Monday, December 22, 2014

Kontrak Kyosho dan Ferrari

Kyosho Ferrari. Foto: The Lamley Group.
Berhubung Bburago Maisto telah melakukan kontrak eksklusif dengan Ferarri, ada rumor bahwa Maisto akan membeli cetakan diecast Ferrari dari Kyosho.

Hal tersebut membuat Maisto bisa memasarkan diecast Ferrari tanpa harus cape membuat cetakannya terlebih dahulu.

Itu bisa menandakan bahwa Kyosho akan segera mengakhiri kerjasamanya dg Ferrari, seperti yang telah Hot Wheels lakukan akhir-akhir ini.

Tapi bagaimana mungkin saat Hot Wheels menjalin kerjasama eksklusif dg Ferrari, Kyosho bisa berwenang membuat & memasarkan diecast Ferrari 1:64?

Ferrari Kyosho 1:64. Sumber: Kaskus.
Kyosho melakukan langkah cerdik dengan membuat model Ferrari setengah dirakit. Jadi kalau beli mainan Ferrari dari Kyosho , kita harus merakit bodi, ban, dan interiornya terlebih dulu supaya menjadi mainan utuh.

Dengan demikian mainan Ferrari dari Kyosho tergolong ke dalam "mainan rakitan/model kit" sehingga terhindar dari patokan atau batasan perjanjian pembuatan model "diecast utuh" secara eksklusif antara Mattel dan Ferrari. Celah tersebut yang dimanfaatkan Kyosho untuk membuat diecast semi rakitan skala 1:64.

Dengan kata lain Kyosho tidak membuat "diecast" tapi "mainan rakitan/model kit" jadi tidak melanggar hak eksklusif Hot Wheels bukan? Karena HW cuma diperbolehkan membuat diecast (model mainan dalam bentuk jadi) bukan model kit.

Seandainya mold Ferrari dibeli oleh Bburago Maisto lalu diperbanyak dan dipasarkan dalam bentuk diecast, maka konsumen bakal dimanjakan oleh kualitas model casting oke yang 'gak perlu dirakit lagi.

Untuk apa Bbrurago bikin mold lagi untuk model Ferrari yang sama? Beli saja dari yang sudah ada. Dalam hal ini Hot Wheels terlihat sebagai pembuat diecast sejati hihihi...

Yaaah, itu pun kalau Maisto tidak mengurangi beberapa fitur atas pertimbangan biaya produksi seperti kualitas bahan, model roda, dan detail dekal, ya namanya juga bisnis...Tetaplah bisnis. 

No comments:

Post a Comment