Sunday, August 4, 2013

Mewarnai


Sangat terpukau melihat hasil karya anak-anak dalam mewarnai…Kreativitas mereka mengagumkan, penuh improvisasi yang gak terpikirkan sebelumnya, bahkan untuk orang yang membuat gambar versi hitam putihnya sekali pun!

Beragam nuansa warna dan motif mereka tambahkan, mereka pun menambahkan elemen grafis untuk memperkaya gambar seperti frame, balon suara, tulisan, still life, dan sebagainya.

Semuanya itu membuat gambar yang tadinya hitam putih "datar" menjadi kaya warna dan rupa, gambarnya jadi terlihat lebih hidup!

Lepas dari rapih tidaknya dalam mewarnai yang penting kita bisa melihat kesungguhan mereka dalam proses pewarnaannya.

Versi hitam putih.
Nilai tersebut sangat "jarang" terlihat bahkan pada seorang ilustrator yang bisa dibilang profesional apalagi di era digital, walaupun terlihat edun dan ciamik namun karya mereka banyak yang terlihat hampa. Make-up, make-up di mana-mana…

Sebaliknya sentuhan pribadi yang jujur dan polos lewat goresan krayon atau pensil warna yang tampak hidup bisa dilihat lewat karya anak-anak dalam mewarnai, ada kesan tertentu yang jauh lebih bernilai daripada sekadar rasa kagum atas keahlian gambar atau kecanggihan teknologi dalam karya seni.

Juara I mewarnai karya Ravalina, TK Annisa
Jln. Kopo 65 Bandung.
Mewarnai bagi mereka seperti kombinasi antara ketekunan, kesabaran, kesungguhan, dan kerajinan yang dikerjakan dengan senang hati, lagi-lagi hal yang "jarang" ditemui pada orang dewasa dengan embel-embel "profesional".

Subjektif sih, tapi ya begitulah…Lebih enjoy lihat hasil karya mewarnai anak-anak daripada lihat karya-karya orang dewasa yang sifatnya logis, teknis, dan konstruktif.

Ayo adik-adik, teruslah berkarya!

No comments:

Post a Comment