Friday, March 1, 2013

The Incredible Hulk dan Initial D

Wew, ada-ada saja memang apa hubungannya antara Hulk dan Initial D? Apakah mereka melakukan crossover? Enggak juga sih tapi yuks kita sambung-sambungin saja yuks!

Toyota Corrola AE86 Dalam Manga Initial D

Initial D #1, terbit 6 November 1995. 
Initial D adalah manga karangan Shuichi Shigeno, terbit pada 1995 terdiri dari 45 volume. Ceritanya tentang balapan jalanan ilegal tingkat dunia. Mengambil setting di pegunungan, jalanan kota atau pedesaan yang cocok untuk melakukan gaya drifting. Semua lokasi dalam komik ini adalah fiksi tapi berdasarkan lokasi yang sebenarnya di Jepang.

Initial D telah diadaptasi menjadi anime, video game, dan film live action. Tokoh utama dalam cerita ini adalah Takumi Fujiwara. Takumi mengembangkan kemampuan balapnya dengan memakai mobil Toyota Sprinter Trueno AE86 dan menjadi pembalap tercepat di Kanto.

Pendalaman skill tsb dilakukan selagi dia bekerja sebagai tukang antar tofu menuju Danau Akina setiap pagi selama 5 tahun sejak kelas 1 SMP (7th grade). Walaupun Takumi percaya bahwa ini sekedar kerjaan, namun secara diam-diam dia dilatih ayahnya secara halus untuk menjadi pembalap tangguh.

Jenis mobil yang dikendarai Takumi kebetulan telah dibuat oleh Mattel seri Hot Wheels bertema "muscle car" dalam ragam jenis warna dan tampilan grafis. Pada 2013 Mattel kembali merilis AE86 yang didesain berdasarkan komik tentang balapan populer tsb.

Toyota Corrola AE86 Dalam Seri Hot Wheels

HW FTE 2006. Atas: rilis pertama, Bawah:
rilis kedua, perubahan warna ini dilakukan
dalam jangka waktu setahun.
Hot Wheels Toyota Corrola AE86 juga cocok untuk para penggemar mobil Jepang jaman dulu atau Japanese Nostalgic Car (JNC) dan Japanese Classic Car Show (JCCS), bahkan logo mereka berdua tertera pada kap kiri mobil bernuansa panda yg dikendarai Takumi Fujiwara dalam cerita Initial D.

Mobil ini pertama muncul dalam seri Faster Than Ever (FTE) 2006 dengan warna dasar abu disertai 5 spokes merah. Sebenarnya Abu merupakan warna orisinil dari seri ini, namun ketika proses produksi selanjutnya terlihat "kacau" maka pilihan warnanya menjadi putih.

Lagi pula warna abu memberi kesan mobil tersebut ditutupi oleh tanah atau kotoran (ledug). Jadilah putih sebagai warna reguler dari seri ini dan abu menjadi warna alternatifnya.

Sebenarnya ada variant lain dari mobil AE86 ini selain warna, variant tsb terdapat pada stiker 5 spokes versi reguler dan 3 spokes sebagai variantnya.

Sejak saat itu AE86 dirilis lagi di lini Hot Turnerz 5-pack pada 2010, lalu pada 2012 dirilis di lini Car of the Decades Series (80's).
Atas: HW Hot Turnerz 5-Pack 2010, bawah:
HW Decades Series 2012.

AE86 dijuluki hachiroku dalam bahasa Jepang berarti delapan dan merupakan kode sasis. Dijual di Amerika sebagai Corolla GT-S. Mobil ini sering dijadikan pilihan untuk melakukan lomba drifting dan touge di pegunungan Jepang.

Dalam anime dan manga mobil ini dijadikan kendaraan untuk tokoh utamanya yaitu Takumi Fujiwara. Sekilas kecelakaan dalam hal warna pada lini FTE ini mirip kasus Hulk ya?

Awalnya Hulk juga abu tapi karena kesalahan cetak warnanya jd agak kehijau-hijauan, dan hal itu malah membuat Hulk jadi keren, sampai sekarang hijau jadi warna ikonis Hulk! Padahal Hulk sudah ganti warna beberapa kali dari abu, hijau, biru, dan hitam. Jadi nyambung 'kan? Ehehehe...

Salah Sangka

Banyak yang mengira (termasuk penulis ehehehe) bahwa AE86 yang dikeluarkan oleh Hot Wheels ini berdasarkan Initial D, sebenarnya bukan! Cuma modelnya mirip saja, tulisan kanji di samping bodi mobil bukan “Fujiwara Tofu Shop" tapi "Hot Wheels".

AE86 ini bila dibandingkan dengan versi manga dan film live actionnya sekilas memang mirip, namun jika diperhatikan benar-benar terdapat perbedaan dalam hal penempatan komposisi bidang warnanya, bahkan untuk versi diapositif-nya sekali pun (putih).

Lagi pula jika Hot Wheels mengeluarkan item diecast dari film atau event tertentu pasti disertakan dalam blisternya berupa logotype dan logogram dari film yang bersangkutan, bahkan sampai desain blister/kemasannya pun bisa tampil beda dari versi reguler.

Gak masalah walau pun pada kenyataannya AE86 ini bukan berdasarkan Initial D, namun sedikit banyak bisa nyambunglah...Karena konon katanya mobil jenis ini memang asyik untuk drifting...Happy Hunting!

Atas: HW City, tengah: konon katanya ada versi variantnya (diapositif), bawah: versi live action.


No comments:

Post a Comment