Saturday, June 29, 2013

Daftar Diecast 1:64 Toyota Pada Seri Hot Wheels 2013

Pada 2013 sepertinya HW lumayan memberikan item lebih pada Toyota dengan mengeluarkan diecast 1:64 di berbagai lini, bahkan ada tiga jenis Toyota dengan mold baru yaitu Toyota Supra, Celica, dan 2000GT, sisanya mold lama yang di repaint dengan tambahan grafis baru.

Mari kita simak beberapa item tersebut:

Toyota Supra

Belakang: Toyota Celica, depan: Toyota Supra.
Akhir Juni 2013 perburuan Hot Wheels ditutup dengan mendapatkan Toyota Supra versi The Fast and the Furious.

Muncul dalam seri HW City: Toyota Supra, disertai logotype The Fast and the Furious di atas card-nya.

Moldnya baru, belum pernah dikeluarkan sebelumnya. Jadi bagi yg niat koleksi jenis mobil ini mulailah sekarang!

Walau pun banyak yang bilang bahwa Toyota Supra ini dibentuk dari diecast Hot Wheels sebelumnya yaitu Super Tsunami, namun tetap saja terlihat beda! Terutama dg tampilan tampo/grafis yang sesuai dengan versi filmnya.

Sebenarnya Mattel dah mengeluarkan diecast Toyota Supra pada 2006, namun bentuknya kartun banget dengan ban belakang yg jauh lebih besar dr pd ban depan, serta bodinya yang "buntet" agaknya susah untuk dikastem jd Toyota Supra reguler.

'70 Toyota Celica

Diecast mobil jadul ini sayang klo dilewatkan, mold-nya juga baru, muncul di seri HW City: '70 Toyota Celica hijau dan kuning, kedua warna tersebut sangat identik dengan mobil ini pada masanya.

Proporsinya gak dibuat aneh-aneh, lumayan proprosional plus lampu depannya resin! Jarang Hot Wheels memperlakukan diecastnya sampai sedetail itu, kecuali untuk seri-seri tertentu, tapi lampu resin di versi reguler? Sesuatu banget!

Toyota 2000GT
Toyota 2000GT.

Bukan hanya '70 Toyota Celica yang diperlakukan begitu spesial, list diecast Toyota lainnya dari Hot Wheels dengan lampu resin adalah Toyota 2000GT!

Bukan hanya bodinya yg aduhai, do'i juga punya nilai sejarah tersendiri, untuk lebih detailnya bisa di KLIK di sini.

Diecast tersebut jadi item "Super Treasure Hunt" pada 2013 ini loh! Perbedaannya dg versi reguler adalah merahnya agak tua dan ada tampo di bagian atas kap mobilnya.

Nah, selain "New Model" seri Toyota ini banyak muncul pada 2013 di berbagai lini dengan tampo dan hiasan grafis yang berbeda dengan mold sebelumnya. Diecast Toyota tersebut diantaranya adalah:

Toyota Corolla AE-86

Toyota Corolla AE-86 dengan pelek variant. Tersedia versi putih.
Kalau lihat sekilas modelnya mirip mobil Initial D, apalagi dengan tulisan Jepang di sisi bodinya.

Ternyata salah, model mobil itu bukan berdasarkan Initial D, tapi model tersendiri.

Dibikin dua versi, putih dan hitam, begitu juga dengan pelek bannya dalam seri HW Showroom: Toyota Corolla AE-86. Tulisan kanji di badan mobil itu bukan " Fujiwara Tofu Shop" tapi "Hot Wheels", jadi jelas bukan mobilnya Takumi tokoh utama dalam serial "Initial D".

Diecast Toyota AE-86 ini pertama kali keluar pada 2006, setelah itu muncul dalam berbagai variant warna dan desain grafis sampai 2013. Untuk lebih detailnya bisa di KLIK di sini.

'87 Toyota Pick Up Truck

'87 Toyota Pick Up Truck versi hitam.
Muncul pada lini HW Showroom: '87 Toyota Pick Up Truck, Keren! Bodinya proporsional, sebenarnya jenis pelek bannya lebih cocok memakai model CT seperti pada versi diecast '87 Toyota Pick Up Truck keluaran pertama pada 2012, merah!

Muncul dua versi, hitam dan cokelat pucat, jujur saja kalau bisa pilih, pingin mendapatkan yang versi cokelat pucat, nuansanya 80-an banget, benar-benar cocok mewakili eranya.

Namun ternyata versi hitam punya nilai plus juga, konon kabarnya '87 Toyota Pick Up Truck hitam tersebut pernah dipakai dalam film " Back to the Future III" oleh tokoh utamanya yaitu Marty McFly.

Truck hitam di film tersebut memang Toyota 80-an namun belum jelas apakah itu memang sama dengan versi Hot Wheels yg keluar tahun ini? Lagi pula warna truk di film tersebut hitam polos dan double cabin, sedangkan truk Toyota versi HW puya satu kabin.

Ada yang mengatakan bahwa truk Toyota di film "Back to the Future III" tersebut adalah Toyota Tundra. Akan tetapi seri Tundra baru keluar pada 1999. Bahkan kalau diidentikkan dengan seri Toyota Hilux pun Toyota Truck keluaran HW ini kurang akurat.

Entahlah, yang jelas Toyota memang pernah mengeluarkan mobil jenis pick up dengan roda 4x4 ekstra kabin pada 1985 gak tahu seri tersebut dinamakan apa.

'10 Toyota Tundra

'10 Toyota Tundra Super Treasure Hunt 2013.
Diecast ini pertama kali keluar pada 2012 dalam seri New models dalam dua versi hitam dan kuning.

Pada 2013 ini do'i muncul kembali dalam warna neon kuning di seri HW Main Street. Belum ada gambar officialnya, namun kabarnya Tundra ini akan tampil sebagai mobil polisi.

Selain sebagai mobil polisi Tundra muncul sebagai "Super Treasure Hunt"! Dengan warna merah yang mencolok seharusnya diecast ini bisa gampang ditemukan bukan? :P

Okey baru segitu saja diecast 1:64 Toyota muncul dalam seri Hot Wheels. Sebenarnya masih banyak jenisnya yang bisa dibikin. Namun Mattel sepertinya pelit mengeluarkan seri diecast berdasarkan merek mobil Jepang.

Mungkin pangsa pasarnya dah diambil oleh Takara Tomy kali ya...Iya *halah*. Mobil merek Jepang lainnya yang terdapat dalam seri Hot Wheels 2013 ini adalah:
  1. HW City-Rescue: Mitsubshi Eclipse Concept Car.
  2. HW City-Nightburnerz: Honda S2000 (biru dan merah).
  3. HW City-Nightburnerz: Subaru WRX STI (biru dan putih, pelek ban variant).
  4. HW City-Nightburnerz: Nissan Z (2006).
  5. HW Racing: Acura NSX (anak perusahaan automobile dari Honda).
  6. HW Showroom-Asphalt Assault: 2012 Acura NSX Concept (anak perusahaan automobile dari Honda).
  7. HW Showroom-Asphalt Assault, Fast and Furious Series, Walmart Exclusive: Nissan Skyline GT-R R34 (merah, hitam, Zamac/perak, dan abu.
  8. HW Showroom-Asphalt Assault: Datsun 240Z.
  9. HW Showroom-Datsun 240Z.
  10. HW Showroom-Hot Trucks: Nissan Titan.
Yaaa, hayo yang mo ngumpulin diecast 1:64 dari Hot Wheels dengan merek Jepang mulai dari sekarang, karena modelnya masih bisa dibilang baru...Jadi masih bisa dikejarlah...Kecuali untuk item tertentu seperti ehmmm...Dat @ss!! Ooops, maksudku Datsun, ehehehehe, happy hunting!

No comments:

Post a Comment