Sunday, January 14, 2018

JADA TOYS NANO METALFIGS

Pada Juli 2017 Jada telah memasarkan lini mainan terbarunya yaitu Nano Metalfigs, figur diecast mini ini berukuran 1,65 Inchi (sekitar 4 cm) berbahan besi dengan berat sekitar 30 gram. Dijual seharga 0,99 dolar AS (Rp13.250) untuk versi single pack, 4,99 dolar AS untuk 5 pack.

Untuk tahun pertama Jada berencana merilis 20 figur dari berbagai tokoh berlisensi di antaranya dari DC dan Marvel Comics, figur tersebut ada yang dilengkapi display diorama dengan harga 29,99 dolar AS, diorama tersebut disertai dua figur eksklusif dan fitur unik.

Pada Januari 2018 di beberapa tempat di Bandung Nano Minifigs ini bisa dibeli di Alfamart seharga Rp 29.900, sejauh ini figur yang beredar terdiri dari tokoh-tokoh komik DC, Marvel, dan Disney.



Belum terbayang prospek mainan ini ke depannya bagaimana, sudah ada produsen sebelumnya yang telah membuat figur mini namun berbahan plastik, itu pun kalau tidak salah tidak dijual berdiri sendiri dalam packing tersendiri, tapi sebagai gimmick satu event atau produk tertentu, misalnya bagian dari memorabilia film, sebagai pion bidak catur, bonus hadiah dari makanan tertentu, gashapon, dan sebagainya.

Jada cukup berani memproduksi mainan ini, dari segi lisensi pasti tidak murah, mulai dari tokoh game, komik, dan film dari berbagai studio mereka rilis. Bahan untuk membuat mainan yang mereka rilis dari logam, ongkos produksi mungkin bisa lebih mahal dari bahan plastik. Ukurannya terlalu kecil sehingga terkesan kurang represtatif dalam menampilkan suatu tokoh tertentu, banyak elemen dan detail yang hilang.

Eaglemoss salah satu produsen mainan di Inggris telah membuat diecast figur dari logam, namun ukurannya lebih besar dari diecast figur Nano dari Jada, ukuran figur diecast Eaglemoss sekitar 3,75 Inchi, dengan ukuran segitu cukup bisa menampilkan berbagai macam detail dari suatu tokoh seperti pose, ekspresi, tekstur, dan variasi cat.

Nano Metalfigs Jada sebaliknya, semua detail itu tidak ada, jadi terkesan seadanya, hanya beberapa elemen esensial saja yang ditampilkan, seperti bentuk dari sosok tokoh tertentu, warna, dan simbol. Beruntung kalau tokoh yang dibuat wujudnya sederhana misalnya Baymax (tanpa armor) dari Big Hero 6.

Nano Metalfigs tampaknya sulit untuk menangkap efek bulu dari tokoh Sulley Monster Inc., namun cukup baik menampilan Stitch karena pada dasarnya tokoh Stitch dalam film Lilo & Stitch memang kecil.

Sejauh ini Jada memasarkan seri Nano Metalfigs ini dalam bentuk variasi kemasan single dan pack yang terdiri isi 5-pack, 10-pack, dan 20-pack, Nano Scene dengan diorama yang mempunyai fitur tertentu, dan Metals Die Cast sebagai aksesori kendaraan diecast skala 1:24.

Menurut pehobi miniatur kereta api, Nano Metalfigs termasuk skala 1:43 (1,65 Inchi) ukuran tersebut mewakili skala orang sebenarnya dengan tinggi 6 kaki (1,8 meter), jadi ketika 1,65 Inchi dibagi 6, kita akan mendapatkan 0,275 Inchi yang berarti 0,275 Inchi tersebut mewakili 1 foot. Namun apabila figur Nano ini disandingkan dengan diecast mobil 1:43 figurnya jadi terlihat besar, jadi memang cocok dengan diecast mobil skala 1:24.

Bebarapa pehobi mengeluhkan harga yang sekarang beredar di pasaran senilai Rp 29.900, mereka rasa harga tersebut terlalu mahal, karena bila dibandingkan dengan mainan diecast mobil-mobilan Hot Wheel dengan harga yang kurang lebih sama dan dalam proses produksinya lebih rumit dari segi variasi bahan, teknis perakitan, detail tampo/stiker, dan kemasan Hot Wheels lebih memuaskan.

Lantas apakah Nano Metalfigs ini akan bernilai? Selama ada reissue, repacking, repaint, stempel “Exclusive”, “Limited Edition”, dan lain sebagainya jangan terlalu khawatir, stock masih banyak, dan selama stock banyak harga akan tetap stabil, paling naik ikut kalau ada inflasi Rupiah di tanah air.

Dilihat dari bentuk sculpt mold Nano Metalfigs bisa saja ada yang di-repaint, misalnya Spider-Man classic dicat ulang jadi kostum blacksuit, kostum movie dan sejenisnya karena pada dasarnya variant kostum Spider-Man bentuknya dasarnya sama jadi bisa pakai mold yang lama kecuali tiap dirilis beda pose, dari segi produksi tambah cost jadi mending repaint.

Malah repaint sudah terjadi padahal mainan ini tergolong baru dirilis, figur Nano yang dimaksud adalah Batman, sejauh ini sudah ada 3 variasi dari mold yang sama dan dikeluarkan dalam kemasan berbeda yaitu Batman biru abu di kemasan 5 pack A, Batman Flashpoint di kemasan 5 pack B, dan Batman hitam abu di seri Batcave Nano Scene.

Kalau sudah mentok mengeluarkan variant kostum jurus yang dipakai apalagi kalau bukan versi battle damage? Berikutnya sudah jelas repacking, biasanya dipakai untuk tokoh dengan mold yang terlalu susah untuk direpaint misalnya tokoh Woody agak susah untuk direpaint karena tidak ada Woody warna merah atau hitam, maka kemungkinannya dijual set dengan partnernya Buzz, tapi ternyata di wave berikutnya Woody direpaint silver, sudah official/resmi lho!

Contoh repacking ada di seri Nano Metalfigs Guardian of the Galaxy (GotG), di mana Draxx dan Groot (versi kecil) tidak dijual dalam kemasan single pack, jadi untuk mendapatkan figur GotG lengkap kita harus beli versi 5 pack yang 3 figur di antaranya yaitu Star Lord, Gamora, dan Rocket Racoon dikemas juga dalam single pack. Sebal ‘kan? Hehehe….

Anyway, kalau mau mengumpulkan Metalfigs ini jangan terlalu pusing dan khawatir dengan hal-hal demikian namanya juga mereka jualan, sebagai konsumen bawa happy saja kalau ‘gak happy bukan hobi namanya, happy hunting!

3 comments:

  1. Om kalo ada tutorial cara buat diecast dong
    Pengen buat diecast helm valentino rossi dan motornya 😀😀😀

    ReplyDelete
  2. .thanks guys.. stelah skian lama mantengin (curi2 baca) blog lo selain Kupaman,, ngikutin review2 lo yg teuteup eksis sampe detik ini.. lanjutken truss.. my Fb: Dan Gan.

    ReplyDelete