Tuesday, August 27, 2013

HW Imagination: Mystery Machine, 2012

HW Imagination: Mystery Machine skala 1:64, 2012.
Gak nyangka masih dapat HW Imagination: Mystery Machine pada 2013 ini di gantungan toko retail pas antar do'i belanja.

Padahal mobil Scooby-Doo! itu telah beredar pada 2012 lalu dalam seri 2012 HW Premiere: The Mystery Machine.

Berarti kalau dihitung kasar sudah satu tahun setengah lebih Mystery Machine beredar di pasaran.

Entah kenapa HW Imagination 2012 tidak terdapat dalam list Hot Wheels 2012 dan 2013.

Seri HW Imagination memang lini baru dari Mattel yang diperkenalkan pada 2013.

Tampaknya beberapa item "unik" dari list 2012 seperti Minion, Angry Bird, Mystery Machine, dan Ford F-150 Surf Shop dimasukan ke dalam lini baru ini.

Entahlah, dengan keadaan distribusi yang gak jelas, tanggal rilis yang gak pasti, campur tangan spekulan, tampaknya keberadaan HW Imagination "angkatan pertama" ini gak begitu jelas.

Akan tetapi berdasarkan cerita dari teman-teman, item-item HW Imagination 2012 itu masih bisa ditemui pada 2013 ini.

Sekilas Mobil Scooby-Doo!

Mystery Machine dan Mystery Inc, versi kartun
Hanna Barbera.
Mystery Machine adalah kendaraan yang dipakai oleh Scooby Doo dan teman-temannya yaitu Fred, Velma, Shaggy, dan Daphne.

Mereka dikenal dengan nama Mystery Inc. dan menggunakan Mystery Machine untuk menyelidiki kejadian aneh yang misterius.

Shaggy dan Scooby benar-benar penakut dan hanya bisa ditenangkan dengan snack, mereka memecahkan misteri dengan cara yang unik.

Mobil Mystery Machine versi kartun.
Wujud

Bentuk asli dari Mystery Machine adalah Chevy van 1968 dengan plat nomor AC 712, nomor tersebut berdasarkan pertunjukkan film kartun Scooby/Scrppy episode "The Phantom of the Roller Disco" yang hanya tampil sekilas.

Lalu pada episode Scooby-Doo! berjudul "Abracadabra-Doo" terkuak bahwa nomor plat mobil Mystery Machine adalah 1995-343.

Mobil Mystery Machine versi serial TV.
Setelah episode "The Phantom of the Roller Disco" bentuk mobilnya berubah, tampak depan seperti bus VW, badan mobil seperti Citroen Camionette, tampak belakang mirip van Chevrolet dengan tempat mesin yang salah.

Ada yang mengatakan Mystery Machine versi kartun mirip Chevrolet Greenbrier yang telah dimodifikasi dengan bagian depan dan belakang memakai van Chevrolet 1965.

Mobil Mystery Machine versi film bioskop.
Sementara untuk versi film serial TV pada serial Scooby Doo pertama yang berjudul "Mystery Begins" mobil Mystery Machine memakai bodi van Chevy G10 1994, untuk film kedua yang berjudul " Scooby Doo Curse of the Lake Monster" bodi Mystery Machine menggunakan bodi Ford Econoline 80-an.

Untuk versi film layar lebar bodi mobil Mystery Machine menggunakan mobil van holden. Sementara untuk versi limonya di desain berdasarkan Ford F-350 Super Duty Stretched Limousine.

Fasilitas

Mystery Machine merupakan kendaraan unik yang disesuaikan dengan gaya hidup para investigator muda pemburu hantu ini. Terdapat dua rak di atapnya untuk membawa barang-barang yang berukuran besar. Kursi belakang portable untuk tiga orang, tempat yang luas tempat penyimpanan peralatan seperti radar milik Velma, komputer Fred, peralatan siaran Daphne, serta tempat makanan dan minuman.

Flower-flower

Desain bunga bergaya funky mambantu tim Mystery Inc. untuk tetap santai dalam menghadapi kasus-kasusnya pada malam hari selama dalam penyelidikan.

Nama Mystery Machine berasal dari slogan "It's mean, it's Green, It's the Mystery Machine" yang diteriakan oleh pemilik asli mobil tersebut yaitu band anak-anak bernama "The Mystery Kid" .

Mystery Machine diberikan oleh ayah Daphne yaitu Nedley Blake seorang pengusaha yang kaya raya agar Daphne beserta teman-temannya bisa bepergian dengan leluasa membawa peralatan dan radio untuk menyelidiki berbagai kasus yang dihadapi mereka.

Hot Wheels Mystery Machine

HW Scooby-Doo! pertama kali dirilis pada 2012 dalam seri "2012 New Models" atau dalam versi Internasional dikenal dengan istilah " HW Premiere 2012".

HW Elite: Mystery Machine 1:50. Lebih detail
dengan figurine Scooby dan Shaggy di dalamnya.
Pada tahun yang sama HW Scooby-Doo! dikemas ulang dalam seri HW Imagination 2012. Mobil Scooby-Doo! muncul juga dalam seri "Hot Wheels Retro Entertainment Series Mystery Machine".

Kabarnya Mattel akan memproduksi mobil Scooby-Doo! bersama kendaraan lainnya yaitu The Flintmobile dan The Dark Knight Rises The Bat dg skala 1:50 dalam lini Hot Wheels Elite.

Seri Elite lebih detail dari versi reguler 1:64. Mobil Scooby-Doo! versi HW Elite disertai figurine Shaggy dan Scooby Doo ukuran kecil di dalamnya. Worth it!

No comments:

Post a Comment