Sunday, May 29, 2011

Shulkie!

She-Hulk, Hasbro.

Emang Hulk ada versi ceweknya? Kurang lebih begitu pertanyaannya ketika dia lihat animasi transformasi Jennifer Walters menjadi She-Hulk.

Setiap orang mengenal dan tahu tentang sesuatu hal berbeda-beda waktunya padahal sesuatu tersebut telah lama ada dan cukup populer pada masanya.

Pertama tahu tokoh She-Hulk akhir 80-an, waktu itu TVRI menayangkan serial kartun The Incredible Hulk sore hari. Ketika She-Hulk muncul sebagai bintang tamu pada kartun tsb, saya gak sempat lihat. Teman saya yang nonton begitu antusias menceritakannya. Dia berusaha meyakinkanku bahwa benar-benar ada Hulk persi awewe...Ahahahaha...

Sejak saat itu jadi penasaran...Temanku itu hanya ngawadul atau memang menceritakan yang sebenarnya, akses untuk mengetahui lebih lanjut ttg hal ini sangat terbatas, mana ada komik import di kampung? Atau majalah panduan komik ? Euweuuuuuh....Nu aya hanya komik Petruk Gareng karya Tatang S. setebal 24 halaman yang harganya Rp 200 saja...:D

Atas: She-Hulk muncul dalam kartun the Incredible Hulk episode ke-11 
dalam judul Enter: She-Hulk, tahun 1982, bawah: She-Hulk versi animasi 
"Doomed," The Incredible Hulk & Friends (animated), UPN, 1996, pengisi
suara Lisa Zane.
Jadi sejak saat itu tokoh She-Hulk menjadi sosok yang diinterpretasikan dalam bayanganku sebagai monster cewek mirip Hulk, gede, berotot, dan pemarah...

Sosok tersebut masih terbawa sampai awal milenium! Di mana saya mulai menapakkan kaki (Jidat klo jatuh dari elf atau Colt L 300 :P) di kota kembang, Bandung. Di sinilah referensi tentang Hulk, She-Hulk, dan tokoh Marvel lainnya bisa didapatkan.

Ya ampun butuh belasan tahun sampai saya mengetahui sosok She-Hulk yang sebenarnya! Dibandingkan dengan teman-teman penyuka komik yang tinggal di Bandung, saya jauh ketinggalan, mereka sudah baca komik impor yang telah diterjemahkan oleh penerbit Misurind sejak SD! Sedangkan bacaan saya saat itu ya...komik Petruk Gareng karya Tatang S. setebal 24 halaman yang harganya Rp 200 saja :D

She-Hulk

Jennifer Walters
Penggambaran John Buscema pada penampilan pertama She-Hulk versi komik, gak jauh beda dengan bayanganku waktu SD, liar dan barbar, bedanya Buscema menggambarkannya masih dalam proporsi perempuan yang atletis dan berotot. Mirip-mirip Xena The Warrior Princess lah cuma dengan rambut yang lebih lebat dan acak-acakan dan berkulit hijau, istilahnya apa ya? Cewek Amazonian? Wajahnya gak sejelek Hulk, masih ada geulis-geulisnya. Sedangkan apa yang ada dalam pikiranku waktu itu proporsinya ya gak jauh dari Hulk, tinggi, gede, lebar, berotot, dan mirip monster.

Savage She-Hulk #1 Februari 1980, kreasi Stan Lee 
dan John Buscema
She-Hulk muncul dalam versi komiknya dalam serial Savage She-Hulk Februari 1980, profesinya pengacara, dia sepupu Bruce Banner yang lebih dikenal sebagai the Incredible Hulk.

She-Hulk mendapatkan kekuatannya dengan cara yang berbeda dari sepupunya, Bruce Banner mendapatkan kekuatannya menjadi Hulk karena terpapar sinar Gamma, sedangkan She-Hulk kekuatannya berasal dari transfusi darah yang mengandung sinar Gamma.

Ketika sedang menangani kasus, Jeniffer Walters ditembak oleh sekelompok orang sehingga mengalami luka serius, kebetulan saat itu Bruce Banner sedang berkunjung ke kota di mana Jen tinggal.

Karena golongan darahnya sama Bruce Banner menolong Jen melalui transfusi darah. Darah tersebut mengandung radiasi Gamma yang membuat Jen bisa berubah juga menjadi makhluk hijau yang besar dan kuat.

Seperti halnya Bruce, Jen berubah menjadi She-hulk ketika dia marah, penampilan She-Hulk tidak sejelek Hulk karena dalam proses mutasinya, Jen dalam alam bawah sadarnya ingin tampil sebagai wanita ideal.

Jen akhirnya bisa mengontrol perubahannya menjadi She-Hulk setelah Michael Morbius menyembuhkannya dari penyakit darah yang mematikan. Lalu Jen memutuskan untuk menjadi She-Hulk selamanya lepas dari tubuh normal Jennifer Walters yang menurutnya "rapuh".

Selagi menjadi anggota Fantastic Four menggantikan Ben Grimm (the Thing) She-Hulk terpapar radiasi dari SHIELD yang membuat perubahan drastis pada diri She-Hulk, kini dia tidak bisa lagi berubah ke bentuk manusia normal lagi. Karena sebelumnya dia ingin jadi She-Hulk selamanya hal itu gak jd masalah.

Setelah sekian lama baru diketahui bahwa penyebabnya adalah faktor psikologis yang memblokir perubahannya. Setelah diatasi She-Hulk kembali beraksi :P

Yah untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di wikipedia--->She-Hulk.

Action Figure

Sejauh ini figure She-Hulk gak sebanyak Hulk, She-Hulk muncul dibeberapa macam lini dari berbagai produsen diantaranya:
  • Marvel Universe: She Hulk, Toy Biz (1991/97), tingginya 10"
  • Marvel Hall of Fame series 6: She-Force Savage She-Hulk, Toy Biz (1997), tingginya 5"
  • Incredible Hulk series: She-Hulk Gamma Cross Bow, Toy Biz (1997)
  • Marvel Select: She-Hulk (2005)
  • Marvel Legends Blob: She-Hulk, Hasbro (2006)
  • Marvel Minimates Series 16: She-Hulk dan Wonder Man, Diamond Select (2007)
  • Marvel Legends Fin Fang Foom: Savage She Hulk, Hasbro (2008)
  • Marvel Superhero Squad: The Thing dan She-Hulk, Hasbro (2008)

She-Hulk dan sepupunya Bruce Banner, dari kiri ke kanan: Marvel Select: She-Hulk (2005), Marvel Legends Blob: She-Hulk, Hasbro (2006), Marvel Legends Fin Fang Foom: Savage She Hulk, Hasbro (2008). Geuleuh Hasbro bikin tinggi Savage Hulk lebih pendek dari figure She Hulk sebelumnya dari seri BAF Blob, untungnya figure Savage Hulk masih lebih tinggi dari Bruce Banner.

    Daaaaan figure She-Hulk favoritku adalah She_Hulk #38 Marvel EagleMoss Collection Figurine & Magazine (2007)...Tingginya cuma 3,5" tapi mantab! Gak sabar nunggu versi Marvel Universe sampai sekarang blom release juga...Padahal sepupunya dah tampil tiga kali dalam seri ini:(

      She-Hulk Eaglemoss.

    Begitulah teman, sekilas tentang She-Hulk, klo mau tahu lebih banyak, tanya om gugel ajah ya:)

    No comments:

    Post a Comment