Thursday, October 11, 2012

BAF Red Hulk

Akhir-akhir ini dunia perfiguran Bandung dikejutkan oleh pendatang baru berwarna merah dengan harga murah meriah! Ya figure tersebut adalah Build a Figure (BAF): Red Hulk (Rulk/Jend. Thunderbolt Ross).

Baru "Ngeuh" minggu lalu ketika ada yang menjualnya sepaket dengan Hulk hijau seri 2 pack with Valkyrie dan Grey Hulk (Mr. Joe Fixit) dengan harga di bawah gopek! Gak salah nih? Dengan harga yang ditawarkan saja gak mungkin bisa beli salah satu Hulk tersebut...

6 part body Red Hulk, sumber: www.oafe.net
Karena penasaran sampai digugling berkali-kali ternyata benar saja harga BAF Red Hulk memang jauh lebih murah dibandingkan sekitar beberapa bulan lalu yang bisa mencapai Rp 900 rb- Rp 800 rb...Sedangkan BAF Red Hulk yang sudah dirakit sekarang harganya berkisar antara Rp 150.000-Rp 200.000 saja...

Bagaimana bisa figure setinggi 8 inchi tersebut harganya bisa selangit? Banyak faktor, diantaranya:
  • Status BAF-nya sendiri membuat figure ini menjadi eksklusif, bayangkan untuk mendapatkan figure ini harus mendapatkan 6 action figure yang berisi 6 part body dari Red Hulk, 6 part tersebut harus dirakit untuk menjadi figure Red Hulk yang utuh.
  • Eksklusif, di negerinya sendiri keenam figure tersebut (Seri Marvel Legends - 2008, Hasbro) dijual eksklusif hanya di Target (mart). Enam figure itu antara lain:
  1. Adam Warlock berisi part kaki kiri Red Hulk
  2. Silver Savage berisi part kaki kanan Red Hulk
  3. Spider-Man (kostum symbiote/hitam) berisi part tangan kiri Red Hulk
  4. Spiral berisi part kepala Red Hulk
  5. Union Jack berisi part torso Red Hulk
  6. Wolverine (kuning/hitam) berisi part tangan kanan Red Hulk
  • Seri Marvel Legend Red Hulk Series ini gak masuk ke Indonesia, kalau gak salah sejak Marvel Legend Blob Series (2007) retail mainan di Indonesia gak masukin seri Marvel Legend lagi, jadi kalau gak melalui Pre Order (PO) seri tersebut tidak akan masuk Indonesia. Pun jika PO waktu itu harganya selangit, hal ini dikarenakan hak cipta Marvel Legend diambil alih dari Toybiz ke Hasbro. Hasbro dikenal sebagai produsen mainan yang profit oriented.
  • Selain Wolverine dan Spider-Man tokoh action figure yang terdapat di seri itu gak populer, jadi minat orang terhadap seri ini hanya karena faktor BAF Red Hulk saja, karena tokoh ini begitu populer dan fenomenal di dunia perkomikan Amrik saat itu.

Kiri: Hulk hijau 2 pack ori, kanan: BAF Red Hulk reject.
Disebabkan oleh beberapa faktor itulah harga BAF Red Hulk selangit. Akan tetapi berkat kesaktian seller mainan kita BAF Red Hulk sekarang beredar dalam keadaan sudah dirakit dengan harga bersahabat! Gak perlu membeli enam figure yang berisi part body Red Hulk untuk bisa merakit figure Red Hulk menjadi utuh! Ada yang jual yang sudah jadi gitu loh!

Jadi kalau lihat ada yang jual figure BAF Red Hulk go get it! Why? Karena selain figure Red Hulk, figure Hulk hijau 2 pack with Valkyrie juga beredar dengan harga yang sama asyiknya! Dua figure itu memang cocok diadu!

Tapi kalian harus pandai pilihnya karena ada yang mengatakan bahwa figure Red Hulk yang beredar dengan harga murah sekarang adalah barang yang gak lolos Quality Control (QC) alias barang reject-an...Lebih mendinglah dari pada bootleg setidaknya masih tergolong ori kelas dua :D

Euum iya sih setelah dibandingkan antara Figure Hulk hijau 2 pack with Valkyrie ori dengan figure BAF Red Hulk reject terlihat jelas cacatnya. Kenapa gak dibandingkan dengan figure yang sama? Karena kedua body Hulk tersebut dicetak dari mold yang sama.

Rambutnya gaul.
Begitu diperhatikan salah satu figure BAF Red Hulk reject yang ada terdapat cacat di pundak kanan berupa lubang kecil bekas cetakan, defect di tangan kanan berupa benjolan, permukaan plastik yg kurang mulus di beberapa bagian (berupa garis, cat, dan tekstur yang terlihat kasar), bekas cetakan yang kurang rapih pada tepian potongan di beberapa bagian part body berupa serpihan beleber, dan potongan (cutting) yang gak rata.

Namun gak terlalu signifikan kok, dengan defect tersebut figure BAF Hulk ini masih terlihat mantab! Defect yang ada di figure BAF Red Hulk yang satu belum tentu ada di figure BAF Red Hulk lainnya, jadi harus pandai pilihnya ya! Enjoooy!

Sekadar info hal yang sama terjadi pada Hulk hijau 2 pack with Valkyrie, Hulk seri ini eksklusif hanya dijual di Toys "R" Us 2010. Mau tidak mau buat dapatin Hulk ini kita harus beli figure Valkyrie nya juga...Bleh 'kan? Dah gitu gak beredar di Indonesia jd mesti PO...Akan tetapi berkat kesaktian para seller Indonesia figure itu beredar dengan harga murah meriah berkisar antara Rp 150.000-Rp 200.000 saja tergantung kondisi...

Tengkyuh para seller semoga makin laris lapaknya!

No comments:

Post a Comment