Wednesday, May 25, 2011

Action Figure Hulk Pertama

Action figure Hulk apa yang paling baru? Untuk sementara saya bisa jawab Hulk dari lini Marvel Legends 2 pack: Hulk with Valkyrie 2008 keluaran Hasbro. Sekitar Juni nanti di US akan dirilis Hulk dari seri Marvel Universe Avenger Classic Box Set.

Hulk paling baru dari lini Marvel Legends buatan Hasbro tahun 2008, sculpt berdasarkan penggambaran  Ed McGuinness di komik Incredible Hulk.

Tebak

Lalu action figure Hulk paling pertama dirilis dari seri apa? Bingung jawabnya, terus terang saya gak tahu, tetapi bisa dikira-kira dari tahun di mana action figure diciptakan. Istilah action figure digunakan tahun 1964 oleh Hasbro untuk menamai lini mainan mereka GI Joe.

Setelah GI Joe lalu diikuti oleh lini Captain Action pada tahun 1966. Lini ini merupakan penggabungan action figure dengan tokoh Superhero, tren yang masih berlanjut sampai saat ini. Superhero yang termasuk dalam lini ini adalah Phantom, Captain Amerika, Batman, Superman dan Spiderman, Hulk tidak termasuk, jadi kita coret lini ini :D.

Di sini mulai blank, gak punya petunjuk sama sekali, saya cuma mengandalkan berbagai figure Hulk yg diopload di internet, umumnya mereka mencantumkan produsen dan tahun produksi. Mulai deh menyeleksi tahun yang paling tua.

Seperti halnya tahun sekarang, tahun 70-an ada beberapa produsen yang memproduksi mainan Hulk, misalnya Renco Toys dan Mego. Remco Toys pernah memproduksi figure Hulk ukuran 10" (25,5 cm) pada tahun 1979, hmmmm masih kurang jadul, sedangkan Mego pernah memproduksi sejumlah figure Hulk diantaranya lini Comic Action Heroes tahun 1976 dua tahun lebih jadul dari Ranco toys, dan dari lini World's Greatest Super Heroes! tahun 1975 :D.

Entahlah teman, sampai sekarang pencarian masih berlanjut, saya menaruh perhatian pada figure-figure Hulk buatan Mego, sepertinya ada yg lebih tua pembuatannya dari seri Comic Action Heroes.

Model Desain

Dari tahun 70-an wujud action figure bisa dikatakan sederhana sekali. Tidak melibatkan artikulasi yang rumit, sculpt yang mumpuni, dan pengecatan yang dahsyat. Bisa jadi karena figure2 tersebut tidak untuk dikoleksi, tetapi hanya untuk dimainkan saja sampai rusak.

Umumnya figure-figure Hulk tahun 70-an sampai 90-an mempunyai tampilan yang sederhana, sculpt cukup untuk menunjukan bentuk anatomi tubuh ala kadarnya, warnanya figure merupakan warna dasar dari bahan plastik, pengecatan hanya dilakukan pada bagian kecil saja seperti gigi, mata, alis, dan rambut. Tidak banyak pengolahan tekstur pada permukaannya sehingga tampak licin dan kinclong, artikulasi minim, tetapi sangat playable, bisa dimainkan dengan cara tertentu, untuk hal ini masih dipertahankan pada figure Hulk di tahun 2000-an, karena esensi dari action figure ya...mainan :D

Tiba diakhir tahun 90-an di mana memorabilia komik termasuk action figure mendapat perhatian besar dan menjadi barang koleksi, maka pembuatannya pun menjadi lebih rumit dan menuntut tampilan yang lebih artistik demi memenuhi standar-standar "barang patut koleksi" artikulasi ditambah, tekstur dan sculpt yang detail, aksesori yang mantap, serta paint job yang untuk standar produksi massal benar2 oke!

Penampilan figur Hulk ini memang jadul, tetapi klo dilihat dari tahun produksi masih kurang jadul, figure Incredible Hulk Crusing Arm Action ini dikeluarkan tahun 1990, tetapi figure Hulk telah diproduksi tahun 70-an, klo dilihat penampilan figure Hulk tahun 70-an dengan figure tahun 90-an ini wujudnya hampir sama, sederhana, gak banyak artikulasi, dan sculpt seadanya.

Toy Biz menjadi salah satu produsen figure Hulk, figure-figure Hulk yang dibuatnya ditahun 90-an seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sederhana dan gak banyak artikulasi namun asyik untuk dimainkan. Misalnya, Incredible Hulk Crusing Arm Action tahun 1990, figure dengan tinggi 12 cm (5") ini hanya memiliki artikulasi pada bahu, leher, paha, dan lutut, warna hijau dan ungunya merupakan warna plastik, sculptnya sederhana namun cukup memberikan gambaran sosok Hulk. Tahun 1997 Toy Biz mengeluarkan lini Incredible Hulk, penampilannya lumayan oke, terdapat peningkatan dari segi sculptnya yg lebih detail, struktur otot mulai diperhatikan, detail pakaian, dan aksesori yang lebay, namun masih dengan artikulasi yang minim.

Baris depan dari kiri ke kanan: Hulk dari box set Avenger pack (1999), Incredible Hulk Incredible Hulk Crusing Arm Action (1990), baris tengah dari kiri ke kanan: Hulk Heavy Hitter (1996), The Incredible Hulk battle Damaged Hulk with restraints and "Smash-Out Action" (1997), baris belakang kanan ke kiri: Hulk Famous Cover (1998), Hulk Shape Shifter Transform into Dino Beast (1999).

Tahun 1998 Toy Biz mengeluarkan lini Famous Cover Series, di sinilah artikulasi mulai diperhatikan, bahkan pada lini ini jargon jualannya memang pada artikulasinya yang lumayan banyak! Dengan penjelasan di bagian depan covernya yang memakai foil emas dan dicetak embos lho! Sisanya masih tampilan figure pada tahun-tahun sebelumnya.

Tahun 2002 Toy Biz mengeluarkan figure Hulk pada lini Marvel Legends I, tampilannya benar-benar meningkat drastis bila dibandingkan dengan figure-figure Hulk sebelumnya pada tahun 90-an. Sculptnya detail, pengecatan yang melibatkan efek2 tertentu, dan artikulasi yang lumayan banyak, disertai aksesori yang keren, membuat figure Hulk ini mempunyai kelas tersendiri.

Dari kiri ke kanan: Hulk 1990, Hulk 1998, Hulk 2002, Hulk 2008. Perhatikan desain Hulk tahun 1990 dengan 1998 butuh delapan tahun (lebih jika diambil perbandingan dari Hulk yang diproduksi tahun 70-an) untuk memuat artikulasi yang banyak pada sebuah action figure, butuh kurang lebih empat tahun untuk membuat proporsi, paint job, dan artikulasi satu figure menjadi lebih baik. 

Tahun 2003 dikeluarkan lini Incredible Hulk Classic Series yang terdiri dari, Savage Hulk, Joe Fixit (Grey Hulk), Smart Hulk, War Hulk, Mecha Hulk, Absorbingman dan Gamma Punch Hulk. Semuanya tampil dengan sculpt, artikulasi, pengecatan, dan aksesori yang keren abiiiiisss! Di tahun ini pula dikeluarkan figure berdasarkan filmnya yang disutradarai oleh Ang Lee! Figure berdasarkan film ini gak kalah okey! Bagi saya figure ini benar2 otentik, wujudnya sesuai dengan sosok Hulk yang tampil di film HULK 2003.

Hulk Movie 2003-The Hulk Movie Series 4 Action Figure Super Poseable Hulk with Charger dan Incredible Hulk Classics-Smart Hulk. Apakah Ang Lee ingin mengubah persepsi Hulk dibenak orang melalui film dan memorabilianya? Karena tampilan Hulk ini gak komik banget, tampilan Hulk di komik sering digambarkan seperti sosok monster besar yang jelek, sedangkan pada film garapan Ang Lee ini, sosok manusianya masih terlihat jelas, terutama di bagian wajahnya. Salah satu yang mendekati penggambaran sosok Hulk yang agak manusiawi adalah Smart Hulk. Penggambaran Smart Hulk versi komik dan figurenya lumayan otentik! Hampir mirip! Kacamatanya bisa dilepas lho...Hah kacamata? Buat apa Hulk butuh kacamata? Emang dibayarin kantor :D

Figure Hulk pun terus diproduksi di berbagai lini walaupun produsennya telah berganti. Misalnya pada seri Marvel Legends 9 Hulk tampil dg gaya Kirby dengan nama 1st Appearance Grey hulk, lalu Meastro, Planet Hulk keluaran Hasbro, King Hulk, dan terakhir Hulk 2 pack with Valkyrie. Hulk Crossover Transformers, Megamorph, tank, dan bulldozer, Hulk seri Movie 2008, Face Off, Icon, Minimates, Superherosquad, Marvel Universe dan lain-lain.

Paling puas lihat figure Hulk dari seri Classics, benar2 digarap dengan baik. Toy Biz telah lama memproduksi figure Hulk, dan yang paling membuat saya terkesan ada pada lini tsb.

No comments:

Post a Comment