Monday, August 18, 2014

Marvel Legends Infinite Series - Captain America The Winter Soldier: Black Widow, 2014

Pelengkap Set The Avengers 2012

Ada apa dengan figur Black Widow sehingga sulit dicari? Mungkin karena pada 2012 lalu do'i gak disertakan dalam set action figure "The Avengers edisi Walmart Exclusive" ukuran 6" yang terdiri dari Hulk, Loki, Hawakeye, Thor, Iron Man, dan Captain America…

Ya, dalam seri itu gak ada Black Widow! Saat itu action figure Black Widow hanya muncul versi 3,75" saja.

Di akhir 2013, Hasbro mengeluarkan action figure Black Widow ukuran 6" dalam seri "Marvel Legends Infinite Series - Captain America The Winter Soldier: Black Widow" sebagai bagian dari memorabilia sequel film Captain America: The Winter Soldier.

Jadi para kolektor figur yang ingin melengkapi set The Avengers yang sebelumnya telah dirilis memburu figur Black Widow seri Infinite ini.

Figur tersebut bisa disandingkan dengan set The Avengers edisi Walmart Exclusive berkat tambahan berupa head sculpt Black Widow berambut pendek.

Selain tambahan kepala, aksesori figur ini dilengkapi juga dengan tambahan 2 tangan, senjata, dan BAF badan Mandroid. Walaupun dilengkapi dengan tangan dengan pose memegang pistol, namun Hasbro membuat pistolnya permanen dan tidak bisa dilepas.

Kualitas Produk

Selain itu figur figur Black Widow secara kualitas memang bagus, ada yang bilang figur ini merupakan figur wanita terbaik dari seri Marvel Legends produksi Hasbro. Proporsinya pas dengan gaya realistis, mampu menggambarkan Scarlett Johansson (ScarJo) aktris pemeran Black Widow dengan sangat baik.

Detail sclupt-nya keren, terutama pada bagian ritssluiting, tekstur kostum, rambut, dan efek sambungan bahan pakaiannya terlihat jelas. Aplikasi cat pada figur ini benar-benar rapih dan jelas mulai pada logo "Black Widow" di sabuk, logo S.H.I.E.L.D. di bahu sampai pada nuansa warna untuk kostum, kulit, rambut, dan aksesori digarap dengan baik.

Minus

Hal yang paling banyak dikeluhkan oleh kolektor adalah figur ini tidak disertai aksesori pistol, padahal ada aksesori tangan tambahan dengan pose memegang pistol/senjata. Pistol hanya disertakan dalam bentuk sculpt yang dibuat permanen.

Walaupun cukup mirip dengan ScarJo, namun ekspresinya terlalu netral sehingga jika diposekan dalam adegan aksi jadi terlihat aneh. Artikulasi pada tangan hanya bisa diputar di pergelangannya saja otomatis pergerakannya jadi terbatas. Telapak kaki yang "proporsional" justru membuat figur ini sulit berdiri terutama jika sedang memegang aksesori berupa senjata.

Artikulasi

Dengan kurang lebih 9 titik artikulasi figur ini bisa diposekan dalam adegan yang cukup keren, secara keseluruhan ukuran figur ini lebih kecil sedikit dibandingkan dengan figur cewek produksi Hasbro lainnya, bahkan figur ini lebih pendek dari 2 figur Black Widow produksi Hasbro lainnya yaitu Marvel Legends Winter Soldier dan Black Widow 2 pack versi abu dan hitam. Sendinya terdiri dari:
  • Sendi bola di kepala
  • Sendi pasak/patok pada bahu
  • Sendi putar pada siku
  • Sendi putar pada pergelangan
  • Sendi putar di perut
  • Sendi bola di panggul
  • Sendi potong di pangkal paha
  • Sendi sambungan dobel pada lutut
  • Sendi putar pada tumit
Harga

Entah karena faktor apa figur Black Widow jadi susah didapatkan, bahkan ketika harga melambung tinggi beberapa orang rela untuk antri mendapatkannya. Tidak hanya di sini bahkan di AS sendiri figur ini termasuk susah dicari.

Sebenarnya figur ini selalu tersedia di toko online seperti Amazon.com tapi tidak dengan harga yang wajar, rata-rata dibandrol dengan harga 65 dolar AS. Harga figur Marvel Legends ukuran 6" sekarang memang tergolong mahal, harga normalnya saja sudah 22 dolar AS padahal dulu harganya antara 14 dolar AS - 19,99 dolar AS.

Di Bandung, setelah menunggu antrian dan mendapatkan jatah Pre Order (PO) gelombang ke-2 harga figur Black Widow tanpa BAF Mandroid (BIB) bisa mencapai Rp 450.000-Rp 475.000, sedangkan figur Black Widow MOC saat ini dibandrol dengan harga Rp 600.000-Rp 850.000.

"Girls don't sell" inilah yang melahirkan action figure, mungkin istilah itu sudah basi, figur Black Widow telah membuktikannya. Kini tinggal menunggu reaksi pasar, mudah-mudahan ada figur Black Widow KW atau bootleg tanpa kepala dan tangan cadangan, sehingga orang bisa mendapatkan figur ini dengan mudah dan murah.

Atau berharap Hasbro merilis ulang figur ini dalam set The Avengers: Age of Ultron nanti, atau kalau memang MARVEL jadi bikin film Black Widow semoga saja figur ini bisa dirilis lagi sebagai memorabilia dan pernak-pernik film tersebut...Kalau kata teman saya mah "sabar weh"....:)



Update 13 Juli 2020

Sekitar 2015 Figur Black Widow Winter Soldier ini pada bermunculan, dijual dengan harga di atas Rp 400 ribu-an (MOC/BIB), ada yang jual Rp 475.000 atau price by pm jadi belum jelas kisaran harganya berapa, tapi pada tahun 2014 sempat ada yang jual Rp 375.000 tanpa part tangan dan alt HS. Setelah hampir enam tahun figur ini jarang terlihat mungkin para fans menunggu figur BW selanjutnya.

Black Widow The Avengers: Infinity War



Keren! Face Print 3D membuat wajah aktor dan aktris film pada action figure jadi terlihat mirip! Begitu juga dengan action figure Black Widow (BW) di film The Avengers: Infinity War (IW) ini tampak jauh lebih baik dibandingkan dengan figur BW sebelumnya di film Captain America: The Winter Soldier (WS).

Seri Grey Suit & IW.
BW WS

Akan tetapi jika diperhatikan lebih jauh BW versi WS masih unggul di bagian sculpt dan aplikasi cat yang lebih variatif dan kaya detail. Disertai sepasang tangan alternatif dan satu kepala tambahan dengan model rambut yang berbeda.

Kelemahannya selain pada wajah yang kurang mirip juga pada artikulasi tangan yang tak mempunyai sendi di pergelangannya. Holster pistol diecast dan dipotong di antara sabuk dan tali holster agar lebih poseable, tapi hal itu jadi tampak mengganggu secara estetika. Figur kurang stabil gegara pergelangan kaki dan model sepatu berhak.

Seri Deadly Origin & IW.
BW IW

Sementara BW versi IW unggul pada head sculpt (HS) wajah yang lebih mirip, ada sendi di pergelangan tangan, senjata di holster removeable, sambungan tali antara holster dan sabuk menggunakan bahan lentur dan elastis jadi tak mengganggu pergerakan.

Jaket bisa dilepas, ada semacam kuncian berupa button di samping badan. Disertai aksesori berupa 2 baton yang bisa disatukan menjadi tongkat, sepasang tangan alternatif mengepal, dan dua buah senjata untuk disimpan di holster.

Kelemahan BW versi IW ini terlihat di pergelangan tangan yang tampak renggang gegara model pasaknya yang tak bisa masuk lebih dalam lagi ke lubang port di pergelangan tangan, namun bisa diatasi dengan mengganti tangannya dari action figure BW seri vintage/retro, tak terlalu ideal, tapi jauh lebih mending dari pada tangan bawaannya.

Head Swap Black Widow Action Figure
Seri Vintage/Retro & IW.

Kelebihan lain dari seri BW seri IF ini adalah HS-nya yang hampir bisa masuk ke semua badan figur BW Hasbro lainnya, cuma sayang terkadang panjang pendek leher dan skin tone-nya berbeda-beda sehingga membuat proporsinya tampak aneh, sementara badan BW IW tak bisa semua dimasuki oleh HS BW lainnya, misalnya:

Badan BW IW dengan HS BW Grey Suit. Skin tone sama, bisa masuk tapi longgar dan proporsional. Vice versa.

Seri The Winter Soldier & IW.
Badan BW IW dengan HS White Black Widow (Deadly Origin). Skin tone beda, bisa masuk pas dan proporsional. Vice versa.

Badan BW IW dengan HS BW seri Vintage/Retro. Skin tone beda, bisa masuk pas, agak longgar dan cukup proporsional. Wierd.

Badan BW IW dengan HS BW Winter Soldier. Skin tone beda, tidak bisa masuk, tidak proporsional. Wierd.

Badan BW IW dengan HS Jessica Jones. Skin tone beda, bisa masuk pas, agak longgar dan proporsional. Vice versa.

Seri Jessica Jones & IW.
Belum mencoba pada action figure BW Rider Series dan Movies terbarunya karena tak punya dan enggak ada minat. Sudah cukup dengan versi BW IF ini.

Versi BW IF ini dirilis dua kali dalam dua lini BAF berbeda oleh Hasbro, pertama di seri BAF Obsidian Cull pada 2018, kedua di lini Marvel Legends Best Of seri BAF Thanos (repacked) pada 2019.

Keduanya sama saja tak ada perubahan dari segi cat, tak ada penambahan aksesori kecuali part BAF, dan sebagainya, beda kemasan saja, faktor "milking" terhadap kosumen?
Bisa jadi hahaha....

No comments:

Post a Comment