Sunday, May 15, 2011

Bruce Banner Figure

Action figure Hulk identik dengan Bruce Banner alter ego-nya, begitu banyak figure Hulk yang telah dibuat oleh produsen mainan, tapi sedikit sekali figure Bruce Banner yang dibuat.

Figure Bruce Banner yang pernah dibuat diantaranya adalah Seri The Incredible Hulk: SAVAGE HULK Transforming Action (1996) yang merupakan nenek moyang dari figure Incredible Hulk Movie 2008: Mutating Hulk, cara memainkannya sama, figure Bruce Banner dimasukan ke dalam Figure Hulk yang kopong, begitu saja :D.  Figure Bruce Banner dari seri SAVAGE HULK ini keren banget! Ekspresinya sedang marah dan pakaiannya robek sebagian! Tidak dibuat dengan kostum tipikal ilmuwan dengan kameja dan jas labnya.

  Bruce Banner dari Gamma Punch Hulk.

Figure Bruce Banner lainnya adalah dari Incredible Hulk: Gamma Punch, itu pun sebagai aksesori dari Hulk Gamma Punch, lumayan untuk ukuran aksesori bisa diposekan dan disandingkan dengan figure 6" lainnya.

Bruce Banner dari seri Marvel Minimates Wave 1 by Diamond Select, mungkin ini figure Bruce Banner berkacamata yg pernah dibuat :D...Lucu jas dan rambut beserta kacamatanya bisa dilepas! Lumayan playable!

Bruce Banner dari Marvel Minimates Wave 22, dibuat berdasarkan film Incredible Hulk 2008 yang diperankan oleh Edward Norton.

Lalu ada Bruce Banner dari Hulk Movie 2003: Bruce Banner by Toybiz-Transforming Chamber with Gamma Glowing Action, nah  ini yang dijual memang figure Bruce Bannernya yang bisa dimasukan ke dalam tabung, ukurannya 3,75" sekitar 8 cm setinggi figure Marvel Universe (MU) jadi bisa disandingkan dengan figure keluaran MU. Figure Bruce Banner dari seri ini biasa saja artikulasi terbatas, namun memiliki sculpt dan keakuratan yang lumayan detail dan mirip! Aksesorinya berupa chamber yang jika ditekan tombol atas bisa menyalakan sosok Hulk yang berada dalam chamber tersebut. Jika ingin berubah jadi Hulk tinggal diputar ajah tuas yang sekaligus tombol lampu dibagian atas chamber tersebut...Keren playable pisan!

Kiri: Bruce Banner dari Incredible Hulk Gamma Punch 2004, tengah: Bruce Banner 
dari Hulk Movie 2008, Mutating Hulk, kanan: Bruce Banner dari HULK movie 2003.

Dibandingkan dengan figure Bruce Banner dari seri Hulk Movie 2008: Mutating Hulk, saya lebih suka figure Bruce Banner dari Hulk Movie 2003 karena lebih proporsional dan bisa diposekan.

Entah akan dibuat lagi atau tidak figure Bruce Banner ini, saya harap dengan rencana dibuatnya film The Avengers 2012 yang melibatkan Hulk sebagai salah satu tokoh utamanya, figure Bruce Banner yg diperankan oleh Mark Ruffalo bisa dibikin :D

Tapi ya kalau bicara tentang action figure Hulk yang menjual ya Hulknya bukan Bruce Bannernya. Apalagi Hasbro mana mau sih mereka bikin figure yang enggak menguntungkan buat mereka?

Versi statue pernah juga dibikin diantaranya Incredible Hulk Statue at SDCC, Incredible Hulk Transformation Green dan variant-nya Incredible Transformation Grey by Applaus, Hulk Origin Statue Select sculpt oleh Greg Millington, dan Hulk Tower Exclusive dari Diamond Select. Tuh kan...Semua  jualannya pake nama Hulk bukan Bruce Banner hihihi...

Sejauh ini di seri MU pun figure Bruce Banner belum muncul...Padahal figure Mary Jane dah dibuat lho ahahaha...

Bruce Banner dibandingkan dengan ML Icon: Hulk dari Toybiz 
dan She-Hulk seri Blob dari Hasbro.

Update Sabtu 28 Mei 2011

Lagi browsing ketemu in Hulk-Dolci e Salati Preziosi  3D Set figurines, ada figure Bruce Banner versi Hulk movie 2003, lengkap dengan Betty dan Jenderal Ross! link

Update 13 Juli 2019

Sudah lama action figure Bruce Banner produksi Toy Biz ini tidak dipajang karena lengan kirinya rusak, saat itu sendinya macet lalu saya paksa gerakan hingga "T" joint-nya putus.

Yang bikin kesal itu patahannya yang tidak presisi sehingga sulit untuk direkatkan lagi secara benar, jadi meskipun sudah dilem bakal ada potensi lepas lagi, hal itu dikarenakan bahan dari joint tersebut dari plastik lentur (tidak keras), jadi patahannya seperti permen karet yang dibagi dua....

Sejak saat itu mulai hunting lagi cari yang baru tapi terlupakan, selain jarang yang jual karena termasuk barang lawas (Bruce Banner 1997/Hulk Gamma Punch 2003) harganya pun over price untuk satu aksesori dari figur Hulk.


Ya, Aksesori! Figur Bruce Banner ini bukan satu figur yang dijual satuan atau pack seperti figur Bruce Banner movie produksi Hasbro, tapi bagian dari aksesori figur Hulk, itu sebabnya sendinya tidak maksimal, cuma 10 titik saja pada leher, bahu, pergelangan tangan, pinggang, lutut, dan pergelangan kaki. 

Sebenarnya bagian yang putus tinggal dilem, tapi sendinya jadi mati tak bisa digerakan, saya ambil resiko membongkar badannya agar bagian yang putus bisa dilem namun sendinya masih bisa berfungsi.

Alhamdulillah berhasil meskipun cukup sulit mengerjakannya, ternyata penyebabnya mold "T" joint-nya terlalu tebal sehingga harus dikikis agar bisa pas pada dudukannya dan bisa digerakan.

Saya bukan profesional jadi perbaikan yang saya lakukan tidak mulus, badan figur jadi gampang dibuka karena seal-nya sudah dibuka paksa, bisa dilem sih tapi sengaja dibiarkan agar jika bermasalah lagi bisa dibongkar dengan mudah, lalu kerapatan antar-joint yang diperbaiki jadi terlihat renggang, dan tentu saja ada ada bekas lem Alteco, memang bening sih ya, tapi buat orang yang nitpicking hal itu bisa jadi mengganggu.

Pasca perbaikan ini figur Bruce Banner jadi benar-benar sekadar pajangan saja, ya walaupun sendinya masih berfungsi, tapi tak bisa dimainkan seperti dulu lagi, kalau jatuh pasti amburadul hahaha, pun kalau dipajang 'gak bisa disandingkan dengan figur Hasbro terbaru karena out of scale.

Figur Bruce Banner ini aneh, di telapaknya dicetak tahun produksinya 1997, tapi dirilis bersamaan sebagai aksesori figur Classics Gamma Punch Hulk pada 2003, mungkin itu sebabnya artikulasi pada figur Banner ini terbatas, persis artikulasi pada figur Toy Biz 5" yang dirilis pada tahun 90-an. Kalau diproduksinya tahun 2003 sama dengan figur The Punisher (versi John Romita Junior) maka artikulasinya akan lebih banyak, skalanya juga bakal sama 6" bukan 5'5"....

Update 7 Oktober 2019

Oktober bulan yang istimewa buat saya, pas akhir bulan tersebut ada penampakan di Marketplace Facebook berupa figur Bruce Banner 2003 dengan harga yang sangat terjangkau, namun sayang tanpa lab coat-nya, tak masalah jika kondisi figurnya masih bagus, dan yang paling penting sendinya berfungsi! 

Setelah bertanya pada seller-nya kondisi figur dan sendinya memang masih bagus, syukur deh, pas ditanya ongkirnya DUUUAR! Ternyata mahal, baru ngeuh yang jual orang Bali hahaha sedangkan saya ada di Jawa Barat, tapi sudahlah, harganya jauh lebih murah dari figur Bruce Banner yang saya incar di Tokopedia.

Sebenarnya di grup FB ada juga yang jual tapi harus dibeli sepasang dengan figur Hulk dan harganya hmmmm….kamu ‘gak bisa makan nasi Padang selama sebulan setengah!

Jadi walau pun kondisinya near mint tapi easy pass for me hahaha, ya berharap dibeli sama Sultan yang cepat bosan lalu dijual dengan harga reasonable alias harga second hahaha…..

Karena hujan deras seller baru bisa kirim hari Rabu 6 November 2019 dan diterima Kamis 7 November 2019.

Setelah dicek kondisinya bisa dibilang cukup baik, memang ada scrath di bagian kepala, kaki kiri yang melengkung, cat ada yang bocel sedikit di sana-sini, buat yang nitpicky pasti gatal lihatnya dan pasti mending pilih beli figur yang ada di Tokopedia atau grup FB yang kondisinya masih maknyus!

Buat saya, dengan mengingat harganya semua issue yang ada pada figur ini no problem! Toh bagian yang “meh” bisa saya swap dengan figur Bruce Banner lama yang tangan kirinya rusak. Well, itu alasan saya beli figur yang sama.

Pas dicek bagian sendi rupanya memang semua figur Bruce Banner ini punya masalah yang sama, sendi bahu kirinya memang peret, nyaris tak bisa diputar 360 derajat, Alhamdulillah yang ini bisa, dan saya berniat tak mengulanginya lagi hahaha, bahkan sendi tangan kanannya pun sama seretnya, sementara pada figur lama saya sendi tangan kanan lumayan lancar.

Mungkin itu sebabnya figur ini tak dirilis pada tahun 90-an sebagai satu produk yang utuh, dan cuma dirilis sebagai bagian dari aksesori figur Hulk Classics Gamma Punch pada tahun 2003, karena secara kualitas kurang baik, alias produk gagal, wallahu a'lam....



No comments:

Post a Comment