Wednesday, December 4, 2013

Hero Patrol Precincts: California Highway Patrol, Jada Toys 2012



"Hero Patrol Precincts: Ford Crown Victoria Police Interceptor, California Highway Patrol", skala 1/64, produksi Jada Toys 2012 benar-benar memuaskan! Untuk diecast ukuran 8,7 cm item ini lumayan detail mulai dari tampo, decal stiker, ban karet ulir, pelek, cat, fitur, dan bahannya benar-benar pol!

Item lainnya dari seri "Hero Patrol Precincts" ini adalah sebagai berikut:

2010 Chevy Tahoe 
Honolulu Police Departement
Arizona Departement of Public Safty
Los Angles County Sheriff's Departement
Fire Departement of New York City

2010 Dodge Charger
Memphis Police Departement
New York City Police Departement
Texas Departement Of Public Safety

Ford Crown Victora Police Interceptor
California Highway Patrol
San Fransisco Police Departement Texas Departement Of Public Safety 

2010 Chevy Impala
Miami Police Departement
Washington, DC Metropolitan Police Departement

Setiap item terdapat semacam kartu yang menjelaskan tentang masing-masing departemen dan peta lokasi daerah operasionalnya.



Setiap item mempunyai fitur pintu dan bagasi yang bisa dibuka, bandingkan dengan Hot Wheels edisi khusus semacam "Boulevard" atau sejenisnya yang cuma unggul di ban karet saja, item dari Jada ini selain memang mempunyai ban karet dengan harga jauh di bawah Rp 50 ribu saja fiturnya melebihi harga edisi khusus Hot Wheels yang rata-rata dijual dengan harga Rp 49.900.



Kita bisa lihat bagian interior yang digarap serius, kita bahkan bisa lihat pola jeruji pemisah antara kabin pengemudi dan penumpang yang dicat khusus dengan tampilan perak! Bandingkan dengan interior Matchbox: Toyota Land Cruiser (TLC) FJ40 terutama pada bagian setir, kualitasnya jauh! Padahal konon katanya harga TLC ada yang mencapai satu koma sekian juta...Ckckck...


Saking detailnya kita juga bisa lihat laptop terbuka di bagian kabin yg dicat khusus dengan warna perak. Navigasi dan detail kemudi beserta tuas perseneling bisa dilihat dengan jelas.


Walaupun pelek bannya terbuat dari bahan plastik namun cetakannya benar-benar detail. Ulir pada ban gak kalah oke, terlihat proporsional dan cukup otentik. Fitur bagasi bisa dibuka. Lampu sirine dari resin cukup rapih, sayang tidak diterapkan juga untuk lampu depan dan belakang, efek lampu hanya dibuat oleh bentuk mold dan warna cat.



Gril depan terlihat detail dengan pola dan tampo logo Ford di depannya, makin terlihat sangar dengan tambahan bemper. Jada menyertakan mold spion untuk item dengan skala 1:64 yang jarang diberikan oleh Mattel melalui lini Hot Wheelsnya!


Semua kelebihan tersebut terdapat dalam ukuran diecast sekecil ini! Sebenarnya Jada merilis juga versi skala 1:32 (lebih besar) untuk seri "Hero Patrol Precincts"...Namun item 1:64 sudah cukup memuaskan!

Seperti halnya Marvel Select dalam dunia action figure yang bisa menjembatani antara "mainan" action figure dengan model replika berupa "statue", Jada juga mampu mengisi gap antara "toys" dan "replika" dengan segala kelebihan dan kekurangan di antara dua katagori tersebut. "Overall" seri dari Jada ini memuaskan, terjangkau dan berbobot! Happy hunting!

No comments:

Post a Comment