Wednesday, May 4, 2011

Komik Promosi

Hai ho...Komik bisa menjadi media untuk promosi lho...
Berikut salah satu contohnya 

Sketsa

Berawal dari sketsa berdasarkan naskah yang dikirim oleh penerbit, sketsa di atas merupakan visualisasi dari deskripsi yang mereka tulis. Waktu pengerjaan bisa sehari...:D saya yakin teman-teman bisa lebih cepat mengerjakannya.


Penerbit tidak hanya mengirim naskah saja, mereka mengirim bahan visual berupa logo dan referensi foto untuk diolah. 

Tinta

Setelah sketsa oke, masuk ke tahap penintaan (tracing), saya lebih senang meninta dengan menggunakan spidol, enak dipakai, dan murah :D, hasilnya jg gak terlalu mengecewakan.


Waktu pengerjaan bisa setengah hari, atau tergantung sketsanya, idealnya perbaikan gambar dilakukan ditahap sketsa, tapi kadang-kadang perbaikan tersebut dilakukan pada proses tracing. 

Pewarnaan

Setelah proses tracing selesai gambar lalu discan dan dibersihkan dari kotoran yang terdapat di permukaan kertas untuk masuk ke proses pewarnaan dengan menggunakan photoshop.


Pengerjaan kurang lebih setengah hari bahkan lebih tergantung teknik dan detail pengerjaan. Ditahap ini pula semua bahan visual yang diberikan oleh penerbit berupa logo dan sebagainya ditambahkan. 

Balon Suara

Setelah pewarnaan selesai, naskah disertakan ke dalam komik berupa balon suara. Penempatan teks diatur sedemikian rupa supaya tidak mengganggu ilustrasi.


Waktu pengerjaan kurang lebih setengah hari. Sampai di sini dulu teman-teman, mudah-mudahan penjelasan singkat ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment