Tuesday, December 2, 2014

Kontrak Ferrari dan Hot Wheels Berakhir


Dah lama santer terdengar kabar bahwa perjanjian kontrak antara Ferrari dan Mattel (Hot Wheels/HW) akan berakhir.

Yaaap! Kabar itu ternyata benar, mulai Januari 2015 Hot Wheels tidak akan memproduksi lagi diecast Ferrari. Padahal kerjasama antara Ferrari dan Hot Wheels telah terjalin sejak tahun 1970 dan telah berakhir pada 1 Desember 2014.

Entah kenapa, mungkin Mattel kini bakal lebih fokus pada seri Star Wars atau memang Ferrari yang mengakhiri kontrak ini? Yang jelas lisensi pembuatan diecast Ferrari kini bakal dipegang secara eksklusif oleh Bburago.

Ini mengesalkan! Kasusnya sama dengan lisensi Bugatti terhadap Hot Wheels yang berakhir bertahun-tahun lalu, akibatnya HW Bugatti menjadi sangat bernilai di pasaran.

Misal HW Bugatti Veyron yang harganya bisa mencapai ratusan ribu per item, padahal item tersebut merupakan HW mainline/reguler. HW Bugatti Veyron pertama kali dirilis pada 2003 dalam seri "2003 First Edition" dan terakhir dirilis pada 2010 dalam seri "Speed Machines".

Ada yang mengatakan bahwa Ferrari hanya memutus kontrak dengan Mattel untuk pembuatan diecast skala (1:18) seri Elites saja, berhubung kontrak baru yang dilakukan antara Ferrari dan Bburago.

Seperti yang diketahui Bburago lebih fokus pada diecast skala 1:84 saja, jadi ada kemungkinan kita masih bisa menemukan Hot Wheels Ferrari dalam seri mainline 1:64.

Awalnya memang begitu, bukan semata-mata berdasarkan faktor perjanjian Bburago saja, sekitar Juli 2014 Mattel memang mengumumkan akan berhenti membuat diecast Ferrari skala 1:18 seri "Hot Wheels Elite".

Hot Wheels Elite adalah lini diecast yang ditujukan untuk kolektor dewasa, itemnya lebih besar daripada seri reguler 1:64. Selain lebih besar detailnya pun lebih rumit, dan tentu saja harganya juga jauh lebih mahal.

Saat itu secara resmi Mattel hanya menyatakan tidak ada item Ferrari mulai 1 Januari 2015 dalam seri Elite. Ternyata hal itu merembet ke lini lain seperti "baseline/reguler/mainline", dan "adult collector" termasuk "Retro Entertainment", "Pop Culture", "Heritage", dan lain-lain.

Lisensi pembuatan diecast Ferrari beralih ke Bburago (Maisto), rencanannya mereka akan membuat diecast Ferrari dalam lini "Signature Series", "Racing", "Race and Play Kids" dan "Ferrari".

Diperkirakan tahun 2015 bakal banyak item Farrari memenuhi pasar entah itu dari pemegang lisensi baru atau yang telah diproduksi Hot Wheels selama bertahun-tahun. Yang jelas harga HW Ferrari mungkin bakal melambung karena kejadian ini.

Apa pun latar belakang di balik berakhirnya lisensi ini patut disayangkan khususnya bagi kolektor HW Ferrari. Semoga hal ini tidak merembet juga ke kontrak pemegang merek lainnya seperti Jeep, VW, dan lain-lain. Farewell, Ferrari :)

No comments:

Post a Comment