-road yang disertai karavan dengan nama HT: OUTDOOR DIE-CAST MATEL SERIES-ACTINO CITY dan Jeep off-road Die-Cast CRUISER: POLICE 24 hours EMERGENCY ACTION, produksi JIN DE LE DIE CAST.

Jeep produksi: Jin De Le Die Cast.
Lumayanlah bisa jadi obat kangen sama '46 Jeep Willys merah idaman yang dulu benar-benar dipandang sebelah mata karena terlalu menganggapnya murahan dibandingkan dengan Hot Wheels buruan.

Alert!

'46 Jeep Willys CJ2A idaman.
Alhamdulillah, baru saja curhat tentang Jeep merah pujaan yang ujug-ujug menghilang dari peredaran kemarin, sekarang ketemu di Indomaret Kopo Sayati.

"Hanjakal" kondisi kemasannya rusak, banyak tekukan dan lipatan di sana-sini, blister penyok tapi keadaan diecast di dalamnya lumayan aman.

Jeep Murahan

Ternyata harganya Rp 14.900, iseng-iseng tanya ke teteh penjaga Indomaretnya apakah bisa dapat potongan harga mengingat kondisi kemasannya sudah rusak? Lalu dia jawab "gak bisa, enggak lagi diskon, nanti juga dibuka 'kan?" sambil senyum ramah...Sudah segitu saja gak ada kelanjutannya lagi, mending lanjut ke bahasan Jeep murahan ini lagi saja yuk! :P

'46 Jeep Willys CJ2A dari Jin De Le.
Bahan Custom

Diecast '46 Jeep Willys seri "Die-Cast Racing X1 Metal" produksi Jin De Le ini cocok untuk dicustom.

Terutama bannya, walaupun terlihat cocok dg ban jenis off-road namun akan lebih ciamik jika diganti dg ban yg lebih mirip, misalnya ban dari Matchbox.

Baut pada sasisnya gak perlu dibongkar paksa pakai bor atau obeng, cukup dilepas saja karena bautnya standar ulir biasa yang bisa dibuka dg obeng kembang yang pas.

2000 Jeep Wrangler TJ.
Stiker dekal/tampo dan catnya juga konon bisa dikeletek dengan cara digosok pake kayu putih supaya cat pada bodi mobil hilang dan pada saat dicat ulang bisa lebih rata.

Interpretasi Sotoy

Diecast Jeep Kuning Dari HT. Kalau diperhatikan dari bentuk sepatbor depan dan belakangnya kemungkinan diecast Jeep kuning dari HT ini dibuat berdasarkan Jeep Wrangler TJ 2000 hasil modifikasi dengan ukuran ban 37".

Jeep Wrangler TJ standar.
Gak terlalu otentik karena bagian frame jendela depannya agak tegak lurus (terjal) seperti Jeep Willys sedangkan frame depan pada Jeep Wrangler TJ agak miring (landai).

Ya...Gak masalah ini 'kan mainan anak bukan replika untuk dikonsumsi kolektor dewasa lagi pula harganya juga murah hehehe...

Diecast Jeep Biru Dari Jin De Le. Sementara model diecast Jeep biru produksi Jin De Le juga diambil dari Jeep Wrangler TJ standar pabrikan. Hal tersebut bisa dilihat dari ukuran rodanya yang lebih kecil dibandngkan dengan 2000 Jeep TJ kuning.

CJ2A merah Tintin.
Diecast '46 Jeep Willys CJ2A Merah Dari Jin De Le. "Keukeuh" pingin Jeep Willys CJ2A merah karena mobil tersebut pernah dipakai Tintin dalam episode "Land of the Black Gold" sedangkan dalam judul "Destination Moon" Jeep yang dipakai warna biru muda.

Kebanyakan Jeep merah yang beredar dari jenis ini telah direstorasi, karena pada masanya dipakai untuk mengantarkan surat jadi kilometernya dah tumpeh-tumpeh :D

Ya...Lumayan effort ngoprot juga untuk mendapatkan Si Merah ini, dari tujuh Indomaret yang dilewati cuma satu Indomaret yang masih ada stock '46 Jeep Willys CJ2A ini. Siapa tahu Indomaret di Kota Bandung masih ada...Happy hunting!

5 comments:

  1. Kalau merek jin de le atau feisu cukup banyak ditemui di Giant hypermarket sekitaran jabotabek. Cuma saya agak bingung sebenarnya ada beberapa item dari kedua merek ini sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang ada, hanya saja yang Jeep selalu gak ada. Lumayan beraneka ragam jenis kendaraan yang dikeluarkan oleh dua merek tersebut selain Jeep, ada helikopter, panser, truk militer, dan ambulans.

      Sekitar seminggu lalu item Jeep Willys CJA merah produksi Jin De Le masih terlihat di Indomaret Jln. Naripan dekat Be Mall, Bandung, dalam kondisi oke, sayang waktu itu gak bawa uang lebih.

      Trims infonya gan, terimakasih dah berkunjung…:)

      Delete
    2. saya yang berterima kasih gan, semenjak agan memposting jeep feisu atau jin de le ini berubah saya jadi kolektor diecast non mainstream tapi tentu yang berkualitas termasuk feisu dan jin de le ini. (langsung beli di toko mainan dekat rumah dengan koleksi feisu dalam box satuan yang cukup komplit)
      Tetapi untuk feisu dan jin de le hanya bagus di beberapa model saja seperti model jeep, panser, truk dengan bagian bawah diecastnya berwarna hitam. kalau untuk mobil sedan, mobil pick up single cabin, dan mobil penumpang seperti pada link ini : http://cn.feisutoys.com/EN/ProductShow.aspx?id=73&type=%20pic kurang di bagian bawah, plastiknya sangat tipis kalau dipegang seperti mau patah.

      Ada beberapa model feisu dan jin de le yang sama bentuknya dengan matchbox

      contohnya ini:
      http://cn.feisutoys.com/EN/ProductShow.aspx?id=423&type=%20pic
      dengan ini
      http://matchbox.wikia.com/wiki/Fire_Engine_%282006%29

      dan

      http://cn.feisutoys.com/EN/ProductShow.aspx?id=419&type=%20pic
      dengan ini
      http://matchbox.wikia.com/wiki/Desert_Thunder_V16

      Delete
    3. Betul model Jeep pada merek-merek Cina ini lumayan oke tinggal cari ban yg cocok dari diecast lain biar tambah "ganteng" kayak produk dari Siku hehehe...

      Pernah beli yang 5-pack edisi "polisi" warna hitam produk Cina produksi Mei Sheng, dalam kemasan tersebut terdapat model Jeep 4x4 yg model dan skalanya mirip dengan produksi Matchbox.

      Pernah juga nemu model Jeep Wrangler buatan Cina merek Junli Die-Cast yang sama dengan model dari Matchbox dari seri "Mountain Pack".

      Sejauh ini produk-produk Cina tersebut mempunyai bentuk dan rupa yg sama tapi bahan dan kualitas dekal masih di bawah produk mainstream spt Matchbox dan Hot Wheels.

      Enggak jelek, malah kalau dipakai untuk keperluan pajangan dan diorama produk-produk itu lumayan oke, sayang kalau hanya dipakai buat korban bahan "kanibal" kasteman dari diecast bermerek saja. :)



      Delete
    4. terima kasih gan.
      sebenarnya kegemaran saya pada produk tidak mainstream merknya (diluar hotwheels, tomica, matchbox) bermula dari saya melihat realtoy action city dan rmz city.
      saya lihat realtoy detailnya bagus terutama bagian interior diecastnya.
      dan rmz city ga kalah sama yang mainstream tentu saja dengan ban karet yang terkesan lebih wah.
      saya inginnya mengoleksi semua 24 model keseluruhan dari rmz city skala 64. tapi nyicil dulu hehehehehe.
      sayang realtoy tidak ada katalognya, saya lihat beberapa model realtoy ok2 direview di situs2 luar.

      Delete