Saturday, August 17, 2013

HW Designs Series #1: Nitro Scorcher 2009 Item Treasure Hunt?

Intro

Awalnya sedang beres-beres kamar lihat ada kantong plastik putih besar, tadinya mau dibuang, tapi pas dilhat isinya diecast ukuran 1:64 loose.

Nitro Scorcher 2009 berlogo TH 2013, ajaib!
Waw! Gak sangka masih ada, kirain dah hilang kemanaaa gitu…

Di dalamnya terdapat Hot Wheels keluaran 2009 dan 2010, Matchbox, dan mobil-mobilan buatan Cina…

Paling berkesan ketika menemukan Nitro Scorcher hijau keluaran Hot Wheels 2009!

Tadinya sih biasa saja sampai ternyata di bagian atas kap depan mobil terdapat logo T-Hunt reguler 2013 padahal mobil ini dirilis pada 2009 dalam seri "HW Design Series #1".

Beda Tahun

Gak perlu panjang lebar, sudah jelas bahwa Nitro Scorcher 2009 gak bisa masuk ke dalam item T-Hunt karena persoalan tahun produksi, andai Nitro Scorcher keluar pada 2013 dengan logo tersebut maka Nitro Scorcher ini bisa masuk ke dalam item T-Hunt reguler 2013.

Sayang, padahal logo T-Hunt itu benar-benar jelas! Ya seperti kasus HW City: Combat Medic, logo T-Hunt pada Nitro Scorcher tersebut cuma sebagai elemen grafis saja.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya item T-Hunt pada 2009 bisa dikenali lewat desain kemasannya, item T-Hunt ditandai dengan bar hijau pada sisi blister. Sedangkan pada 2013 desainnya diubah, kemasan antara item biasa dan T-Hunt tidak ada bedanya.

Item T-Hunt reguler pada 2013 dikenali lewat logo pada bodi mobilnya. Logo tersebut sama persis dengan logo pada Nitro Scorcher keluaran 2009.

Dalam daftar Hot Wheels 2009 Nitro Scorcher tidak termasuk ke dalam item T-Hunt, justru salah satu item T-Hunt saat itu adalah Fire Eater merah. Pada 2013 Fire Eater putih masuk lagi ke dalam item T-Hunt reguler, logonya berupa api di dalam lingkaran dengan nuansa merah.

Logo T-Hunt pada bodi depan mobil.
Sekilas Tentang Nitro Scorcher

2007 Nitro Scorcher pertama kali muncul pada 2007 dalam seri "2007 New Models" didesain oleh Greg Padginton.

Desainnya asli dari Hot Wheels tanpa beli lisensi dari pabrikan mobil ternama. Konsepnya berdasarkan dari mobil Formula 1, base Nitro Scorcher terbuat dari bahan metal.

Ada kabar bahwa sebenarnya mobil ini tadinya didesain untuk mobil balap Formula 1 atau Ferrari tapi terjadi perselisihan tentang model desain tersebut.

Mattel lalu mengubah nama model desain ini dari "Ferracin" menjadi Nitro Scorcher,  meskipun tulisan "Ferracin" sudah terlanjur dicetak pada base Nitro Scorcher, Mattel tidak menarik produknya yang telah beredar.

Pada gelombang berikutnya Mattel mengganti tulisan "Ferracin" pada base Nitro Scorcher  menjadi Nitro Scorcher.

Mattel bahkan menghilangkan tampo "1" pada kap atas mobilnya tetapi karena sudah terlanjur beredar Mattel tetap membiarkan Nitro Scorcher dengan tampo "1" pada gelombang pertama.

Masih pada tahun yang sama Mattel merilis Nitro Scorcher dalam seri "New Models" gelombang kedua dengan tampilan metal dengan tampo hitam dan merah di atas bodinya.

2008 Tahun berikutnya Mattel mengeluarkan Nitro Scorcher kuning dalam seri "Truckin' Transporters" dengan tampo merah, hitam, dan putih yang disertai angka "3" di atas bodinya.

2009 Naaah…Pada tahun ini Nitro Scorcher hijau muncul dengan tampo yang persis dengan logo Treasure Hunt reguler 2013 di atas kapnya. Muncul dalam seri "HW Designs Series #1". Bisa dibilang Nitro Scorcher tahun tersebut merupakan nenek moyang dari item T-Hunt 2013 kali ya?

2010 Nitro Scorcher kembali tampil dalam warna merah dengan tampo putih, hitam, dan angka "66" disertai logotype "Hot Wheels" dalam kemasan "Rock 'N' Road 5-Pack". Kali ini Nitro Scorcher dibuat di Thailand setelah Malaysia membuat Nitro Scorcher dari 2007 sampai 2009.

2011 Nitro Scorcher lagi-lagi dimasukan ke dalam kemasan paket. Kali ini dengan tampilan putih dengan tampo merah dan biru dengan angka "8" dalam seri "World Racers 5-Pack.

Sejauh ini Nitro Scorcher belum diproduksi lagi, sudah hampir dua tahun absen dalam list Hot Wheels. Nitro Scorcher termasuk diecast istimewa karena didesain untuk bisa tetap melaju dalam keadaan terbalik. Semoga tahun depan Nitro Scorcher ini bisa kembali tampil dengan desain dan tampo yang wuhuuui! Happy hunting!



No comments:

Post a Comment