Monday, October 31, 2016

HB II Series II Wounded Hellboy - Includes Birdcage & Samaritan

Dulu pas dengan istri nonton film Hellboy: The Golden Army pernah ditanya "Punya action figure-nya 'gak?". Saya jawab 'gak punya. Saat itu figur Hellboy memang cukup langka, ada pun harganya gila, pokoknya bikin dompet menjeritlah.

Jauh sebelumnya pas jaman rame-rame jualan di Kaskus dan KG pasti ada yang tanya punya Hellboy 'gak? Aku kira nawarin eh ternyata mereka sedang cari. Sejak saat itu figur Hellboy menjadi wishlist, 'gak terlalu berharap tapi kalau dapat Alhamdulillah.

Sempat beberapa kali lihat penampakan figur Hellboy di grup dan toko online loose dan MOC, lihat harganya langsung "ngulapes" 'gak ada gairah. Baguslah, isi dompet selamat :D.

Sampai pada suatu hari ada penampakan lagi figur Hellboy dua versi di Facebook! Setelah tanya-tanya pada sellernya, ternyata harganya lumayan terjangkau! Memang bukan ori/asli, tapi recast.

Beli online memang agak "gambling" 'gak tahu kondisi barangnya bagaimana, jadi idealnya penjual harus jujur dan pembeli mesti kritis tanya sampai sedetail-detailnya. Bersyukur punya seller andalan, bersedia dikepoin, deal harga enak, fast respon, fair, dan jujur.

Awalnya sempat ragu & urung beli figur Hellboy karena saat itu seller-nya bilang 'gak ada sarung pistolnya, tapi akhirnya saya putuskan beli saja, soal sarung pistol 'kan bisa bikin sendiri, dari dua pilihan versi reguler dengan kaos hitam bercerutu kuba dan versi Hellboy terluka yang ditutupi perban, saya pilih yang pakai perban.

Selagi tunggu kiriman iseng-iseng survey, ternyata sudah ada beberapa seller lain jual Hellboy yang sama, saya tanya mereka tentang kondisi figur Hellboy-nya, ternyata di pinggangnya ada sarung pistolnya, 'gak terlihat karena tertutup jaket.

Jadi dag dig dug, figure Hellboy saya ada sarungnya 'gak ya?

Hellboy Recast

Setelah figur Hellboy saya datang, buru-buru dibuka dan langsung cek sarung (holster) pistol revolver di pinggangnya, dan ternyata ada! Lega, 'gak perlu cari-cari bahan kain buat holster Samaritan di Cigondewah dan berurusan dengan tukang jahit hehehe....

Figur dikemas dalam plastik bening tertutup (sealed), jadi seller 'gak bisa macam-macam. Kondisi barang apa adanya, memang sulit mengamati figur ini dalam kemasan plastik seperti itu, apalagi memeriksa holster handgun di balik jaket. Susah.

Bahan

Karena tidak punya figur Hellboy asli produksi Mezco, jadi tidak bisa membandingkan secara "apple to apple", jadi cuma bisa menyatakan kondisi figur Hellboy KW ini seadanya.

Di dalam kemasan plastik terdiri dari figur Hellboy dan Samaritan (pistol) yang dikemas dengan plastik kecil. Pas dibuka timbul semerbak aroma menyengat, tidak wangi seperti figur asli, tapi aroma itu segera hilang, dan pas dicium figur tidak lagi bau.

Aroma itu berasal dari jaket (coat), karena bahannya beda dengan badan figur. Bahan jaket ini seperti karet atau plastik elastis. Sedangkan bahan badan terbuat dari plastik solid tidak berbau.

Cat

Dipegang tidak lengket! Cukup aman, bau tidak nempel di tangan. Untuk ukuran recast pengerjaan cat pada figur ini cukup apik, berbagai teknik aplikasi cat seperti brush pada jaket dan badan, efek wash/dry brush pada celana dan pistol cukup mengesankan.

Detail efek logam pada ikatan jaket, sabuk, mata tombak, digarap rapih.

Efek darah pada perban berupa cat merah juga disertakan, namun kalau dibandingkan dengan figur versi asli di youtube warna merah pada versi recast lebih gelap, giginya tidak terlalu putih, dan tidak ada efek wash cat hitam/gelap di setiap tepian giginya sebagai efek sela gigi.

Aksesori

Figur Hellboy versi asli terdiri dari birdcage (sangkar burung) dan pistol revolver (Samaritan), versi recast cuma revolver saja. Logo Bureau for Paranormal Research and Defense (BPRD) pada Samaritan (pistol revolver) versi recast tidak dicat perak seperti pada versi asli, efek wash/dry brush warna perak pada versi recast tidak terlalu kentara, tapi cylinder-nya bisa dibuka sama seperti versi asli. Tidak terdapat trigger (pelatuk) seperti versi asli.

Sendi

Seret! Malah sendi pinggang harus diputar agak keras. Semua sendi berfungsi dengan baik, artikulasi figur Hellboy recast sama dengan aslinya, sendi-sendi tersebut terdapat pada kepala, bahu, lengan atas, sikut tangan kiri, pergelangan tangan, torso, pinggang, selangkangan, lutut, dan pergelangan kaki. Di ekornya ada sendi putar.

Malah seperti yang terlihat di youtube sendi versi asli mudah copot! Versi recast relatif aman, setidaknya masih belum sempat dimainkan sih hehehe. Secara anatomi semua bagian terlihat normal, tidak ada defect seperti dislokasi atau salah pasang part. Aman.



Sculpt

Sekilas hampir sama dengan versi asli, ya namanya juga recast, nge-mold dari versi asli, namun 'gak tahu dari asal cetakannya dari figur atau langsung dari prototype yang jelas figur Hellboy ini oke banget!

Overall, puas! Walaupun tanpa kemasan card blister dan aksesori sangkar burung, namun figur Hellboy recast ini cukup worth it! Rata-rata seller jual per-set yang terdiri dari Hellboy reguler (kaos hitam) dan versi Wounded. Ada juga yang jual satuan, enjoy, dan happy hunting!

2 comments:

  1. Sy baru mau beli hellboy yg smoking version, tangan mengepal, dpt akseosri handgun loose. Bgmn membedakan asli atau palsunya? Sy baru mau beli online dan kata penjualnya ori hanya harganya lumayan miring.

    ReplyDelete
  2. Klo beli online susah membedakan ori atau palsu, karena pengaruh efek, pencahayaan, dan manupulasi kamera. Kalau beli langsung bisa dilihat dari kualitas cetakan, bahan, cat, dan detail dekal pada bagian tertentu. Sebaiknya beli bro yuddie beli langsung, tapi terlebih dulu survey di youtube atau situs mainan sebagai perbandingan. Saya sebut Hellboy ini recast berdasarkan keterangan dari seller-nya, namun apabila diperhatikan kualitasnya lumayan oke. Bisa jadi ori harga miring karena loose, aksesori tak ada, atau BU.

    ReplyDelete