Wednesday, August 14, 2013

HW Showroom: Datsun 240Z 2013

"Keukeuh" di balik nganterin do'i belanja selalu ada niat terselubung untuk mencari item Hot Wheels favorit…Batmobile! Tiba di gantungan agak kecewa dengan item-item yang ada, gak ada satu pun penampakan Batmobile, padahal dah bawa keranjang gitu…

HW Showroom: '34 Ford

HW Showroom:'34 Ford.
Gak sangka ternyata ketemu seseorang yang sedang mencari item tertentu juga.

Item tersebut adalah HW Showroom: '34 Ford biru rancangan Larry Wood bukan Garry Saffer, pernah menjumpai '34 Ford itu di toko retail.

Awalnya naksir sih karena bentuknya yang unik tapi gak diambil karena bukan target buruan waktu itu.

Setelah di google ternyata item tersebut "spesial" walaupun gak masuk ke dalam katagori "traesure hunt" dan "hanya" item mainline/reguler akan tetapi '34 Ford ini cukup jarang!

Bayangkan dalam kurun waktu dari 1980 sampai 2013 model ini hanya dikeluarkan 4 kali saja! Bahkan klo dilihat dari model desain cuma keluar 3 jenis! Sementara itu model lain ambil contoh saja HW City: Combat Medic dari 1986 sampai 2013 dah muncul lebih dari 20 kali!

Yang cetakan 2006 saja dah muncul belasan kali, contohnya HW City: Volkswagen Beetle Convertible lumayan sering tampil dengan berbagai variant. HW Showroom: '34 Ford ini memang bisa dibilang "awis tepang" mungkin bagi ehmm…Bapak-bapak yang sempat beli HW ini pada tahun 80-an….Setelah sekian lama rindu menunggu akhirnya model ini kembali dirilis dengan tampo dan warna yang menarik.

Sharing Bareng "Dedengkot" Hot Wheels

HW Bugatti Veyron, punya nilai jual tinggi!
Kita sempat kenalan dan ngobrol agak banyak tentang HW, tampaknya dia salah satu "mbah", "suhu", "agan senior" dalam dunia Hot Wheel bahkan mungkin dunia diecast pada umumnya.

Entahlah, tapi memang ketahuan dari apa yang diobrolkannya waktu itu…Jadi minder ehehe…

Enaknya ketemu dengan salah satu suhu adalah dia bisa memberikan pencerahan tentang item apa saja yang layak dibeli dan yang tidak, menurutnya semuanya punya prospek asal tahu serinya.

Dia bahkan menunjukan di gantungan item spesial, diambilnya beberapa item di gantungan sambil menunjukan HW Showroom: Datsun 240Z putih, HW City: BMW M3 hitam, HW Showroom: '09 Cadillac CTS-V, dan HW Showroom: Aston Martin DBS perak!

Dia memperlihatkan jumlah HW tersebut di gantungan yang cuma satu atau dua unit saja dari sekian buanyaaak HW di gantungan, setelah item tersebut dicari di dua tempat display HW ternyata memang gak ada lagi!

HW spesial dah ada di tangannya tapi dia menyerahkannya begitu saja, bahkan beberapa ditaruh kembali di gantungan, alasan dia gak ambil item-item tersebut adalah karena dia dah memiliki item itu semua!

Wah, padahal kalau mikir untung-untungan dia bisa ambil semua itu dan menjualnya dengan "harga kolektor", ini malah menyerahkan HW tsb begitu saja. Bahkan dia menunjukan di salah satu jejaring sosial lewat HP-nya tentang harga item-item tersebut di kalangan kolektor yang sedang melonjak!

Sungguh mencengangkan ada salah satu item yaitu Bugatti Veyron merah hitam yang bisa berharga ratusan ribu sampai Rp 1 juta! Dan dia memilikinya beberapa! Ckckck…Gak sangka sampai begitu bernilainya harga dari sebuah 1 unit Hot Wheels keluaran 2003 tersebut.

Setelah sekian lama ngobrol, diberikan beberapa tips dan saran, serta diundang untuk berkunjung ke tempatnya akhirnya dia pamit diri…Serasa terang benderang sudah mendapatkan begitu banyak masukan dari salah satu senior kolektor HW saat itu.

Jujur saja selain item Batmobile (kendaraan Batman), sebenarnya gak ada niat dan minat dengan item-item HW lain di luar itu, kecuali item-item yang diminati karena ada sesuatu hal yang berkesan atau memang sekadar suka saja….

HW Showroom: Datsun 240Z

Datsun 240Z versi asli.
Setelah diberikan beberapa contoh "item potensial" yang benar-benar bisa menarik perhatian adalah HW Showroom: Datsun 240Z, kesannya sama dengan ketika melihat HW Showroom: '34 Ford waktu itu….heuheu…

Yup, diambil saja HW itu…Suka saja, syukur-syukur di masa yang akan datang bisa bernilai ekonomis hihihi…Setidaknya bisa diturunkan sama anak nanti…Itu pun kalau cowok :P

Setelah dibrowsing ternyata HW Showroom: Datsun 240Z dibuat berdasarkan mobil balap asli! Desainnya hampir sama dan cukup otentik.

Hal ini berdasarkan pengumuman dari Tomas C Bork pemilik dan presiden dari Doc B Racing yang menyatakan bahwa mobil balap Datsun 240Z tahun 1970 hasil restorasi dari mobil asli keluaran pabrik akan dijadikan model diecast 1:64 untuk Mattel lewat lini Hot Wheels Showroom 2013.

Miniatur Datsun 240Z ini hasil kolaborasi antara Doc B Racing, Divisi Hot Wheels Mattel, Nissan, dan sponsor dari Thomas C Bork yaitu Eibach, Koni, Torco Motor Oil, dan Toyo Tires yang akan ditempelkan dalam bentuk decal pada replika mobil balap tersebut. Keren 'kan? Banyak pihak yang terlibat di dalamnya.

Namun sayang mold untuk diecast mobil balap HW Showroom: Datsun 240Z memakai versi lama. Datsun 240Z pertama kali dirilis pada 2006 dalam seri 2006 First Edition, dirancang oleh Phil Riehlman.

Datsun 240Z telah menjadi item treasure hunt biasa dan super treasure hunt pada 2011, sejak 2006 sampai 2013 Datsun 240Z telah tampil 11 kali dalam berbagai versi.

Menurut beberapa sumber ada dua versi yang dirilis versi reguler dan variant keduanya mirip, perbedaannya hanya terdapat pada bagian atapnya saja, versi reguler (normal) terdapat tulisan pada atapnya sedangkan versi variant atapnya polos tanpa tulisan.

HW Showroom: Datsun 240Z, 2013.
Kalau mau otentik dengan versi aslinya pilih yang di atapnya ada tulisan.

Beruntung dapat Datsun 240Z versi 2013 berdasarkan mobil balap asli bukan rekaan…

Jadi ngumpulin Datsun 240Z cukup yang ini saja, gak masalah dapat versi normal atau variant, sama saja...Terima kasih suhu atas petunjukmu! Happy hunting!

1 comment:

  1. Nissan’s sports automobiles always been profitable on the Western market and not just. So is definitely the Nissan Fairlady Z (name used in Japan) starting their first yr of introduction in 1970 right up until our days and nights. The Fairlady Z was sold within the US marketplace as Datsuns until 1984. The initially model in the Z-Cars series was the 240Z. Next Machine presented the 260Z, 280Z, 280ZX, 300ZX and previous one is 350Z. The Datsuns 240Z was unveiled in 1969 and the US industry was introduced 1970 by simply Yutaka Katayama, president of Nissan Power generators USA functions. The “Z” letter from name identifies the shift of the engine: the primary model -- the 240Z used a 2 . 4l engine; 350Z uses a three or more. 5 liters engine

    ReplyDelete