Tuesday, May 24, 2011

Hulk 1st Appearance

Yang menarik dari figure Hulk ini adalah...Warna abunya yg dijadikan warna standar pada figure Hulk dari seri Marvel Legends 9 BAF Galactus 2005!

Biasanya warna abu pada figure Hulk cuma dijadikan warna variant dari Hulk warna hijau. Klo dilihat dari nama mainan ini "1st Appearance Grey Hulk" memang seharusnya demikian. Akan lebih pol lagi jika Figure Hulk ini dirilis pada seri awal Marvel Legends 1 (2002).

ML9 1st Appearance, Toy Biz.

Justru yang dirilis pada lini Marvel Legends 1 adalah Hulk warna hijau dengan berbagai variant, variasinya bukan berdasarkan warna kulit, tetapi dari aksesori dan artikulasinya. Gak masalah sih, mungkin karena warna Hulk yang ikonik dibenak masyarakat umum adalah hijau, Toy Biz gak mau ambil resiko dengan mengeluarkan Hulk warna abu pada peluncuran pertama.

Figure ini terdapat pada seri BAF (Build a Figure) Fin Fang Foom dari Hasbro. Figure Classic Grey Hulk satu pak dengan bagian kaki Fin Fang Foom yang harus dirangkai menjadi figure Fin Fang Foom utuh.

Setelah Hasbro mengambil alih, pada seri BAF Fin Fang Foom, Grey Hulk kembali menjadi warna standar produksi massal, dan hijau sebagai warna variantnya, sayangnya Hasbro tidak berupaya untuk membedakan keduanya selain dari warna kulit, semua berasal dari cetakan yang sama. Dasar Hasbro!

Sekilas tentang Grey Hulk

Hulk adalah salah satu karakter monster yang diciptakan oleh Stan Lee dan Kirby setelah The Thing anggota Fantastic Four. Hulk tampil dalam format komik bulan Mei 1962.

Hulk diambil dari tokoh literatur Frankenstein karya Mary Shelly's dan tokoh jadi-jadian dari Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde Robert Louis Stevenson. Sosok Grey Hulk yang digambar Kirby terinspirasi dari sosok Frankenstein versi film yang dibintangi oleh Boris Karloff.

Untuk lebih jelasnya tentang asal-usul Hulk bisa dibaca di wikipedia. Yuk kita teruskan ajah ke hal-hal menarik lainnya yuk...:P

Versi komik dan versi action figure

1st Appearance Hulk akan lebih baik bila ditambahkan aksesori berupa robekan kain warna oranye supaya lebih otentik dg versi komiknya. Sisanya sudah bagus, sculpt, mold, dan proporsinya hampir mendekati gaya gambar Kirby. Mungkin sedikit ganjalan di rambut yang mirip tempurung kelapa dibelah dua dan ukuran kepalanya yang terlalu besar. Kirby masih menyisakan rambut di pinggir dan belakang kepalanya, sedangkan pada versi figurnya bagian pinggir dan belakang dipapas habis tak bersisa.

Kiri: Grey Hulk 1st Appearance versi komik karya Jack Kirby, kanan: Grey Hulk 1st Appearance versi action figure, wujudnya berdasarkan gaya gambar Jack Kirby.

Foto promosi

Terdapat perbedaan ekspresi antara action figure Grey Hulk yg telah diproduksi massal dg foto promosinya Grey Hulk. Versi action figur Grey Hulk mulutnya tertutup dan figur Green Hulk mulutnya menyeringai sehingga giginya kelihatan, sedangkan versi foto promosi keduanya menyeringai. Bisa jadi dalam foto promosi itu Grey Hulk memakai prototype kepala Green Hulk. Jika memang ada Grey Hulk dengan mulut terbuka di pasaran berarti ada tiga variant Hulk pada lini ini, yaitu Grey Hulk mulut tertutup, Grey Hulk mulut menyeringai, dan Green Hulk.

Pada foto promosi, mulut Grey Hulk tampak menyeringai sedangkan pada figure produksi massal mulut Grey Hulk tertutup.

Hulk dan Solomon Grundy, tidak ada imitasi hanya adaptasi

Seingat saya pada badan Grey Hulk selalu terdapat sisa pakaian robek yang masih menutupi sebagian badannya, sedangkan pada Green Hulk hanya celana saja yang tersisa. Mulai dari Kirby, Lee Weeks, dan McFralene hampir menggambarkannya demikian, mungkin hal ini untuk menunjukan bahwa ukuran Grey Hulk lebih kecil dari pada Green Hulk.

Kiri: Solomon Grundy (BAF) DC Universe - Series 3 Set of 5 (Robin, Nightwing, Green Lantern, Deathstroke, Sinestro) Build Solomon Grundy, Made by Mattel Toys. Kanan: Pada tahun 60-an, pd nomor awal, Hulk tampil masih dengan pakaian compang-camping akibat perubahan bentuk dari Bruce Banner sbg manusia biasa menjadi Hulk, monster berwarna abu dengan ukuran dan kekuatan di atas manusia biasa. Tampilannya mirip dengan Solomon Grundy...

Solomon Grundy diciptakan lebih dahulu dari pada Hulk. Hulk pertama kali tampil di The Incredible Hulk #1, pada bulan Mei 1962, Solomon Grundy pertama kali tampil di All-American Comics #61 bulan Oktober 1944.

Menurut Stan Lee, Hulk merupakan kombinasi antara Dr. Jekyll and Mr. Hyde, dan Frankenstein. Sedangkan Solomon Grundy berasal dari kisah folklore berbau mistik yang berubah menjadi ikon popculture dalam bentuk tokoh komik keluaran penerbit komik DC.

Walaupun latar belakang keduanya berbeda, namun mereka mempunyai persamaan yaitu mampu bertransformasi dari manusia biasa ke bentuk monster besar dan kuat.

Figur ini cukup mengesankan, baik dari segi ukuran, proporsi, artikulasi, sclupt, detail, dan pengecatan. Saya berharap figur Hulk bisa seperti ini...Keren banget!

Ada yg menganggap ini Hulk-nya DC...Karena pada dasarnya sama, seorang manusia biasa yang bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih kuat, besar, dan mengerikan.

Entah kenapa tiap kali lihat figur Solomon Grundy tersebut, saya selalu menganggapnya sebagai Grey Hulk...Jika warna rambutnya hitam dan kostumnya ada unsur warna biru atau ungu di bagian celananya, akan semakin tampak mirip dengan Grey Hulk, pol!

Sekilas Solomon Grundy

Solomon Grundy.
Solomon Grundy adalah musuh Green Lantern era "golden age" (Alan Scott) yg berupa raksasa zombie besar dan kuat. Dinamai berdasarkan kumpulan sajak tradisional asal Inggris yang dipublikasikan pada 1842 oleh James Orchard Halliwell.

Lama-kelamaan Solomon Grundy menjadi musuh terkemuka dan tangguh bagi tokoh-tokoh superhero DC seperti Superman dan Batman.

Asal-usul Solomon Grundy bermacam-macam mulai dari versi Earth-Two, Earth-One, Post-Crisis, Seven Soldiers of Victory, Infinite Crisis, The Tornado's Path, Blackest Night, Batman Beyond, dan The New 52.

Asal usul berdasarkan Earth-Two dan Blackest Night

Pada akhir abad 19 seorang saudagar kaya raya bernama Cyrus Gold dibunuh, tubuhnya disembunyikan di Slaughter Swamp, dekat Gotham City.

50 tahun kemudian, mayatnya di "dihidupkan" kembali, Cyrus Gold bangkit dari kematian dengan terhuyung-huyung karena bercampur dengan komposisi rawa yang berada di sekitar mayatnya lebih dari satu dekade tanpa ingatan masa lalu tentang kehidupan sebelumnya.

Cyrus Gold dibunuh oleh dua narapidana yang kabur dan bersembunyi di rawa, pakaiannya diambil. Cyrus Gold yang dihidupkan lagi ini dengan jalan yang terseok-seok datang ke tempat penampuangan gelandangan, ketika seseorang menanyakan namanya, Cyrus hanya bisa mengingat "born on a Monday". Salah satu gelandangan menyebut dirinya "Solomon Grundy" (yang terlahir hari Senin/Monday), sejak saat itu Cyrus mengadopsi nama pemberian gelandangan itu.

Kuat, ganas, dan hampir gila membuat Solomon Grundy masuk ke dalam dunia kriminal, hal ini menarik perhatian Green Lantern/Alan Scott. Grundy mampu membuktikan bahwa dirinya lawan yang kuat dan tidak bisa dibunuh karena dirinya memang sudah mati, selain itu Grundy kebal terhadap kekuatan Green Lantern yang mempunyai kelemahan terhadap kayu, hal ini disebabkan salah satu komponen yang membentuk badan Solomon Grundy adalah kayu.

Akhirnya Solomon Grundy berhasil membunuh Green Lantern sampai sinar hijau dari tubuh Alan Scott memancar, Solomon Grundy menyukai pancaran hijau tersebut dan berharap dengan melakukan banyak pembunuhan Solomon Grundy bisa melihat sinar hijau itu lagi.

Kekuatan Solomon Grundy

Solomon Grundy mempunyai kekuatan dan stamina super, setiap tahunnya kekuatannya bertambah, pada cerita Batman berjudul "Long Holloween" Grundy berhasil dikalahkan Batman, namun di lain cerita kekuatan Grundy sebanding dengan Superman.

Transformasi Solomon Grundy ke Cyrus Gold.
Berkat "elemental energy" Grundy tidak bisa dihancurkan sehingga hampir kekal. Secara fisik dia kebal terhadap sihir dan serangan energi, panas atau dingin tidak mempengaruhi tubuhnya.

Solomon Grundy kebal terhadap kekuatan (original) Green Lantern/Alan Scott, dia gak perlu bernafas, tidur, dan makan, walaupun terkadang agak aneh ketika dicekik oleh Green Arrow dia sempat tersedak dan hampir tewas.

Grundy mempunyai faktor penyembuh. Dia sering kali dihancurkan dan kembali hidup cepat atau lambat dengan kekuatan dan kepribadian yang berbeda.

No comments:

Post a Comment