Saturday, August 10, 2013

Wolverine vs Hulk



Salah satu pertempuran favorit di dunia Marvel adalah...Hulk vs Wolverine! Walaupun banyak yang menjagokan Hulk namun Wolverine dengan segala kelebihan dan akalnya patut diperhitungkan.

The Incredible Hulk no. 181, November 1974

Kenyataannya jelas Wolverine telah "gagal" dalam misinya untuk melumpuhkan Hulk, pada pertemuan pertama mereka dalam komik Incredible Hulk no. 181 Hulk hanya membutuhkan satu tamparan keras untuk mengalahkan Wolverine.

Bahkan Pemerintah Kanada yang mengirimkan Wolverine untuk mengalahkan Hulk menganggapnya telah gagal dalam menjalankan misi!

The Incredible Hulk no. 340, Februari 1988

Hulk yang dihadapi Wolverine kali ini berwarna abu, Saat itu Hulk, Rick Jones dan Clay Quartermain sedang bepergian menggunakan van dan tersesat karena ada badai salju.

Hulk keluar dari van untuk mencari udara segar, dia melompat tinggi dan gak sengaja menabrak pesawat. Pesawat tersebut mulai jatuh, beruntung pesawat itu bisa diselamatkan oleh Rogue salah satu anggota X-Patrol, sementara Wolverine mencari Hulk.

Setelah bertemu mereka berantem, pada babak pertama Wolverine menang dan meninggalkan Hulk dalam keadaan terbaring penuh luka, akan tetapi berkat faktor penyembuhan diri yang luar biasa Hulk kembali bangkit dan bertempur.

Incredible Hulk no. 340.
Clay Quartermain memisahkan mereka berdua, Hulk dan Wolverine pun berhenti berkelahi.

Di balik cerita komik tersebut Peter David penulis komik Incredible Hulk saat itu meminta pada tim penulis X-Men untuk memasukan tokoh Logan (Wolverine) ke dalam cerita Incredible Hulk (IH).

Padahal saat itu gak seorang penulis pun diperbolehkan untuk memakai salah satu tokoh X-Men manapun ke dalam cerita komik Marvel mereka!

Namun Peter David berhasil membujuk tim penulis X-Men dengan dalih ilustrator komik IH saat itu yakni Tod McFarlane sangat ingin menggambar Wolverine!

Sejak saat itu terciptalah kaver komik Incredible Hulk paling mantap sepanjang masa yang menggambarkan pantulan sosok Hulk dalam cakar adamantium Wolverine! Keren abis!

The Incredible Hulk no. 454, Juni 1997

Bercerita tentang Wolverine yang mengikuti Hulk ke "Savage Land" mereka berdua terlibat dalam perang suku. Wolverine dan Ka-Zar berada di pihak Suku Nowek sedangkan Hulk berada di pihak Suku Locot.

Pertempuran mereka terhentikan oleh Tyrannosaurus Rex yang menggigit Hulk dengan rahangnya dan melemparkannya ke tempat yang jauh.

Andaikan pekelahian tersebut gak terhenti kemungkinan Wolverine kalah karena saat itu cakar Wolverine hanya berupa tulang berlapis logam adamantium yang kurang memadai.

Salah satu panel dari komik Hulk No. 8.
Hulk no. 8, November 1999

Sebenarnya Wolverine yang dihadapi Hulk dalam cerita ini adalah Skrull yang menyamar sebagai Wolverine.

Peristiwa paling poool dalam cerita ini ketika Hulk mencabut cakar tulang Wolverine dari matanya dan mematahkannya dengan mudah! Kereeen!

Marvel Fanfare no. 2 Volume 2, Oktober 1996

Menceritakan Tim Fantastic Four baru yang terdiri dari Wolverine, Hulk, Ghost Rider, dan Spider-Man yang pernah tampil sebelumnya dalam cerita FANTASTIC FOUR no. 347-349.

Hulk berkelahi dengan Wolverine untuk mengajarkan Wolverine tentang kendali diri.

Wolverine no. 8. Berdampingan.
Wolverine no. 7/8, Juni 1989

Cerita ini sedikit blunder, ketika Wolverine yang saat itu menyamar sebagai Patch mengatakan bahwa dia tahu siapa sebenarnya Joe Fixit dari aksen dan gaya bertarungnya meskipun saat itu Hulk berwarna abu bukan hijau.

Padahal sebelumnya mereka telah bertemu pada saat Hulk menjadi abu (The Incredible Hulk no. 181) jadi harusnya Patch sudah mengetahui bahwa musuh yang dihadapinya adalah Hulk.

Wolverine Origin no. 28, September 2006

Menceritakan ulang tentang asal-usul Wolverine, mulai dari program Weapon X, pertemuannya dengan lawan pertama yang harus dihadapinya yaitu Hulk, dan perkenalannya dengan Tim X-Men.

Setelah Wolverine kalah oleh Hulk dengan sekali tampar seperti yang telah diceritakan dalam The Incredible Hulk no. 181, Wolverine diselamatkan oleh Prof. X ke dalam helikopter.

Wolverine no. 50, Januari 2007

Sebenarnya ceritanya tentang pertemuan Wolverine dengan musuh bebuyutannya Sabretooth! Tapi di dalamnya terdapat sisipan tentang masa lalu Logan (Wolverine) termasuk perkelahiannya dengan Hulk.

The Adventure Of The X-MEN no. 1-2, April 1996

Hulk gak punya kesempatan untuk kontak langsung dengan Wolverine, Wolverine selalu unggul dari waktu ke waktu, sampai Tim X-Men menghentikan perkelahian mereka berdua.

Wolverine/Hulk: Six Hours, 2003

Komik ini terdiri dari 4 jilid. Wolverine/Hulk: Six Hours adalah komik mini seri tersendiri yang dibintangi oleh Wolverine dan Hulk, bercerita tentang pencarian antidot dari racun ular yang mematuk seorang anak kecil selama kurang lebih enam jam sebelum anak tersebut meninggal.

Perkelahian mereka paling menarik justru ketika Hulk berubah kembali menjadi Bruce Banner yang memukul Wolverine dengan keras.

Ultimate Woverine vs Hulk, Desember 2005 sampai Mei 2009

Terbit dalam 6 jilid, merupakan komik mini seri dengan mengambil settinng dunia ultimate. Bercerita tentang Wolverine yang dikontrak oleh Nick Fury untuk menghabisi Hulk yang sedang berada di Tibet.

Classic X-Men no. 30, harapan palsu.
Komik ini penuh kontroversial mulai dari keterlambatan terbit sampai isi cerita yang terlalu vulgar, contohnya Hulk memakan manusia dan apalagi kalau bukan adegan Hulk membelah Wolverine menjadi dua!

Perkelahian Abadi

Mungkin pembaca ingin terus melihat dua tokoh populer itu berkelahi dari tahun ke tahun tanpa hasil yang pasti, Wolverine tidak akan pernah bisa menangani Hulk.

Walaupun demikian Wolverine gak peduli, dia akan terus berusaha mengalahkan Hulk, Wolverine seperti underdog yang ingin mengalahkan Goliath.

Pernah sekali waktu dia benar-benar bisa mengalahkan Hulk pada cerita komik Classic X-Men no. 30, Februari 1989, namun sayang yang dikalahkannya adalah robot Hulk...

Data: hulkcollection.wordpress.com dan berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment