Monday, January 5, 2015

HW CITY: '69 DODGE CHARGER 500



'69 Dodge Charger 500 termasuk generasi kedua dari seri mobil ukuran sedang produksi Chrysler 1966-1978. Pada 1968 Charger R/T gagal mengalahkan Ford Torino Talladega dan Mercury Cyclon Spoiler II dalam arena oval kejuaraan balap NASCAR.

Dalam percobaan di terowongan angin terbukti bahwa rongga jendela belakang menyebabkan mobil agak "melayang" ditambah desain 2 lubang "menganga" pada gril depan menghasilkan gesekan yang menghambat laju kendaraan.

Akhirnya Dodge membuat jendela belakang menyatu dengan atap mobil dan memasang gril model Coronet di depannya. Prototipe asli Dodge Charger 500 dibuat dari Dodge Charger R/T dengan 426 Hemi dan transmisi otomatis.

Prototipe tersebut dicat biru dengan strip putih di belakangnya, begitu juga dengan warna interiornya. Charger 500 mempunyai torsi yang sama dengan Charger R/T.

Dodge Charger 500 hanya diproduksi 500 unit saja di antara spesifikasi standar tersebut, ada yang memakai mesin 426 Hemi dengan 4 kecepatan, dan transmisi otomatis yang cuma diproduksi 67 unit.





Hot Wheels Dodge Charger 500

Hot Wheels telah banyak membuat casting seri mobil muscle termasuk Dodge Charger...Apakah General Lee dari film seri "The Dukes of Hazzard" yang dikemudikan oleh Bo & Luke bakal segera dirilis? Untuk sementara blom ada tanda-tandanya, setidaknya berdasarkan daftar Hot Wheels 2015.

Hot Wheels malah membuat mold Dodge Charger baru di tahun 2015 berdasarkan model 1969 Dodge Charger 500 untuk merayakan Hemi ke-50, karena memang mobil ini menggunakan mesin 426 Hemi. Dibuat berdasarkan prototipe berwarna biru strip putih, penampilannya lumayan otentik, mirip dengan versi sungguhannya. Pada Dodge Charger 500 biru versi diecast 1/64 logo Hemi ditempelkan di kedua sisi pintu.

Bila ingin menghilangkan stiker dekal logo Hemi di bagian pintu supaya otentik banget dengan Dodge Charger 500 versi asli, logonya bisa dihapus pakai kayu putih. Lumayan manjur tanpa menghilangkan cat bodi pada mobil. Selamat mencoba!

5 comments:

  1. salam kenal bro. ane lg ngumpulin juga. barusam aja mulai.hehe.
    koleksi 2015 di indomart udh ada blm gan? ane kmrn hunt di hyper krn lg diskon aja gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga, beberapa item HW 2015 dah beredar, saya dapat '69 Dodge Charger 500 ini di Indomaret, Bandung. Sekilas item keren ini masih terlihat di gantungan rak mainan mereka.

      Delete
    2. ooh kalo ane di bekasi nih hehe. kalau diloose gitu agan rawatnya gimana? bagus di blister atau loose aja? matur nuwun kang.

      Delete
    3. Merawatnya cukup dilap saja. Klo buat sekadar hobi bisa diloose, tapi klo buat investasi ada baiknya disimpan dalam keadaan mint di tempat yg aman. Sama-sama mas :)

      Delete
  2. Wahh ane ngumpulin charger baru dapet yg thn 70,69, daytona,brazillian. List hotwheels yg dodge charger apa aja sih?

    ReplyDelete