Friday, November 1, 2013

Komik Archie



Gak disangka komik strip yang sederhana mempunyai latar belakang yang rumit di dunia nyata, tulisan di bawah diterjemahkan dari artikel blog 20th Century Danny Boy berjudul "Original Art Stories: Steve Geppi's Million Dolar Art Deal Gone Bad" artikel tersebut menceritakan proses transaksi jual beli gambar asli komik Archie karya Bob Montana oleh Steve Geppi dari keluarga Montana yang berakhir tragis.

Harga dari Karya Seni

Biasanya jika perjanjian jual beli barang seni berlangsung salah pasti melibatkan uang. Misalnya kolektor yang terlalu mahal membeli suatu lukisan dan penyesalan dari penjual atau pembeli.

Kebanyakan perjanjian buruk tersebut menghabiskan beberapa ratus dolar, kadang-kadang beberapa ribu dolar paling luar biasa bisa mencapai sepuluh sampai seratus ribu dolar AS!

Jika hal tersebut terjadi apa yang bisa dilakukan oleh pemilik karya seni (populer) senilai satu juta dolar AS ketika yang membelinya adalah seorang pemilik distributor komik terkenal di Amerika Diamond Comic Distributor yang tak lain adalah Steve Geppi?

Tentu saja akan menuntutnya di pengadilan 'kan? Itulah yang diakukan oleh keluarga Bob Montana seorang ilustrator veteran yang pertama kali menggambar komik Archie.

Bob Montana.
Jual Mahal

Pada tahun 1940-an Bob Montana bekerja pada Pep Comics untuk menggambar komik Archie edisi harian dan khusus Minggu, saat itu Bob Montana memegang hak atas karya-karyanya sendiri, padahal pada era tersebut biasanya penerbit komik atau koran yang mengatur itu semua.

Bob Montana menggambar komik Archie dari 1941 sampai beliau wafat pada 1975 hal itu menjadikannya sebagai ilustrator terlama untuk menggambar satu tokoh komik tertentu.

Sepeninggal Bob, keluarga Montana mengambil langkah bijaksana dengan meneruskan memegang hak atas karya-karya beliau yang jumlahnya ribuan halaman, hanya halaman dengan tema tertentu saja yang dijual ke pasaran untuk menjaga agar ribuan halaman tersebut tetap utuh.

Hal itu menyebabkan permintaan terhadap karya-karya gambar komik Archie asli Bob Montana dalam bentuk lembaran halaman menjadi tinggi. Dalam bidang koleksi seni, permintaan seringkali berhubungan dengan ketersediaan barang seni yang langka.

Contohnya gambar Thor karya Walter Simonson yang sulit didapat disebabkan oleh Walter Simonson menolak untuk menjual semua gambar Thor buatannya.

Kasus kelangkaan gambar Archie buatan Bob Montana di pasaran terjadi akibat permintaan pasar yang tinggi terlebih pada 1970-an yang saat itu art work asli dari ilustrator komik tertentu relatif terjangkau/murah dan pihak Bob Montana enggan menjual karya-karyanya ke pasaran.

Steve Geppi.
Monopoli Geppi

Di sisi lain ada seorang pendiri Diamond Distributor yang menguasai pasar perkomikan dunia yaitu Steve Geppi. Distributor komik tersebut bisa menentukan komik mana yang akan dijual dan yang tidak.

Distributor lainnya nyaris gak bisa berkompetisi melawan Diamond, Diamond memonopoli pasar komik yang membuat persaingan di dunia komik tidak sehat. Empat penerbit besar seperti Marvel, DC, Image, dan Dark Horse bisa dengan bebas mengisi pasar komik dg produk-produk mereka dan dengan mudah melibas poduk komik penerbit kecil.

Pokoknya jika suatu komik tidak didistribusikan oleh Diamond lupakan saja, distributor lain gak akan mampu melawan Diamond yang telah menguasai pasar komik selama lebih dari 2 dekade.

Sementara Diamond mulai tumbuh dan besar Steve Geppi mulai membangun usaha lain yaitu Gemstone Publishing yang menangani Overstreet Price Guide (semacam panduan harga), menerbitkan komik Disney lawas, Geppi Entertainment Museum yang memajang produk-produk budaya pop dan komik, rumah lelang, dan Majalah Baltimore.

Steve Geppi juga mulai membeli barang-barang langka dengan harga mahal termasuk lukisan asli Donald Bebek dan Paman Gober karya Carl Barks yang merupakan Ilustrator Disney ternama.

Tidak semua item yang dibeli Steve Geppi berasal dari koleksi museumnya, dia mulai rutin membeli barang-barang koleksi dengan hati-hati, menyimpan, dan menjualnya lagi untuk sekadar menutup pengeluarannya atau meraih laba.

Janji Jual Beli

Steve Geppi telah lama mengincar koleksi gambar Archie karya Bob Montana. Pada 2006 Geppi melakukan negosiasi bersama keluarga Montana, sebagai tanda "niat baik" Geppy memberikan deposit senilai 20 ribu dolar AS untuk mengikat perjanjian dengan keluarga Montana.

Selebihnya detail urusan ini diteruskan oleh pengacara masing-masing, sementara itu keluarga Montana berhubungan dengan seorang ahli dalam bidang seni bernama Jerry Weist yang dikenal oleh kedua belah pihak.

Jerry Weist segera melakukan beberapa hal termasuk mengumpulkan koleksi gambar Archie karya Bob Montana, inventarisasi, dan menaksir harga karya tersebut menurut keahliannya.

Jerry Weist.
Penilaian Jerry Weist

Berdasarkan Jerry Weist harga semua koleksi gambar Archie karya Bob Montana bernilai 2 juta dolar AS! Harga tersebut kemudian dinegosiasikan ulang menjadi 1 juta dolar As saja.

Penilaian (valuation) Jerry Weist terhadap koleksi gambar Archie karya Bob Montana terdiri dari 28 halaman komik, semua karya dari tahun 1941, komik strip Minggu, komik strip harian, dan karya asli yang muncul di Pep Comics, Jackpot Comics, serta 2 judul perama dari Archie Comics.

Jerry Weist mengadopsi penilaian berdasarkan "grading sytem" terhadap masing-masing karya yaitu:

  • Character: Nilai Archie lebih tinggi daipada Reggie.
  • Content: Adegan Betty mencium Archie nilainya lebih tinggi daripada adegan Mr. Weatherbee berbicara pada Jughead.
  • Condition: Kondisi berdasarkan keadaan yaitu Fine, Fine-, Very Good, Good, dsb.

Sebagai tambahan pada sistem grading Jerry Weist memeriksa setiap karya Bob Montana secara independen sebelum menentukan harga. Berdasarkan tugas tersebut Jerry Weist mendapatkan honor 100 ribu dolar AS. Selanjutnya harga setiap lembar dari karya Bob Montana yang telah ditetapkan Jerry Weist bisa didiskusikan lagi oleh Steve Geppi kepada keluarga Montana.

Latar Belakang Jerry Weist 

Jerry Weist bukan orang sembarangan yang bisa menentukan harga suatu karya seni begitu saja. Dia telah aktif dalam dunia komik sejak awal 1960-an, pada awal 1970-an dia terjun ke bidang penjualan sebagai ahli identifikasi karya-karya asli di bidang perkomikan internasional. Pada 1990-2001 dia bekerja di Sotheby sebagai konsultan komik.

Jerry Weist sering bekerjasama dengan ilustrator/tokoh komik ternama dalam menjual karya-karya asli, diantaranya Al Feldstein, Jerry Siegel, Murphy Anderson, Streanko, Stan Lee, Jack Kirby, Bill Gaines, Ray Bradbury, Burne Hogarth, Frank Frazetta, dan R Crumb. Jerry Weist juga menulis panduan harga dari komik perdana asli. Jerry Weist meninggal pada Januari 2011.

Kontak jual beli.
Transaksi

Setelah Jerry Weist menyelesaikan pekerjaanya dalam menilai karya Bob Montana kontrak jual beli berisi persyaratan tertentu dibuat.

Kontrak tersebut berisi pembelian hak milik dari karya Bob Montana dari keluarga Montana kepada Steve Geppi.

Steve Geppi melanjutkan pembelian karya Bob Montana melalui salah satu perusahaannya yaitu Diamond International Galleries dengan maksud untuk menjualnya lagi semua atau sebagian dari karya-karya tersebut untuk mengambil keuntungan atau menutup biaya keseluruhan.

Karena Steve Geppi membeli karya Bob Montana senilai 1 juta dolar AS melalui perusahaannya maka dibuatlah surat garansi pembayaran sendiri untuk menjamin bahwa pembayaran benar-benar dilakukan.

Surat garansi tersebut berisi pembayaran untuk koleksi gambar Archie karya Bob Montana oleh Diamond International Galleries senilai 1 juta dolar AS atas nama Steve Geppi.

Pembayaran tersebut dibagi menjadi 4 tahap dalam bentuk surat piutang yang masing-masing bernilai 250.000 dolar AS ditambah pembayaran honor Jerry Weist sejumlah 100 ribu dolar AS.

Selama pembayaran tahap pertama koleksi gambar Archie karya Bob Montana akan berpindah tangan dari keluarga Montana ke Steve Geppi.

Surat kontrak tersebut berisi tentang larangan untuk menghancurkan koleksi, penggunaan nama Bob Montana, memberikan hak-hak khusus secara terbatas, dan garansi bahwa Steve Geppi akan membayar penuh atas koleksi tersebut di hadapan notaris dengan uang muka 20 ribu dolar AS.

Geppi Entertainment Museum.
Krisis

Awalnya Steve Geppi lancar melakukan 2 tahap pembayaran pertama senilai 500 ribu dolar AS dan berhak mengambil koleksi gambar Archie karya Bob Montana.

Geppi mulai memajang dan menawarkan koleksi tersebut untuk dijual melalui eBay, Heritage Auction, dan kontak langsung dengan kolektor yang berminat.

Akan tetapi pasar mulai terkena depresi yang ditandai dengan banyaknya tingkat pengangguran di AS.

Ditambah jumlah pasar dari komik Archie yang terbatas menyebabkan harga pasar karya asli komik Archie saat itu jauh di bawah nilai yang dipatok oleh Jerry Weist (anjlok).

Selain itu uang yang dipakai untuk membeli koleksi gambar Archie karya Bob Montana adalah "uang panas" perusahaan yang harus "diputar" melalui usaha yang legal, Steve Geppi tidak memberitahukan hal ini kepada siapa pun.

"Besar pasak daripada tiang" yang dialami Steve Geppi dan perusahaannya membuat harga net untuk koleksi gambar Archie karya Bob Montana yang dibuatnya sendiri menjadi turun, walaupun hal itu gak membuatnya jadi gelandangan namun dia harus meninggalkan perusahaannya sendiri dalam keadaan bangkrut.

Steve Geppi menyatakan dirinya jatuh miskin dan tidak sanggup membayar sisa 2 tahap cicilan hutangnya tehadap keluarga Montana sebesar 500 ribu dolar AS.

Ilustrator Archie dalam komik ini bukan Bob Montana
tapi telah diganti oleh Fernando Ruiz.
Kisruh

Keluarga Montana mulai menagih janji Steve Geppi untuk sisa pembayarannya. Langkah pertama dengan mengirimkan surat tagihan kepada Diamond dan Steve Geppi berisi anjuran untuk tidak menjual koleksi yang dibelinya dan melakukan inventaris terhadap kepemilikan Diamond.

Sebulan kemudian Steve Geppi menanggapi pihak keluarga Montana melalui pengacaranya bahwa Steve Geppi secara finansial sudah tidak sanggup membayar sisa cicilan hutang, tidak ada koleksi yang akan dijual, koleksi di rumah lelang akan ditarik, dan sisa stok koleksi akan diinventaris.

Keluarga Montana bersikeras bahwa mereka berhak menerima sisa pembayaran sebesar 500 ribu dolar AS berdasarkan kontrak yang telah dibuat kecuali ada perjanjian lain yang bisa dilakukan.

Pada September 2009 Steve Geppi dan Diamond memberikan 2 solusi. Pertama melakukan pengembalian sisa koleksi sebagai tanda pembatalan kontrak. Kedua, keluarga Montana bisa mendapatkan lagi hak kepemilikan koleksi dengan memberi izin kepada Steve Geppi dan Diamond untuk melanjutkan menjual sisa koleksi yang sebagian kecil hasil penjualannya akan diberikan kapada keluarga Montana.

Kedua solusi itu disertai penegasan oleh pengacara Geppi bahwa Steve Geppi dan Diamond tetap dalam keadaan tidak sanggup membayar sisa utangnya sebesar 500 ribu dolar AS.

Keluarga Montana tidak merasa sreg terhadap kedua solusi tersebut dan tetap menuntut Steve Geppi. Lepas dari segala kontoversi di persidangan Steve Geppi juga menghadapi tuntutan lain seiring dengan bangkrutnya perusahaan yang didirikannya.

Misalnya tuntutan dari bank atas pinjaman Steve Geppi terhadap bank tersebut sebesar 1 juta dolar AS, lalu tuntutan yang sifatnya pribadi sebesar 15 juta dolar AS, dan lain-lain yang jika dijumlahkan bisa mencapai 20 juta dolar AS.

Walaupun gedung utamanya telah dijual oleh bank pada 2010, namun tetap tidak bisa menutupi jumlah nilai dari kebangkrutan yang dialami Steve Geppi.

Steve Geppi mengakui bahwa sebagian koleksinya telah dijual tapi sayangnya dia tidak ingat yang mana saja yang telah dijual.

Pada tahap ini keluarga Montana siap untuk berdamai dan memberikan kesempatan bagi Steve Geppi beserta Diamond untuk mendapatkan kembali jumlah uang yang cukup untuk melunasi segala kontrak yang telah disepakati, membereskan segala tuntutan lain, dan menunggu keputusan pengadilan yang tertunda.

Keluarga Montana menunggu sambil terus berupaya mencari jalan damai. Pada Februari 2011 Steve Geppi dan Diamond telah melakukan inventaris terhadap lebih dari 1000 koleksi gambar Archie karya Bob Montana yang terdiri dari lembaran halaman dan strip.

Perdamaian tertunda sampai pengurusan surat keputusan dari pengadilan keluar, pada 4 Maret 2011 pengadilan menyatakan kedua pihak telah berdamai dan menyetujui kesepakatan yang telah dicapai oleh kedua pihak. Harapannya perdamaian tersebut melibatkan pembayaran dengan jumlah tertentu dan pengembalian sejumlah koleksi kepada keluarga Montana.

Di toko online satu lembar komik strip Archie asli karya Bob Montana ini dijual dengan harga 465 dolar AS.


2 comments:

  1. Replies
    1. Hehehe iya, sulit menghargai suatu karya seni termasuk komik strip. Subjektif banget.

      Delete