Saturday, October 8, 2016

Action Figure Vision Marvel's Avengers Age of Ultron Movie Bootleg

Sepertinya sekitar Agustus 2016 dengar tentang figur tokoh film Captain America: Civil War (CACW) bootleg ini. Semua karakter dibikin! Sekilas desain karakternya oke, proporsional, lumayan otentik dengan versi filmnya.

Namun berdasarkan review dan keterangan orang-orang yang telah membelinya waktu itu ukurannya kurang cocok dengan action figure resmi keluaran Hasbro & diamond Select, jadi figure ini punya skala sendiri.

Untuk figur tidak resmi wujudnya bagus, artikulasi lumayan posable, namun pas bagian wajah agak off, padahal basic sculpt-nya sudah bagus, ada beberapa orang yang make over wajahnya dan berhasil jadi tampak lebih detail dan terlihat realistik!

Dari semua tokoh yang dirilis oleh produsen ini yang belum dibuat produsen resmi adalah Vision. bagi saya Vision tampak menarik perhatian karena belum pernah ada action figure Vision versi movie ukuran 6" selama ini.
Kesan pertama lumayan keren! Mungkin belum ada pembanding dengan figure Vision movies yang lain kali ya? Official atau enggak kurang tahu, yang jelas selama Hasbro belum bikin, figure ini layak dimiliki. Berikut beberapa point yang tampak dari figure Vision saya:
  1. Bahan plastik kayaknya aman, baunya gak menyengat, tapi 'gak sewangi kayak baru buka figure ori.
  2. Sculptnya oke, tekstur badan & pola pada jubah pada Vision terlihat jelas dan merata. Sayang pola khas pada wajah tidak begitu terlihat, sedangkan sculpt pola pada bagian lain seperti lengan, sepatu, jubah, dan badan jelas terlihat.
  3. Cat rapih, dan presisi, namun kurang akurat dan detail, ada beberapa yang terlewat, misalnya warna gem di dahi/keningnya, aplikasi cat pada jubah hanya ada di bagian dalam, bagian luar kuning polos, leher, kepala, sabuk, dan sebagainya. Biar pol cat sendiri ajah lagi di bagian2 yang dilewat.
  4. Proporsi badannya baik dan ideal, kalau dibikin lebih ramping kayaknya makin oke.
  5. Artikulasi, buat Vision cukuplah ya secara dia 'gak terlalu "maceuh" 'gak kayak tokoh lainnya. Sendi pada leher, torso, bahu, siku, pergelangan tangan & kaki, selangkangan, dan lutut bisa berfungsi dengan baik.
  6. Jubah bisa dilepas pasang, dudukan dan kuncian pas & akurat, bisa terpasang dengan baik 'gak mudah lepas.
  7. Ukuran tinggi kurang lebih 17 cm. 'Blom membandingkan tinggi figure ini dengan ML & MS.
  8. Kayaknya 'klo tambah aksesori palu Thor bisa tambah keren, karena pose salah satu tangannya sedang (semi) menggenggam. Mesti cari palu Thor dari figure KW yang sempat beredar beberapa waktu yang lalu, kira-kira pas 'gak ya? :p
  9. Packaging oke banget, selain bubble luar ada bubble dalam yang terbagi jadi dua bagian, figure dan jubah, bagian figure diikat dengan tali karet, cukup aman.
  10. Berbobot, gak seberat MS sih, kayaknya sama beratnya dg ML.





Bootleg Bantu Bootleg

Kalau ingat adegan Vision mengangkat palu Thor di film CACW jadi ingat aksesori palu Thor dari action figure Thor bootleg beberapa bulan lalu.

Ketika disandingkan antara Vision dan Thor dari seri Marvel Legend (ML) tingginya hampir sama, Vision lebih pendek sedikit, itu berarti palu Thor bootleg itu bisa dipake karena Thor bootleg ini dibuat berdsarkan Thor seri ML, jadi ukurannya pas.

Namun sayang palu Thor bootleg ini warnanya hitam solid, jadi untuk mendapatkan kesan palu yang represntatif dan berkarakter harus dicat.

Bahannya juga kurang bagus sepertinya terbuat dari karet sehingga tangkainya sedikit melengkung dan elastis. Setelah dicat pake warna X-11 chrome silver, palu Thor jadi terlihat mending di genggaman Vision.

Saya berharap ketika Hasbro membuat action figure Vision movie palu Thor disertakan sebagai aksesori atau bahkan dibikin variant Vision versi tidak pakai jubah yang baru keluar dari pit.






Packaging

Beberapa yang mereview seri ini mengeluhkan tentang kemasannya, pada umumnya mereka mendapatkan figur ini dari ebay dalam keadaan loose antara 7-15 dolar AS.

Berbeda dengan konsumen Indonesia figur ini memakai kemasan, malah kemasannya cukup apik & aman untuk ukuran figur tanpa lisensi.

Figur diikat dengan tali plastik, jubah terpisah dan dikemas dalam bubble blister tersendiri, semua terekat pada card tebal dengan desain yang oke.

Kualitas cetak, komposisi, dan tata letaknya terorganisir, apik, dan bagus. Sayang hampir semuanya tulisan Tiongkok jadi sulit untuk diidentifikasi.

Di bagian depan terdapat stiker hologram tulisan Marvel, entah apa maksud & tujuannya, padahal tanpa stiker pun packaging-nya benar-benar representatif, tidak kalah dengan kemasan produk resmi seperti Hasbro, Mattel, dan lain-lain.

Ukuran

Jika dibandingkan dengan figur berlisensi lain seperti produk dari Hasbro seri Marvel Legends dan Marvel Select tinggi Vision ini tanggung, 'gak bisa ikut ke mana-mana, tampaknya ukuran figurnya punya proporsi sendiri di luar standar yang ada.

Contohnya figur Vision ini kalau disandingkan dengan Thor dari Marvel Select terlalu pendek, kalau disandingkan dengan Thor dari Marvel Legends juga masih pendek tapi tak terlalu kentara. Tampak jomplang kalau disandingkan dengan tokoh lain dari Marvel Legends seperti Black Phanter, Hawk Eye, dan lain-lain.



‘Klo dibandingkan dengan figure Scarlet Witch versi Marvel Legends Series, Vision bootleg ini ketinggian, tampak perbandingan bahu ML Scarlet Witch dengan dada (torso) Vision bootleg lumayan pas seperti di film Captain America: Civil War, namun karena leher Vision bootleg ini terlalu panjang proporsinya jadi agak aneh.

Buat teman2 yang sabar menanti Vision dari Hasbro kayaknya memang patut buat ditunggu, semoga ‘gak sekadar repaint dari mold Vision sebelumnya.

No comments:

Post a Comment