Monday, June 1, 2020

The Sensational She-Hulk



Membaca langsung komik The Sensational She-Hulk (TSSH) terbitan Marvel 1989 serasa jungkir balik apalagi setelah baca komik The Savage She-Hulk terbitan 1980 tanpa membaca komik The Avengers dan Fantastic Four (F4) di mana dia bergabung dalam dua grup superhero tersebut.

Kenapa? Karena karakternya sudah “mature” sebagai She-Hulk, di Savage She-Hulk karakternya masih “raw” , jadi masih ada perbedaan sifat antara Jennifer Walters yang kalem dan terkesan “rapuh” dengan She-Hulk yang beringas, tempramen, serta terkesan tangguh.

Memang di issue-issue akhir komik The Savage She-Hulk, Jen memutuskan untuk menjadi She-Hulk selamanya, bahkan kesadaran akan fashion dalam pribadi She-Hulk sudah ada dalam komik ini.

Di komik The Sensational She-Hulk karakter Jen hampir tidak ada, mungkin sudah bersatu padu dengan karakter She-Hulk dengan nyaman, tidak ada kegelisahan, kontemplasi, dan kekhawatiran lagi sebagai She-Hulk. Kita dikenalkan dengan sifat She-hulk yang baru sebagai makhluk yang menyenangkan, baik hati, dan pemberani.

Dalam komik The Savage She-Hulk karakternya seakan-akan tidak diinginkan oleh lingkungan sekitar karena tuduhan tindak kriminal yang tidak pernah dia lakukan.

Dalam versi komik The Sensational She-Hulk karakternya lebih diterima oleh masyarakat sekitar bahkan bisa bekerja sebagai pengacara layaknya manusia biasa.

Gimmick

TOKOH. Selain pembawaan karakter, komik The Sensational She-Hulk menyenangkan untuk dibaca karena ada unsur nostalgianya, tokoh-tokoh hero lama Marvel diangkat kembali seperti Louise "Weezi" Grant seorang hero angkatan 1940-an yang dikenal dengan sebutan Blonde Phantom. Di komik ini Weezi sudah tua, pensiun, dan mempunyai putri bernama Wanda. Kini dia berprofesi sebagai asisten pengacara She-Hulk, hampir segala urusan kehidupan She-Hulk ditangani olehnya.

Latar belakang ceritanya juga lebih bervariasi, mulai dari kejadian di sekitar tempat tinggalnya Manhattan sampai ke luar angkasa. Tokoh-tokoh yang ditemuinya pun beragam, ada yang menjadi teman atau musuh, mulai dari ilmuwan gila, orang gila beneran, "Sinterklas", sampai makhluk asing seperti Xemnu dan The Watcher.

Seorang musuhnya bernama Madcap memanggilnya Shulkie! Lengkapnya Shulkiepoo sih hahaha, panggilan Shulkie ini lambat laun menjadi identik dengan She-Hulk baik dalam cerita komik mau pun di kalangan pembaca.

MOBIL TERBANG. She-Hulk memang bisa melompat jauh, tapi dia punya mobil Dodge 1959 yang bisa terbang untuk menghemat waktu dan energi, mobil itu hadiah dari teman alien-nya bernama Al selama berpetualang di luar angkasa.

KEHIDUPAN ASMARA. Tak lengkap cerita She-Hulk tanpa kehidupan asmaranya, setelah Zapper, Rory, dan entah dengan siapa lagi dia berhubungan selama menjadi anggota The Avengers dan Fantastic Four, kali ini dia menjalin kasih dengan seorang profesor bernama Brent WIlcox.

KOSTUM. She-Hulk hampir tak pernah punya kostum khusus yang menjadikannya punya ciri khas tertentu kayak Captain America dengan kostum biru merah, dan tamengnya atau Iron Man dengan armour besi merah kuningnya.

Seperti Hulk pakaiannya akan rusak jika berubah, namun setelah dia konsisten menjadi She-Hulk pakaiannya tetap robek akibat pertarungan.

Selama jadi anggota The Avengers dia selalu menggunakan pakaian sporty model kostum aerobik, semua kostumnya sering kali bernuansa ungu dan putih. Kostum resmi pertamanya mungkin pas dia bergabung dengan Fantastic Four menggantikan Ben Grimm. Dia mengenakan kostum biru putih berlogo empat seperti anggota F4 lainnya.

Nah, di komik Sensational She-Hulk ini pas melawan sepupu Doctor Doom yang bernama Bob Doom seorang dokter gigi....Iya dokter gigi, kalau tak percaya, baca deh....dia mengenakan kostum model gym dengan warna ungu putih sebagai cikal bakal kostum khasnya pada tahun 2000-an.

PARODI. Bayangkan kalau Batman adalah seorang wanita! Di komik She-Hulk ini sungguh terjadi, Marvel membuat plesetan cerita Batman terbitan rival mereka DC Comics menjadi kebalikannya.

Batman jadi The She-Bat The Dark Princess Nosferata, Bruce Wayne jadi Hayes Purple, pelayannya bernama Alfred jadi Freda, tempat tinggal Batman Wayne Manor jadi Hayes Manor, Gotham City jadi Downtown Visigoth, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Arkham Asylum jadi Dorkham Asylum.

Begitu juga penjahat-penjahatnya seperti Two Face jadi Three Face, Ra's al Ghul jadi Big Al G'Houl, Calyface jadi Slimeface, dan Cat Woman jadi Dog Woman.

Sekutu Batman Komisaris Gordon jadi Commisioner Gruber, bahkan gadget-nya pun tak luput dari plesetan Batarang jadi Nosferatarang, Batmobile jadi Nosferauto, dll. Bacanya benar-benar asyik dan lucu apalagi kalau pernah baca komik Batman Year One, perbandingannya bagai Bumi dengan Langit hahaha....

Kalau dari segi cerita kayaknya memang mirip komik "Batman: Year One" karya Frank Miller dan David Mazzuccheli. Karena komik Senstional She-Hulk ini terbit pada tahun 1990-an setelah pemutaran film Batman Michael Keaton/Tim Burton yang dikampanyekan besar-besaran lewat berbagai media, maka peristiwa itu dijadikan bagian dari cerita plesetan Batman versi She-Hulk ini. Jadi bisa dikatakan ceritanya gabungan antara komik Batman dengan kejadian fenomenal kampanye film Batman yang terstruktur, sistematis, dan masif tersebut hahahaha....

Tokoh-tokoh Marvel sendiri ikut diparodikan misalnya X-Men. Ceritanya kehidupan She-Hulk akan dibuat versi film Hollywood, namun para fans She-Hulk protes karena tidak sesuai dengan sumber materi yang mereka baca. Ternyata produsernya sengaja melakukannya agar filmnya flop sehingga citra She-Hulk menjadi buruk. Selain melenceng dari sumber, mereka meng-casting aktor-aktor jelek untuk memerankan tokoh X-Men, padahal She-Hulk jarang bahkan tak pernah bergabung dengan tim X-Men. Akhirnya filmnya jadi, tak disangka filmnya malah sukses, walau pun banyak diprotes fans, namun She-Hulk senang karena semakin terkenal.

GAYA TUTUR. Bagi yang pernah membaca buku "Dunia Sophie" karya Jostien Gaarder mungkin tak aneh dengan alur cerita yang melibatkan pembaca. Di komik She-Hulk, selain bisa berinteraksi dengan pembaca dia bisa berkomunikasi dengan penulis dan ilustratornya, bahkan bisa “merobek” dan “menembus” panel-panel komik seakan-akan norma, pakem, aturan, dan batas-batas dalam komik tidak berlaku baginya. Selain She-Hulk Deadpool juga mengadaptasi teknik penceritaan “Breaking the fourth wall” dalam penuturannya.

Saya tak tahu persis duluan mana antara Dunia Sophie atau She-Hulk yang menggunakan teknik penuturan tersebut, komik Sensational She-Hulk terbit pada tahun 1989 sedangkan Dunia Sophie sekitar tahun 1991. Saya pikir komik She-Hulk saat itu memang melakukan terobosan yang sangat ekstrim dan dramatis, makanya bisa bertahan sampai 60 judul dan merupakan komik solo superhero wanita yang paling lama bertahan.

GREY SHE-HULK. Sekitar tahun 2016 Marvel meluncurkan komik HULK dengan tokoh She-Hulk, tapi warnanya diubah dari hijau menjadi abu. Bukan yang pertama kali, She-Hulk pernah berwarna abu dalam komik Sensational She-Hulk tahun 1990, saat itu dia masuk ke dimensi lain dan disergap oleh makhluk-makhluk setempat, seketika itu dia berubah menjadi She-Hulk abu, perubahaan ini terbawa sampai ke Bumi, jika pagi tiba She-Hulk abu otomatis berubah menjadi Jen, begitu malam tiba dia berubah lagi menjadi She-Hulk abu. Semua kembali normal ketika kekacauan antar dimensi hilang atas bantuan dari The Watcher.

Overall banyak hal yang menarik dalam komik The Sensational She-Hulk yang menjadikannya unik dan spesial di antara komik-komik Marvel lainnya, Bacanya bikin enjoy, lucu, dan seru, sayang komik The Sensational She-Hulk versi digital dengan ilustrator Bryan Hitch belum ditemukan, kebanyakan komik digital The Sensational She-Hulk yang beredar di internet sekarang karya John Bryne.

Bukan berarti karya John Bryne jelek bahkan edisi awal yang menulis dan menggambar komik The Sensational She-Hulk adalah dia. Bryan Hitch dan penulis lain menggantikannya ketika John Bryne mengalami burn out atau kelelahan yang amat sangat. John Bryne menggarap lagi komik The Sensational She-Hulk di issue nomor 31 sampai dengan tamat di nomor 60 pada tahun 1994. Pada tahun 2004 komik The Sensational She-Hulk kembali tampil dengan tim kreatif yang berbeda…..

No comments:

Post a Comment