Sunday, January 11, 2015

BAF PITT

PITT adalah salah satu karakter tokoh dari penerbit komik Full Bleed Studios/Image Comics ciptaan Dale Keown. Muncul pertama kali pada komik "PITT" #1, 1993.

PITT merupakan makhluk hibrid antara manusia dan alien, diciptakan oleh ras alien Creed. Makhluk hibrid ini diciptakan sebagai mesin pembunuh.

Penampilannya lebih cenderung mirip alien daripada orang. Matanya merah tanpa pupil, kulitnya abu, 'gak punya hidung, dan punya gigi tajam yang besar.

Sekilas Tentang Pitt

Pada 1981 suami istri bernama Allen dan Annie Bracken sedang dalam perjalanan ke Rumah Sakit (RS), tiba-tiba mereka diculik oleh pesawat Creed, kaisar Creed bernama Zoyvod mengambil sel telur dari Annie, setelah itu mereka dikembalikan ke Bumi.

Ketika suami istri itu dikembalikan ke Bumi, mereka melanjutkan hidupnya, beberapa lama kemudian lahirlah Timmy, yang kelak akan menjadi saudaranya Pitt.

Sementara itu kaisar Zoyvod menggabungkan stuktur genetiknya dengan sel telur Annie yang akan menjadi makhluk hibrid bernama Pitt. Sel telur itu tumbuh dan berkembang di dalam tabung, namun tiba-tiba saja makhluk hibrid bernama Pitt itu terbangun dan melarikan diri.

Tetapi makhluk hibrid lainnya bernama Worth yang merupakan saudara tiri Pitt mengejar dan menyerangnya. Worth percaya diri bahwa Pitt telah mati.

Makhluk Creed bernama Quagg disuruh untuk membuang tubuh Pitt, dalam perjalanan Quagg diserang Pitt yang ternyata masih hidup, dalam perkelahian tersebut Pitt terlempar ke ruang angkasa.

Pitt berhasil mendarat dan hidup liar di daerah pembuangan. Zoyvod mengirim tim yang dipimpin Quagg untuk mengembalikan Pitt.

Tapi dalam misi itu hanya Quagg yang selamat. Sejak saat itu Pitt dilatih oleh Quagg untuk menjadi seorang pembunuh di bawah pimpinan kaisar Zoyvod.

Pada suatu hari ketika menyerang planet Chakra seseorang bernama Seer "melelehkan" kesadaran seorang anak benama Jereb yang memiliki kekuatan spiritual dengan Pitt, penggabungan tersebut mengubah Pitt, dan membuatnya menjadi seorang buronan.

Dalam pelariannya Pitt tiba di Bumi, kebetulan dia mendarat di New York dekat tempat tinggal Timmy, saat itu Timmy dan kakeknya diserang oleh berandalan, lalu Pitt menolong mereka. Setelah menolong Timmy & kakeknya, Pitt menghilang, Pitt berusaha beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Di Bumi Pitt diikuti oleh makhluk Creed. Mereka menyerang Timmy karena mempunyai struktur genetik yang sama dengan Pitt, kejadian tersebut mempertemukan kembali Pitt dan Timmy.

Kekuatan Pitt

Pitt sangat kuat namun kekuatannya masih di bawah Hulk. Pitt menggunakan rasa sakitnya untuk stimulasi. Pitt mampu melompat 10 km sekali loncat. Gigi tajamnya mampu merobek hampir segala jenis benda.

Mampu bertahan terhadap serangan yang berasal dari kekuatan super. Pitt mampu menyembuhkan dirinya dari serangan fatal dengan cepat. Walaupun terbatas, Pitt mampu membaca pikiran dan menghentikan serangan lawannya.

Action Figure Pitt

Ketika Toy Biz kehilangan lisensinya untuk membuat action figure tokoh Marvel dalam seri "Marvel Legends", para fans kecewa. Namun beberapa tahun kemudian Toy Biz kembali muncul dengan nama Marvel Toys, Mavel Toys membuat lini baru untuk menggarap action figure tokoh komik dari berbagai penerbit komik baru yang disatukan dalam seri "Legendary Comic Book Heroes".

Pengerjaannya hampir sama, action figure tersebut disertai dengan artikulasi dan detail yang mengagumkan, tentu saja setiap figur disertai potongan-potongan figur yang harus dirangkai menjadi satu figur yang utuh (BAF/Build a Figure).

Seri pertama dari lini ini adalah "PITT Series", figur Pitt menjadi BAF dari enam tokoh yang diproduksi oleh Toy Biz. Enam figur itu adalah:
  1. Superpatriot (with variant) disertai tangan kiri Pitt
  2. Savage Dragon disertai kaki kiri Pitt
  3. Judge Dreed disertai kaki kanan Pitt
  4. Madman disertai selangkangan Pitt dan figurine Timmy
  5. Witchblade disertai dada dan kepala Pitt
  6. Ripclaw disertai tangan kanan Pitt
Setelah BAF Pitt disusun dan dirangkai tingginya bisa mencapai 11" (28 cm), cocok disandingkan dengan figur Hulk Icons. Mempunyai artikulasi yang banyak, terdiri dari:
  • balljointed neck
  • balljointed shoulders
  • bicep swivels
  • hinged elbows
  • peg forearms
  • hinged wrists
  • eight finger joints on each hand
  • a hinged torso
  • swivel waist
  • balljointed hips
  • swivel thighs
  • hinged knees
  • peg shins
  • hinged rocker ankles
  • hinged toes
Sementara figur Pitt mempunyai detail dan artikulasi yang super, figurine Timmy 'gak punya artikulasi sama sekali, namun wujudnya lumayan otentik dengan versi komiknya. Tinggi figur Timmy sekitar 3,75".

Detail dan artikulasi figur ini keren banget! Mungkin karena ukurannya yang besar kali ya? Berikut beberapa detail yang terdapat pada figur Pitt, untuk sebuah produk massal detail tersebut termasuk luar biasa.

Kunci gembok pada rantai

Gembok ini terdapat pada jaket dan pinggang, ukurannya kecil, namun sangat detail mulai dari sculpt, efek logam, dan bahkan efek lubang kuncinya pun disertakan!


Gemboknya pun "nyantol", 'gak menyatu dengan rantainya, jadi secara teknis gembok ini punya mold tersendiri, kalau mau bisa dicopot sebagai aksesori tersendiri.


Efek Pakaian

Salah satu yang membuat kagum adalah efek rantai di balik jaket yang terlihat dari luar. Bisa saja Sculptor-nya mengabaikan efek ini, tapi sangat beruntung para fans mendapatkannya. 



Selain efek rantai, pewarnaan untuk jaket ini juga mengagumkan, warna jaket dalam dan luar berbeda, sangat otentik dengan versi komiknya, plus rantai di bagian depan terlihat jelas seakan-akan muncul di balik jaket. 



Spike-spikenya dicat berbeda sehingga kesan materialnya terlihat, efek zipper-nya mantap! Tidak dibuat satu blok gitu, tapi di sculpt menjadi beberapa bagian! 

Artikulasi 



Telah disampaikan detail artikulasinya di atas, tapi artikulasi pada jari layak untuk diberikan perhatian lebih. Selain artikulasi antara telapak tangan dan jari, pada figur ini terdapat artikulasi antar ruas jari, artikulasi tersebut lumayan jarang diberikan pada figur-figur reguler sejenis.

Sebenarnya masih ada beberapa hal keren lainnya yang terdapat pada figur BAF Pitt ini untuk diperhatikan, seperti tekstur kulit dan efek cat, tapi akan lebih baik jika melihatnya sendiri. :)

No comments:

Post a Comment