Tuesday, August 11, 2020

PHK DC Comics dan HBO Oleh WarnerMedia

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di WarnerMedia berdampak besar pada DC Entertainment sebagai salah satu divisi bisnisnya.

Hari Senin, 10 Agustus 2020 WarnerMedia melakukan PHK dalam rangka restrukturisasi perusahaan termasuk DC Entertainment. Jim Lee yang dikenal sebagai ilustrator komik handal pada tahun 90-an turut terkena kebijakan ini, dia dikabarkan tidak lagi menjabat sebagai Chief Creative Officer di DC yang mengurus segala hal tentang proses kreatif seperti cerita, media, dan penerbitan di jaringan WarnerMedia.

Lebih dari 800 staf WarnerMedia yang terdiri dari 650 staf Warner Bros. dan 150-175 staf HBO yang terkena PHK. Konon, PHK ini berdasarkan pada kebijakan dari CEO WarnerMedia Jason Kilar yang ingin fokus pada bisnis platform jasa layanan streamline termasuk HBO Max dan CW yang akan dipindahkan ke platform baru tersebut.

Rencananya platform itu akan menawarkan konten tontonan dari Warner Bros., DC, Sesame Street Workshop, Turner Classic Movies, Studio Ghibli, Cartoon Network, Adult Swim, Crunchyroll, dan Loony Tones.

Padahal kurang dari dua minggu lagi DC akan menyelanggarakan acara DC Fandome pada 22 Agustus 2020 yang berisi pemutaran trailer Batman dan The Suicide Squad, penyampaian alur cerita komik DC secara keseluruhan, koleksi memorabilia terbaru, dan perkenalan para bintang film dari seri televisi dan film layar lebar mendatang, serta digadang-gadang akan menjadi perayaan brand DC Comics paling besar dan meriah.

Selain dari divisi percetakan dan digital, DC Direct yang khusus menangani merchandise dan collectibles manufactures ikut ditutup setelah 22 tahun beroperasi, dan rumornya akan diambil alih oleh Warner Bros. Consumer Products dalam menangani segala pernak-pernik dari DC termasuk action figure.

DC Direct telah membuat action figure tokoh-tokoh DC termasuk Batman, Superman, dll. sejak 1998-2012, pada 2012 ganti brand menjadi DC Collectibles, namun pada acara Toy Fair pada 20 Februari 2020 ganti nama lagi menjadi DC Direct. Para staf yang terdampak di divisi ini antara lain para scluptor, desiner, manajer, dan lain-lain.

Selain action figure DC Direct memproduksi patung, bust, replika, dan art prints khusus tokoh-tokoh komik DC dan film.

No comments:

Post a Comment