Saturday, May 14, 2011

Tips Komik Promosi

Kemarin, Jumat (13/5) dapat pesan dari editor tentang komik promosi yang telah saya bikin link, ternyata setelah dia perlihatkan komik yang telah jadi ke klien, kliennya memberi masukan, ternyata bahan visual yg telah dikasih gak boleh dipakai sembarangan.

Waktu itu gak ada pemberitahuan yang jelas ttg penggunaan bahan visual yg telah dikasih, saya pakai ajah seenaknya, misalnya bahan visual untuk kartu ATM dan banner saya pakai untuk background salah satu panel komik tsb, karena secara estetika menarik! Ternyata gak boleh, mereka punya aturan main sendiri. Selama bahan visual tersebut diaplikasikan pada kartu dan banner boleh saja, selain dari itu gak boleh.

 
Kiri: Bahan visual berupa ilustrasi kartu ATM tidak boleh dipergunakan untuk background pada panel komik, terlepas dari niat baik komikus untuk tujuan tertentu, misalnnya supaya anak tertarik untuk membuat kartu ATM setelah melihat ilustrasi pada panel tsb, kecuali memang sudah disepakati oleh berbagai pihak, diantaranya editor dan klien. Kanan: Gambar panel yang telah direvisi.

Lalu tentang penggunaan logo pada mesin ATM ternyata, posisi logo yang secara visual menarik menurut komikusnya blom tentu benar untuk mereka. Ada aturan2 tersendiri dalam menempatkan logo pada media tertentu.

Jadi teman, bertanyalah sampai sejelas-jelasnya pada editormu karena dia yang bisa menjembatanimu dengan kliennya supaya tidak terjadi salah paham yang mengakibatkan kamu harus merivisi hampir semua karyamu yang telah selesai.

No comments:

Post a Comment