Friday, December 13, 2013

Hot Wheels: Mars Rover Curiosity 2014

Curiosity (rover) adalah robot seukuran mobil yang menjelajahi Kawah Gale di Mars. Curiosity merupakan bagian dari misi NASA.

Diluncurkan dari Cape Canaveral pada 26 November 2011 dan mendarat dengan sukses pada Agustus 2012 di Aeolis Palus, Kawah Gale, Mars.

Tujuan dari diluncurkan Curiosity ke Mars adalah untuk menyelidiki iklim dan geologi planet Mars, mengetahui cuaca pada daerah tertentu apakah mikroba cocok dengan lingkungannya atau tidak, kondisi air, serta mempelajari kondisi planet secara keseluruhan untuk persiapan kunjungan manusia ke Mars suatu saat nanti.

Curiosity mempunyai bobot sekitar 899 kg yang terdiri dari 80 kg perlengkapan penelitian dan rover (kendaraan jelajah) dengan panjang 2,9 meter, lebar 2,7 meter, serta tinggi 2,2 meter.

Berbahan bakar radioisotope thermoelectric generator (RTG) yang berasal dari peluruhan plutonium-238. Curiosity dilengkapi dengan berbagai jenis kamera, alat pendeteksi tekanan, temperatur, kecepatan angin, radiasi ultraviolet, tangan serta lengan robot (mekanik).

ChemCam

Kamera yang dilengkapi sinar laser untuk mendeteksi bebatuan dan tanah. Menjangkau jarak 7 meter.

REMS (Rover Environmental Monitoring Station)

Alat pendeteksi kelembaban, tekanan, temperatur, kecepatan angin, dan radiasi ultraviolet. Di letakan pada tiga bagian, tiang, di atas dek, dan di dalam bodi rover Curiosity.

ARM dan HAND

Mempunyai panjang 2,1 meter, bisa menjangkau sampai 350 derajat, terdiri dari 3 titik artikulasi.

MARDI (Mars Descent Imager)

Ketika sedang menjelajah permukaan Mars, MARDI mengambil gambar berwarna dengan resolusi 1600x1200 piksel dengan kecepatan 1,3 milimeter/detik dengan jangkauan paling jauh 3,7 km dan terdekat 5 meter dari permukaan. Mampu mengambil 4 gambar/detik selama 2 menit.



Hot Wheels NASA Mars Rover Curiosity

Pertama kali dirilis 2012 dalam seri "2012 New Models" dirilis lagi pada HW seri 2014 dalam seri "HW City: Mars Rover Curiosity (Planet Heroes)".

Gak terlalu akurat dengan versi aslinya terutama di bagian roda. Tentu saja karena secara teknis Mattel gak mungkin membuat sasis rover ini seperti aslinya, gak akan kuat untuk dimainkan.

Kecuali jika mereka memang berniat bikin model replika dengan skala lebih besar untuk lini "Elite" misalnya….

Walaupun gak terlalu otentik Mars Rover Curiosity ini cukup detail, detail dalam menggambarkan anatomi yang sebenarnya, bahkan MARDI yang terletak pada tiang/leher rover ini terlihat cukup jelas.

Bagian-bagian tertentu seperti instrumen yang berkaitan dengan listrik dicat emas dan hitam, Mattel menyertakan logo NASA di bagian depan bemper dari rover ini.



Perbedaan Mars Rover edisi 2014 dengan 2012 terdapat pada warna rodanya, pada rover 2012 rodanya hitam solid sedangkan pada edisi 2014 ini warna rodanya terkesan "muddy".


Batang yang terlipat seperti huruf "Z" terbalik di bagian depan HW rover ini mungkin "tangan/arm rover" yang tidak disertakan sebagai fitur terpisah seperti fitur ChemCam berbahan plastik yang bisa diputar. 

Bisa jadi karena faktor "penghematan" dalam proses produksi sehingga tangan Curiosity ini tidak dijadikan fitur yang bisa digerakan seperti ChemCam. Mattel memutuskan untuk membuat tangan Curiosity ini dicetak mati.



Sebenarnya Hot Wheels merilis ulang Mars Rover Curiosity 2012 roda hitam pada 2014 sebagai item variant. Keduanya oke punya, karena item ini bukan diecast bohongan tapi model yang dibuat berdasarkan kendaraan asli dan merupakan bagian dari sejarah.

Hayooo...Siapa yang mau jadi bagian dari sejarah hayooo....Buruan hunting di minimarket terdekat di kota anda...Harga bervariasi mulai dari Rp 22.900 sampai Rp 25.890...Happy hunting!

No comments:

Post a Comment