Wednesday, September 4, 2013

Batmobile 1989 Michael Keaton Hot Wheels & Tomica

Kiri: Tomica, kanan: HW.
Rasanya kurang tepat jika membandingkan Batmobile versi Michael Keaton 1989 keluaran Hot Wheels (HW) dengan Tomica. Sekilas ukurannya sama tapi ternyata beda.

Skala

Batmobile HW mempunyai ukuran 1/64 sedangkan Batmobile Tomica mempunyai skala kurang lebih 1/72.

Walaupun versi Tomica lebih kecil namun detailnya gak kalah dengan versi HW.

Dimensi

Batmobile Tomica mempunyai panjang 7,5 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 1,5 cm. Sedangkan Batmobile Hotwheels mempunyai ukuran panjang 8,5 cm, lebar 3 cm, dan tinggi 2 cm. Versi HW emang bongsor.

Sculpt

Sculpt Tomica lebih detail dan presisi. Struktur detailnya sama saja, jika suka dengan sculpt efek bevel dan emboss (tepian melengkung) Batmobile versi HW lebih oke, tapi jika suka sculpt yang mempunyai tepian yang tajam (edgy) pilih Batmobile Tomica.

Garis kap mobil yang menghubungkan mesin jet di bagian depan dengan kaca depan Batmobile pada versi Hot Wheels lebih detail terdapat bidang dengan celah khusus di depan kokpitnya.

Kiri: HW, kanan: Tomica.
Sedangkan pada Batmobile versi Tomica hanya sekadar garis lurus saja. Batmobile Tomica unggul di bagian belakang dengan detail knalpot yang lebih rinci dari versi Hot Wheels.

Cat

Cat Batmobile Tomica dop sedangkan versi HW terlihat glossy (kinclong). Nuansa hitam pada Batmobile HW meliputi semua bagian termasuk pada mesin jet depan, mesin samping, tutup bensin, lingkaran pada kokpit, knalpot, pelek, dan sasis.

Depan: Tomica, belakang: HW.
Pada Batmobile Tomica bagian-bagian tersebut dicat abu/logam. Tomica juga mengecat bagian lampu depan dan belakang dengan warna merah, sedangkan versi HW dibiarkan hitam hanya lampu bagian belakangnya saja yang dicat merah.

Bahan

Dah pasti dua-duanya dari logam gak tahu campuran logam apa saja. Yang jelas bodi dan sasis keduanya berbahan logam, jika dilihat dari komposisi kandungan logamnya versi HW lebih banyak yang meliputi bodi, sasis, dan pelek ban.
Rear view, kiri: HW, kanan: Tomica.

Pada Batmobile Tomica selain menggunakan bahan logam bodi dan sasis mereka menambahkan ban karet dengan pelek dari bahan plastik.

Ban dan pelek Batmobile Tomica lebih detail dengan ukiran ulir pada bagian karetnya dan logo Batman serta efek lingkaran baut pada peleknya.

Ukuran ban pada Tomica sama, sedangkan versi Hot Wheels ukuran ban belakang lebih besar daripada ban depan. Untuk bobot, tanpa timbangan Batmobile versi HW sedikit lebih berat daripada Tomica.

Kaca resin pada bagian kokpit hanya dibedakan oleh warnanya saja, pada Batmobile HW biru sedangkan pada Tomica bening. Sepertinya lebih cocok biru terutama dengan nuansa hitam dari warna Batmobile.

Kiri: Tomica. kanan: HW.
Harga

Dengan segala kelebihan yang dimiliki Batmobile Tomica dari segi cat, detail, dan bahan untuk harga jelas pilih Batmobile versi Hot Wheels. HW Imagination: Batmobile dibandrol di toko retail Rp 22.900.

Sedangkan Dream Tomica Batmobile Rp 69.900-Rp 85.000, versi Batmobile Tomica Limited belom ada harga resminya tapi rata-rata dijual kisaran >Rp 130.000.

HW Imagination: Batmobile 1:64 produksi
Mattel, 2013.
Ada harga ada barang memang berlaku untuk keduanya, Tomica memberikan ukuran dan detail yang oke dengan kesan edgy and sharp!

Namun sayang terlalu kecil, sedangkan versi HW tidak terlalu buruk, representasi dari Batmobile tergambar baik, gede dan terlihat seperti mainan daripada replika.

Jika punya uang lebih mending pilih Tomica namun apabila dapat HW Batmobile itu bukan pilihan yang buruk juga...Happy hunting!

4 comments:

  1. beli dmna gan,kalo mau nyari sekarang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih dah berkunjung Hendy, kalau Hot Wheels Batmobile dulu beli di Indomaret, sedangkan Tomica Batmobile dulu bisa didapatkan di toko mainan seperti Toys Kingdom, Sogo, dll. Sekarang keduanya mungkin masih ada di toko online seperti tokobagus, tokopedia, dll atau coba cari yang jual di forum spt Neo KG, Kaskus, dsb, bisa juga di jejaring sosial misal Facebook, tapi biasanya harganya lebih mahal dibandingkan dg harga ready stock di toko.

      Delete
  2. kalo pas zamannya banyak produk vietnam. agak kurang detailnya... sekarang, china malah lebih ok. hanya. biasanya. produk china. beberapa detail, banyak yg suka diganti dengan plastik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih R. Budi Santoso atas masukannya. Mungkin dikarenakan pertimbangan ongkos produksi ya? Menurut beberapa senior selain bahan yg lebih oke, konon pengerjaan cat & tampo buatan Vietnam lebih rapih. Saya baru mengumpulkan diecast Tomica & Hot Wheels jadi gak bisa membandingkan produksi Vietnam & China :)

      Delete