Tuesday, June 28, 2011

Action Figure Hulk Movie 2003

Ingin lihat behind the scene film Hulk 2003 langsung, supaya informasi yang saya dapatkan gak terpotong-potong, tapi asyik juga menemukan potongan-potongan informasi lalu merangkaikannya seperti menyusun puzzle. Kali ini saya dapat sedikit potongan informasi tentang desain karakter hulk 2003.

Ang Lee mengundang beberapa artis salah satunya Kevin Nowlan untuk membuat beberapa sketsa desain karakter Hulk di filmnya.

Nowlan diminta membuat Hulk yang gak monster banget, wujudnya lebih manusiawi. Dalam komiknya Hulk lebih condong digambarkan berupa sosok monster dari pada manusia.

Sosok Hulk untuk film Hulk 2003, karya Kevin Nowlan.


Ekspresi Hulk.


Desain Hulk tim ILM.
Entah dipakai ato tidak tampaknya desain Hulk CGI versi Industrial Light and Magic wujudnya jauh beda dengan sketsa Rowlan, mungkin karena Rowlan menggambarnya tidak berdasarkan aktor yang akan bermain dalam film tsb.

Pada prinsipnya desain Hulk Nowlan dan tim ILM pendekatannya sama-sama mengekspos sosok manusia daripada sosok monster.

 Desain Hulk tim ILM.
Setelah Sketsa manual/digital selesai, tahap berikutnya membuat prototype dari tanah liat yang akan diaplikasikan ke berbagai macam media. Yang paling utama adalah film.

Selanjutnya prototype tersebut discan dengan menggunakan 3D laser scanner, 3D laser scanner adalah perangkat untuk mengumpulkan data dan menganalisa objek di dunia nyata ke bentuk file digital yang nantinya bisa dipakai untuk membuat model tiga dimensi di komputer.

Ang Lee dan prototype Hulk. Sumber:
Bentuk file digital tsb bisa diolah sedemikian rupa mulai dari warna, tekstur, dan gerakan untuk film atau bisa dijadikan bagian prototype action figure melalui 3D printing.

3D Printing adalah bentuk teknologi aditif dengan menggunakan mesin di mana objek tiga dimensi dibuat berdasarkan meletakan urutan tiap lapisan dari bahan tertentu. Hasilnya bisa dijadikan prototype produk. Printer ini bekerja dengan cara mengambil file 3D digital yang ada di komputer, lalu dibuat objek sebenarnya yang terdiri dari serangkaian irisan lapisan yang setiap lapisannya di cetak di atas lapisan lain yang membentuk objek 3D sebenarnya. Melalui 3D printing tsb prototype action figure akan mirip dengan versi filmnya karena diambil dari file digital model 3D yang sama.

IMO keseluruhan proyek Hulk 2003 mulai dari film sampai memorabilianya benar2 terintegrasi dengan baik, pengerjaannya baik dan apik. Sepertinya Ang Lee ingin memberikan image baru terhadap salah satu karakter milik Marvel Comics ini.

Toy Biz sebagai produsen dari lini action figure Hulk menggarap mainan ini dengan baik, mulai dari wujud Hulk versi action figure yang benar2 mirip dengan versi filmnya, sampai cara memainkannya yang lumayan asyik.

Toy Biz memang dikenal sebagai produsen action figure yang bisa memuaskan para fans komik, detail, pengecatan, artikulasi, tekstur, dan aksesori produknya digarap dengan baik. Toy Biz dalam hal ini berusaha membuat figure Hulk sesuai dengan versi filmnya sebaik mungkin. Bagi saya hasilnya memang oke!

Figure hulk 2003.
Contohnya seri satu: Punching Hulk, figure setinggi 18 cm lumayan mirip dengan versi filmnya terutama kepalanya. Action figure Hulk coba bandingkan dengan insert prototype untuk versi filmnya, mirip! Benar2 konsisten. Cara memainkannya dengan menekan tombol di bagian belakangnya seketika itu juga figure Hulk ini bisa melakukan gerakan meninju dinding yang merupakan aksesorinya sampai jebol! 

Ada yang mengatakan bahwa lini mainan Hulk 2003 kurang diminati sebagaimana filmnya yang dianggap gagal memenuhi selera fans komik. Baiklah...terserah anggapan orang ttg kegagalan film dan lini mainannya...saya 'gak peduli.

Memang teknologi pembuatan film dan mainan makin canggih...Bahkan bisa bersinergi menjadi satu kesatuan produksi! Keren!

Contohnya film Hulk dan memorabilianya berupa action figure ini. Keduanya mempunyai karakteristik produk yang jauh berbeda tetapi mempunyai rancangan cetak biru yang sama yaitu CGI (Computer Generated Imagery).

Tinggal outputnya ajah yang disesuaikan, CGI pada film dipakai untuk memberikan ilusi interaksi antara tokoh yang diperankan aktor atau aktris manusia dengan karakter tokoh rekaan CGI berupa animasi yang gerakan dan rupanya hampir nyata.

CGI untuk lini mainan dipakai untuk rancang bangun dalam pembuatan action figure. Action figure Hulk berdasarkan film Hulk 2003 terdiri dari:

12"
Hulk Stretch 'N Roar

13"
Hulk 13" Mulut tertutup celana biru
Hulk Raging 13" Mulut terbuka celana ungu
Hulk Battle Action

Aksesori
Hulk Electronic Rage Cage

Seri 1
Hulk Punching
Hulk Super Poseable Leaping
Hulk Smash & Crush

Seri 2
Bruce Banner (Transforming Chamber)
Hulk Twist 'N Slam
Hulk Rage 'N Roar

Seri 3
David Banner with Interchangeable Arms & Legs!
Hulk Throwing
Hulk Rapid Punch

Seri 4
Hulk Rampaging
Hulk Super Poseable
Hulk Smash 'N SCream
Hulk Dog

Smash 'N Go's
Hulk on Street Rubble
Hulk with Motorcycle
Hulk with Tank

Lagipula susah mendapatkan data valid yang bisa mendukung pernyataan ttg kegagalan lini mainan hulk 2003 ini. Salah satu penjelasannya adalah bahwa pada tahun 2003 pasar action figure terlalu jenuh dengan mainan Hulk.

Cukup masuk akal juga karena selain mainan versi filmnya yang cukup banyak, Toy Biz mengeluarkan seri Hulk Classic yang gak ada hubungannya dengan film Hulk, lalu Figure Hulk disertakan pula di seri Marvel Legends, belum lagi memorabilia lainnya, seperti statue, peralatan sekolah, baju, topeng, diecast, dll. Pasar dibanjiri dengan karakter Hulk.

Salah satu artwork untuk promoart film Hulk 2003 karya Dale Keown yang diaplikasikan pada buku komik adaptasi film Hulk 2003.

Untuk art work Hulk yang digunakan untuk media promosi, seperti ilustrasi kemasan, print ad, dan lain-lain, pengerjaannya dilakukan oleh Dale Keown! Ilustrator komik Incredible Hulk selama beberapa dekade! Mantab kan?! Lihat deh hasil karyanya benar-benar artistik.

Benar2 keren! Persiapannya matang dan tereksekusi dengan baik…Hulk 2003 SM*SH!

No comments:

Post a Comment