Saturday, June 8, 2013

Matchbox-MBX Adventure City: 1957 Chevrolet Bel Air Convertible

MBX: Bel Air Convertible.
Sudah bulak balik dekok cari tahu di film apa mobil ini muncul...Gak ada satu pun yang klop! Akhirnya muncul juga do'ih di film "Deuces Wild" (2002).

Jujur saja gak familiar dengan film tersebut, tadinya mobil ini mau di hubungkan dengan film terkenal "Back to the Future" (1985) karena dalam salah satu scenenya terdapat penampakan yang mirip dengan mobil Chevrolet ini.

Mobil yang muncul di film "Back To The Future" dalam scene tersebut memang jenis Chevrolet Bel Air warnanya biru muda cocok dengan diecast 1:64 yang dibeli keluaran Matchbox!

Bel Air dalam film "Back to the Future".
Tapi ternyata Chevrolet Bel Air biru muda yang muncul di film "Back to the Future" adalah dari generasi pertama (1950-1954), sedangkan Chevrolet Bel Air Convertible dari Matchbox dari generasi kedua, warnanya sih sama biru muda, akan tetapi model desainnya jelas beda.

Chevrolet dari Matchbox sama dengan Chevrolet Bel Air Convertible 1957 yang lebih dikenal dengan "Hot One".

Pertama kali muncul pada 1956, setelah gugel sana-sini akhirnya jenis mobil ini pernah muncul di film "Deuches Wild".

Bel Air dalam film "Deuces Wild".
Menurut mbah wiki film ini termasuk genre film aksi kriminal, mengambil setting tahun 1958, jadi memang otentik film. Bukan termasuk film box office, tapi yaaah memang gak ada satu pun yang bisa mendongrak diecast 1:64 dari Matchbox ini lebih bernilai termasuk unsur hengki pengki dari film Hollywood yang sering dijadikan acuan.


Licensed To Drive

Bel Air dalam film "Dr. No".
Hohoho…Ternyata pada film James Bond pertama yang berjudul Dr. No (1962), do'ih pernah naik mobil ini, walaupun bukan do'ih sendiri yang nyetir tapi tetap saja "sesuatu banget".

Meskipun demikian masih kurang otentik mengingat Chevrolet Bel Air Convertible 1957 yang do'ih kendarai warnanya beda dengan keluaran Matchbox, di film James Bond warna mobilnya hitam. Selain faktor warna, desain mobilnya benar-benar mirip dan otentik.

Sebenarnya kendaraan James Bond yang benar-benar do'ih kemudikan sendiri dalam film Dr. No adalah Sunbeam Alpine Series II biru muda 1961…

Yup andai saja warna biru muda itu merupakan warna dari Bel Air dalam film tersebut maka nilai dari Bel Air produksi Matchbox ini bakal terdongkrak! Sial nyaris otentik…

Figuran bukan Action Figure

Oke gak nyerah sampai situ! Pas digugel lagi secercah harapan muncul, ternyata penampilan Bel Air biru muda di film Hollywood lumayan seabreg, namun kebanyakan sebagai figuran, bahkan jika dipakai oleh tokoh utama penampilannya hanya sekilas saja, berikut beberapa film layar lebar dan serial  tv yang pernah ditongkrongi sama Bel Air:
Atas: Bel Air dalam MacGyver, bawah: Bel Air dalam
Quantum Leap.
  1. Gangster, 1970, sebagai peran kecil dalam scene pendek.
  2. I Spy TV Series, 1965-1968, episode 3.02, berperan sebagai kendaraan tokoh utama dalam aksi kejar-kejaran.
  3. MacGyver TV Series, 1985-1992, episode 1.22, digunakan sebagai kendaraan tokoh utama dalam aksi kejar-kejaran.
  4. Gone in Sixty Seconds, 2000, sebagai background target operasi.
  5. Quantum Leap TV Series, 1989-1993, episode 3.03, sebagai background figuran.
  6. Sladge Hammer! TV Series, 1986-1988, episode 1.06, sebagai kendaraan tokoh utama atau dalam adegan kejar-kejaran.
  7. The Real Adventures of Jonny Quest, Animation Series, 1996-1997, episode 1.09, digunakan sebagai kendaraan dalam adegan kejar-kejaran oleh tokoh utama.
Sejauh ini cuma itu saja yang bisa didapatkan tentang mobil Bel Air ini, overall gak terlalu istimewa kecuali warna Bel Air yang ada adalah hitam!

Kalau hitam 'kan bisa dianggap kendaraan pertama James Bond di filmnya yang berjudul Dr. No hehehehe…Semoga kedepan produsen diecast 1:64 bisa mengeluarkan versi hitamnya ya….Happy Hunting!

No comments:

Post a Comment