Monday, January 9, 2012

RED HULK

Latar Belakang

Red Hulk atau Rulk muncul pada komik Hulk #1 (2008) yang ditulis oleh Jeph Loeb, ilustrasi oleh Ed McGuinness. Red Hulk diciptakan untuk mendorong penjualan dan membuat gebrakan untuk film The Incredible Hulk yang dibintangi oleh Edward Norton. Rulk digambarkan liar namun mempunyai kecerdasan untuk menyusun rencana jahat terhadap Hulk.

Jenderal Thunderbolt Ross adalah....Red Hulk! Temperatur bodi Red Hulk yang hot membuat kumis Jenderal Ross rontok....Oyeaaah? Bagaimana dengan rambut yang lain ehehehehe....

Sebenarnya ide membuat Hulk menjadi merah telah dicetuskan satu dekade sebelumnya oleh Kenneth Johnson kreator serial televisi The Incredible Hulk di tahun 70-an.

Akhirnya Editor Marvel Joe Quesada membuat proposal tentang ide Hulk merah versi komik yang identitasnya masih dirahasiakan untuk para pembaca komiknya dan dalam plot ceritanya.

Pada kemunculan pertamanya, Red Hulk tampil agresif! Dia membunuh Wendigo dan Abomination, menghancurkan Helicarrier milik organisasi mata-mata S.H.I.E.L.D, mengalahkan beberapa tokoh superhero, serta menyebabkan gempa bumi di San Fransisco, akhirnya Rulk dikalahkan oleh Hulk dan Dewa Petir Thor.

Rulk merupakan bagian dari penciptaan program Super Soldier. Doc Samson dan think tank Intelligencia termasuk ke dalam program Super Soldier yang dikepalai oleh musuh Hulk yaitu MODOK.

Dalam episode Fall of the Hulks: Gamma, diceritakan Red Hulk membunuh Jenderal Thunderbolt Ross. Akan tetapi pada "World War Hulks" 2012 diceritakan bahwa identitas sebenarnya dari Red Hulk adalah Jenderal Ross dan Red She-Hulk adalah putrinya Betty. Jenderal Ross yang dibunuh sebelumnya ternyata hanya "Life Model Decoy" yang digunakan untuk meyakinkan pada dunia bahwa Jenderal Ross telah mati.

Kekuatan dan Kelemahan Red Hulk

Jenderal Thunderbolt Ross adalah seorang yang ahli dalam menyusun strategi militer dalam peperangan.

Ross memang ahli dalam strategi perang akan tetapi bisakah dia mengurus Betty putrinya sendiri? Sampai dia mengikuti jejak ayahnya sebagai Red She-Hulk....Betty ingin warna pink....Pink She-Hulk...Yeyeyeeeeh.

Rulk bisa berpikir, memperhitungkan, dan merupakan senjata brutal yg ada dalam diri Hulk hijau. Pokoknya karakter kebalikan dari Hulk hijau, semua unsur dan sifat yang tidak ada dalam Hulk hijau ada dalam Hulk merah. Rulk bisa apa yang bisa Hulk hijau lakukan.

Red Hulk bertambah kuat bukan karena makin marah, tapi dengan meningkatkan tingkatan pancaran panas.

Ketika tidak marah Red Hulk dapat meningkatkan panas semaunya dengan matanya, meskipun bisa saja dia menambah panasnya dengan menyerap berbagai macam energi seperti radiasi gamma (yang bisa menyebabkan Hulk hijau berubah kembali menjadi alter egonya yaitu Bruce Banner) dan kekuatan kosmik. Banner lalu merubah struktur kimiawi otak Rulk untuk menghilangkan kekuatannya.

Rulk tercipta dari hasil kombinasi radiasi gamma dan pancaran sinar kosmik, beberapa satelit digunakan untuk merubah kembali Rulk menjadi bentuk manusia (Jenderal Ross).

Tidak seperti Hulk hijau, Rulk tidak berubah menjadi manusia ketika dia tidak sadarkan diri, darahnya merupakan fluorescent kuning. Tidak seperti Hulk hijau yang bertambah kuat ketika makin marah, temperatur badan Red Hulk-lah yang membuatnya tambah kuat.

Cukup dengan panasnya saja bisa membuat gurun pasir/tanah menjadi gelas/kaca tapi justru hal itu bisa membuatnya lemah, seperti efek kelemahan psikologis pada Hulk hijau mekanisme tersebut digunakan untuk mengeluarkan kelebihan panas.

Kelemahan Red Hulk lainnya adalah energi Negative Zone yang bisa membuatnya sakit seperti terbakar kalau dia berusaha untuk menyerapnya.

2 comments:

  1. wah, kalo gitu bang bruce bisa kawin ama betty dong udah sama-sama hulk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah, mereka dah nikah, awalnya Neng Betty nikah dg Tabolt terus cerai, lalu Banner melamar Betty dan diterima kemudian mereka pun akhirnya menikah.

      Delete