Wednesday, October 10, 2012

Avengers Hulk Bootleg

Hulk KW, with sound but no lampu di dada!
Tulisan ini menyambung tentang bahasan figure Hulk seri Gamma Strike yang tampil di iklan Lifebuoy lalu dan ternyata figure tersebut ada versi bootlegnya. Buat penyuka figure Hulk hal ini bisa jadi kabar gembira mengingat sejauh ini figure Hulk Gamma Strike ini blom terlihat di toko retail mainan di Bandung. Kalau pun ada pasti harganya....SMASH your wallet!!!!

Makin edun saja tampilan figure-figure KW bin bootleg saat ini, secara fisik gak kalah loh dengan figure versi ori! Contohnya figure bootleg Hulk dari seri Avengers Gamma Strike ini lumayan oke!

Pengerjaannya rapi, sekitar 85% mirip! Saya yakin mereka sebenarnya bisa meniru 100% mirip dengan aslinya, dg sedikit pembeda maka produk itu akan tampak lain sehingga bisa terhindar dari tuntutan hukum (Apple vs Samsung).

Yaaa...Klo ngomongin hukum pastilah melanggar hukum hak cipta, Apalagi negeri kita punya Undang-undangnya klo gak salah Undang-undang No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta yang tampaknya hanya berlaku bagi produk lokal saja, klo masalahnya dah sampai lintas negara begini bingung cara menanganinya bagaimana.

Kayaknya klo mereka menuntut pun gak terlalu signifikan keuntungannya, mending disikapi sebagai biaya promosi gratis untuk produk-produk pemegang hak cipta. Kalau marketingnya berpikir positif sih mereka tahu konsumen sekarang dah pintar membedakan mana yang asli dan palsu, yang mampu secara finansial untuk yang beli produk berlisensi mereka dan yang enggak.

Klo gak mau terkait dari suatu pembajakan produk ya jangan beli produk KW bootleg ini, kalau pun beli ya gak ada pilihan lain, karena memang produk yang asli dan resmi gak tersedia di pasaran mungkin karena tersangkut masalah seperti kebijakan dagang masing-masing negara, alur distribusi, ketersediaan barang, pajak, dan purna jual yang masih blom jelas.

Kiri: kemasan tampak depan, kanan: tampak belakang.
Ah njlimet kalau bahas yang beginian, mending enjoy dengan ehmm "produk alternatif" ini ehehehe...

Mulai dari kemasannya ajah dah benar-benar menghibur! Coba perhatikan deh logotype, slogan features, dan gambar promosinya bodor dan rada gak nyambung pisan...

Misalnya tulisan "Really Throws His Shield!" di bagian depan yang seharusnya tulisan tersebut ditujukan pada figure Captain America atau Thor, walaupun memang di samping kemasan tersebut memang ada ilustrasi Cap A dan Thor...Tapi kemasan ini membungkus figure Hulk gitu loh...

Atau "Press Belt For Battle Sound!" gustiii selain kameja, sabuk merupakan barang yg gak tersisa klo Banner berubah jadi Hulk. Lagi pula untuk membuat Hulk ini "bersuara" tombolnya dipencet di belakang kok bukan di depan.

Di belakang kemasan kita bisa melihat komposisi artwork yang ehmmm...bagaimana yah...Benar sih susunan anggotanya ada Black Widow, Thor, Hawk Eye, Hulk, Cap A, Iron Man, dan Nick Fury....Tapi yang bikin bodor teh Black Widownya ngambil dari film Iron Man 2 karena rambutnya masih panjang dan keriting, gambar Hawk Eye separuh badan di taruh di belakang, ukurannya lebih gede dari Hulk, kaki kiri Iron Man terpotong...Gustiiii...

Kiri: ori, kanan: bootleg, kualitas foto disesuaikan dg status masing-masing :D

Figurenya lumayan oke dan mirip! Sudah pasti ada bedanya antara lain:
  1. Features: yang ori bagian perutnya bisa ditekan dan mengeluarkan suara, begitu juga kalau kakinya ditekan. Sedangkan yang bootleg ada lingkaran bertombol warna cokelat yang cukup menggangu estetika bentuk yg berguna untuk mengeluarkan suara dan isi ulang baterei. 
  2. Sendi: yang ori terdapat sendi putar di bagian kepala, lengan atas (torso), tangan, dan kaki. Sedangkan versi bootleg terdiri dari sendi putar kepala, torso, pinggang, lutut, dan kaki. 
  3. Sulpt: nyaris sama! Pembedanya cuma ada di bagian robekan celana. Versi ori robekannya asyik lebih realistik, sedangkan yang bootleg potongan celananya rapi dan bergerigi. 
  4. Sound: Walaupun blom dengar versi yang ori namun saya yakin pasti beda! :))
Overall lumayan keren figure bootleg ini! Asyik, dengan harga yang jauh lebih terjangkau dari figure versi ori, figure bootleg ini mampu menyajikan sosok Hulk secara ekonomis dan menghibur!

Dari segala figure bootleg Hulk yang ada...Sepertinya Figure ini layak dinobatkan sebagai "The Best Hulk Bootleg Figure of the Year!" no lampu di dada (ciri khas figure bootleg) :))

Salut sama produsen mainan bootleg, mereka lambat laun meningkat kualitasnya hampir bisa menyamai produk aslinya...Ya lepas dari aman tidaknya mainan tersebut untuk di konsumsi...Mudah-mudahan konsumen lebih selektif dalam hal ini.

2 comments:

  1. ternyata ini Hulk lebih hijau dari rumput tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha lumayan pelipur lara, pernah lihat figur Hulk KW ini yang ada lampunya. :D

      Delete