Saturday, September 7, 2013

MBX Explorers: 1968-Toyota Land Cruiser (FJ40) Gold

MBX: TLC FJ40 1968, 2013.
Gak terlalu hafal list Matchbox (MBX) yang beredar 2013 tapi yang jelas item yang paling populer dalam lini ini adalah MBX Explorers: 1968-Toyota Land Cruiser (FJ40) Gold with tampo.

Kabarnya MBX TLC FJ40 tersebut susah dicari, benar saja sejak kurang lebih awal tahun sampai sekarang gak pernah lihat sekali pun di gantungan baik di retail kecil atau di retail besar.

Padahal item lainnya tersedia, untung gak terlalu minat dg seri MBX jadi gak terlalu peduli tentang hal tersebut.

Tunjuk Hidung

Entah apa penyebabnya item tersebut bisa menghilang di pasaran. Tanpa bermaksud untuk menuduh pihak tertentu, dapat kabar bahwa hal ini disebabkan oleh para "penimbun".

Mungkin yg dimaksud penimbun atau collector di sini adalah konsumen yang memborong 1 item jenis tertentu untuk jadi koleksi pribadi atau dijual kembali dg harga lebih tinggi dari harga ready stock di pasaran.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengumpulkan satu item tertentu, bisa kongkalikong dengan pihak karyawan toko atau memakai cara sporadis dengan mendatangi setiap toko. Entahlah.

Jika punya uang banyak tentu cara pertama yang akan dilakukan. Simbiosis mutualisme, toko bisa menjual banyak, konsumen bisa mendapatkan item tertentu dalam jumlah yang diinginkan.

Atau bisa saja justru karyawan tokonya sebagai penimbun sehingga barang tidak keluar sementara permintaan di luar tinggi, nah yang seperti ini bikin pasar gak sehat.

Tapi bukan berarti konsumen yang membeli item tertentu dengan jumlah banyak pun gak merusak pasar, jika dia tidak menjual kembali item tersebut dg harga "wajar" di pasaran dapat mengakibatkan pasar gak sehat juga.

Tidak seperti bahan pokok seperti cabai, bawang, atau minyak yang semua orang butuh, mainan termasuk item tersier kebutuhan anak-anak, siapa yang mau protes jika item tertentu hilang di pasaran sehingga harganya meroket? Anak-anak? Orang tua?

Ya sekadar teori… Hukum "supply and demand" disertai sedikit banyak campur tangan "spekulan" bisa menjadikan item tertentu menjadi rare dan mahal.



MBX TLC FJ40

Hal tersebut terjadi pada item MBX TLC FJ40 entah dari kapan itu terjadi, namun dari desainnya MBX TLC FJ40 ini memang ciamik dan proporsional bahkan dibandingkan dengan MBX TLC FJ40 skala yang lebih besar, mahal, dan terkenal pun MBX TLC FJ40 gak kalah pamor.

Wajar jika banyak orang yang menginginkannya, selain itu versi beneran dari MBX TLC FJ40 ini banyak terlihat di jalanan terutama di Bandung dengan beragam jenis warna dan desain.

MBX TLC FJ40 muncul pertama kali pada 2009 dalam seri "Outdoor Sportsman" dengan tampilan kuning. Setelah itu item ini muncul sebanyak kurang lebih 8 kali dari 2009 sampai 2013 dalam seri:


Dari sembilan variant tersebut kabarnya yang paling disukai dan berharga tinggi adalah dari seri "Outdoor Sportman" biru muda, 2009.

Bersyukur setelah hampir lebih dari setengah tahun mencari MBX TLC FJ40 dari seri apa pun dengan harga wajar akhirnya gak sangka bisa mendapatkan item tersebut di gantungan Griya.

Walaupun MBX TLC FJ40 yang didapatkan warna emas, bertampo, dan keluaran 2013 namun dengar dari penjaga tokonya item ini lumayan banyak diminati, kebetulan saat itu item MBX baru di gantung di display.

Seketika itu juga ada yang borong sampai 8 unit MBX TLC FJ40! Wew, edun! Jadi saat itu cuma kebagian sisanya ahahahaha….Benar-benar beruntung.

Mungkin Dewi Fotuna lagi baik, pas mau bayar ternyata item MBX sedang diskon dari Rp 22.900 menjadi Rp19.900!

Ingin rasanya sujud syukur, semoga tahun depan Mattel mengeluarkan item MBX TLC FJ40 dengan warna dan desain yang lebih oke. Happy hunting!

No comments:

Post a Comment