Thursday, April 28, 2011

Hulk Sm*sh Your Wallet

Pusing dengan tekanan di rumah, kantor, ato di kehidupan sosial lainnya? Ingin marah? Sampai ingin nonjok dinding sampai jebol? Coba alihkan rasa marah itu pada figure Hulk! Bisa membuat...Kantongmu jebol ehehehe...

Savage Face Off Hulk

Wuhuuuuy...Akhirnya setelah sekian lama mencari  figure Hulk ini bisa dapat. Kurang lebih setahun yang lalu figure ini sempat beredar di pasaran cukup banyak dengan harga yang sangat terjangkau...Tapi waktu itu anehnya saya gak dapat satu pun! Sempat lihat dua buah, tapi kedua2nya mempunyai cacat di jempol, gak dibeli deh.

Klo gak salah figure ini kombinasi dari Hulk seri Face Off untuk kepala dan Savage Hulk untuk badan, mari kita sebut figure ini dengan Savage Face Off Hulk :D. 

Savage Face Off hulk: Kepala dari seri Face Off, badan dari seri Savage Hulk, dulu harganya Rp 60 ribu, saya gak dapat padahal barangnya banyak lho dipasaran, lalu naik jadi Rp 80 ribu, gak dapat juga, akhirnya setelah setahun lewat saya bisa mendapatkannya dengan harga yang bisa kalian perkirakan...Itu pun dengan penuh perjuangan, setelah nemu barangnya saya mesti ngambil ke tokonya, muter-muter cari alamat tokonya pake motor sendirian....Setelah dapat, eh pulangnya kehujanan, tapi jadi berkesan dapatin figure ini ehehehe....

Walaupun rakitan figure ini bukan resmi dari produsen yang bersangkutan, tapi gak masalah saya tetap suka, Keren banget! Proporsinya mengingatkan saya pada komik Hulk yang digambar oleh Sal Buscema, lebar, besar, gahar, dan liar! Benar2 menggambarkan manusia yang menjadi monster! Bukan seorang bodybuilder berkulit hijau...:P

Hulk face off sendiri keren wujudnya, cukup ideal untuk figure Hulk yg bisa menjembatani antara bentuk manusia dan monster. Sedangkan Savage Hulk...Gak tahu mungkin karena faktor rambut di kepalanya yg pendek dan masih tertata rapih jadi terlihat kurang gahar.

Bandingkan dengan rambut di kepala Hulk Face Off, rambutnya gondrong sebagai hasil dari tranformasi dari Bruce Banner ke Hulk.

Secara keseluruhan Savage Hulk keren! Terutama badannya, namun ya itu...Badannya lebih cocok dipasangkan dengan kepala Hulk seri Face off. Mantab!

Bisa gak ya figure ini masuk dalam kategori custom-an, tapi masal...biasanya kan figure costum-an cuman satu, klo ini mah banyak...:D

Hasil kombinasi masal lainnya adalah kepala Hulk House of M (HOM) dengan badan Smart Hulk...Tp buat saya gregetnya kurang, dan kejauhan, malah bisa memberi kesan karakter baru...Bukan Hulk lagi karena sosoknya sudah terdistorsi sedemikian rupa....

 Kiri: Savage Hulk, tengah: hulk Face Off (open mouth), kanan: Savage Face Off Hulk. Figure kanan gabungan dari figure kiri dan tengah.

Hulk Famous Cover Series

Hulk Famous Cover dikeluarkan oleh produsen mainan Toy Biz tahun 1998. Kemasannya menarik, ilustrasinya keren! Sedangkan figurnya sendiri terlihat euuu...mainan sekali :D, Klo dibandingkan dengan tampilan ilustrasi di kemasannya jauh sekali bedanya. Kamu tidak bisa lihat tampilan Hulk yang gahar, seram, dan menakutkan yg digambarkan di kemasannya dalam bentuk action figure...Ada usaha untuk menampilkan sosok figure hulk sesuai dg ilustrasi covernya, mungkin karena pertimbangan tertentu akhirnya wujudnya jadi demikian.

Hulk Famous Cover Series, lihat ajah proporsi badannya, pinggangnya itu lho mana tahan, bandingkan dengan tampilan ilustrasi cover di kemasannya, rasanya figur ini kurang mewakili ilustrasi di kemasannya. Tapi untuk ukuran figure 90-an artikulasinya lumayan oke lho! Mantab! Bagaimana pun tetap suka dengan figure ini, struktur ototnya terlihat jelas dan tegas, lumayan buat contekan gambar hehehe.

Kemasannya Oke banget, mulai dari ilustrasi sampai ke teknik kemasan. Bisa jadi kemasannya punya porsi besar dalam penjualan mainan ini. mengingat wujud figurenya yang untuk ukuran zaman sekarang kurang keren :D. Terdapat croping bundar yang dilapisi plastik bening di bagian depan kemasan untuk menampilkan sosok kepala Hulk yang berada di dalamnya. Jika ingin melihat sosok Hulk secara utuh, cover depannya bisa dibuka seperti membuka jilid depan cover buku, dan jreng...Jreng...kamu bisa lihat sosok utuh figure ini namun kamu gak bisa memegangnya karena tertutup plastik bening.

Dibalik covernya ada biografi Hulk, biasalah menceritakan asal mula Bruce Banner berubah menjadi Hulk karena terkena radiasi Bom Gamma.

Bagian depan kemasan digarap abis! Logotypenya pake foil warna emas, dan dicetak embos! Benar2 jualan kemasan ahahahaha...Mantablah...Selain kemasan Famous Cover, saya suka kemasan Incredible Hulk movie 2008 seri Marvel Legends: Limited Edition Hulk Only At Target. Kemasannya gak lazim bentuknya aerodinamis, dan 40% ditutupi plastik bening yang cukup tebal figure Hulk di dalamnya terlihat jelas, asyik dilihat tanpa/dengan kemasannya tanpa harus merusak kemasannya....:P 

 Nilainya ada didesain kemasannya bukan di figurenya...Hmmm setidaknya untuk ukuran zaman sekarang.

Hulk Famous Cover Series, Face Off, dan Savage Face Off

Setelah kurang lebih delapan tahun akhirnya Toy Biz bisa merealisasikan ilustrasi yg terdapat pada cover Famous Cover lewat figure Hulk dari seri Face Off tahun 2006! Gila, menurut saya sih mirip! Bandingkan seri face off tsb dengan figure Famous Covernya sendiri keluaran tahun 1998! Jauuuh sekali! Inilah salah satu hal yang membuat industri mainan di luar sana menarik, selalu ada kemajuan yang pesat! Mulai dari sculpt, artikulasi, kemasan, teknik penjualan, dan lain-lain. Segalanya berkembang...

Boleh dikata Hulk seri Face Off merupakan reinkarnasi yg sempurna dari Hulk Famous Cover, tapi apabila dibandingkan proporsi badan Hulk Face Off dengan ilustrasi pada kemasan Famous Cover rasanya kurang pas. Memang Hulk Face Off dilihat secara keseluruhan sangat ideal...Bahkan jadi salah satu figure favoritku...Apalagi klo di tambah sendi bagian torso bawah dan atas makin mantab deh! Hulk Face Off mempunyai proporsi badan tinggi, sedangkan proporsi badan pada ilustrasi hulk di kemasan Famous Cover melebar...Jadi menurut saya perwujudan yang paling cocok untuk figure Famous Cover tahun 1998 adalah...Jreng...Jreng...Savage Face Off Hulk! Sculpt wajah, bodi, warna catnya mirip! Benar2 klop! Edunlah! Dan yang bikin saya gregetan adalah semua ini benar2 di luar dugaan...Entahlah...Ini diset sedemikian rupa ato tidak, tapi hal ini mengejutkan! 

Kiri: Ilustrasi kepala Hulk di kemasan Famous Cover series 1998, kanan atas: Kepala figure Famous Cover Series 1998, kanan bawah: Kepala figure Hulk Face Off 2006, sosok Hulk pada ilustrasi tsb dapat diwujudkan dg baik ke dalam bentuk action figure delapan tahun kemudian lewat Hulk dari seri face Off.

Bayangkan, mainan yang dirakit sedemikian rupa yang bukan resmi dari produsennya bisa mewakili bentuk ideal dari mainan terdahulu yang jauh dari penggambaran ilustrasi di kemasannya!

Entah disengaja atau tidak, yang jelas figure Savage Face Off Hulk (versi close mouth) mampu mewujudkan bentuk ideal Hulk versi yang saya bayangkan dalam bentuk action figure.

  • Figure Hulk Famous Cover termasuk ke dalam katagori Doll
  • Hulk Famous Cover dikeluarkan bersamaan dengan Hawkeye, Vision, dan Ironman, dalam lini Avengers

No comments:

Post a Comment